30 Days Book Challenge


"Luangkan waktu untuk membaca bukan membaca saat waktu luang.(NN)"



"Ga ada waktu untuk membaca."

"Dari pagi sampai sore tuh udah kerja di ranah publik, balik ke rumah sudah dengan keluarga. Kapan lah waktunya saya untuk membaca."

"Kalau membaca tuh ya, saya suka tau-tau ngantuk. Bawaannya pengen tidur aja."

"Ya Allah, itu buku tebel amat, kapan bacanya ya."

"Di rumah banyak sekali buku yang masih di plastikin, belum sempet terjamah."
"Ternyata kecepatan saya membeli buku tidak berbanding lurus dengan saya membaca."


+++++++++

Mungkin dari pernyataan di atas, kita pernah merasakannya atau bahkan mengucapkannya. Entah itu masih hngga sekarang atau sudah mulai taubat. Tapi memang, kalau merenungi lagi quote di atas, quote itu tuh yang paling nampol buat saya pribadi.  Entah siapa yang menggaungkan pertama kali, yang jelas, ini selalu jadi pecut buat saya untuk memperbaiki diri dalam hal membaca. Membaca apapun, termasuk memperbaiki semangat membaca Al Quran sebagai urutan pertama.

Membaca itu merupakan skill, artinya skill itu bisa diasah, bisa ditajamkan dan bisa diperbaiki. Tinggal kemauan yang kuat pada diri kita untuk merubah skill itu. Susah? Ya iya lah susah kalau baru dipikir aja sudah susah. Karena apa yang dipikirikan kita susah, maka otot-otot di tubuh kita akan mengiyakan apa yang ada di pikiran kita, bahwa membaca itu susah. Dan saya pun semakin teringat bahwa Allah sesuai dengan apa yang diprasangkakan hambaNya. jadi kalau kita mau merubah kebiasaan, maka perbaiki dulu prasangka kita kepada diri sendiri.

Memang sih, ada waktu-waktu tertentu yang kadang membuat kita tuh susah banget untuk mulai membaca. Selalu saja ada godaannya. Nah, saya pernah menggunakan cara ini untuk menghalau godaan saat mau membaca. Berusaha menemukan waktu yang tepat saat membaca. Ini dia 7 waktu yang tepat untuk membaca

Tak sampai di situ, lanjutkan dengan sedikit-demi sedikit mulai merubah yang ingin kita rubah dengan konsisten. Saya teringat bagaimana cara menjadikan diri kita tetap konsisten itu di : cara melatih diri untuk konsisten . Karena selalu ada langkah pertama untuk memulai maka mulailah sejak sekarang dan dari diri sendiri. 

Berkaca dari itu, saya kemudian mulai mencari hiu-hu kecil untuk membuat saya selalu bergerak. Salah satunya adalah menchallenge diri sendiri untuk menulis setiap hari selama 30 hari ke depan. Menulis sesuai dengan yang saya suka mungkin akan jauh lebih mudah kali ya. Maka saya memulainya dengan hari ini. Challenge menulis sesuatu yang berbau-bau buku atau membaca saya berusaha ikuti dari daftar challenge berikut ini :

img-1541035546.jpg

Ada yang mau barengan dengan saya belajar konsisten? yuuk, dimulai dari sekarang.

Selamat menikmati


  • Kamis, 01 November 2018

Artikel Terkait

Sistem Operasional Terpadu Online
Sistem Operasional Terpadu Online
Semua Anak Adalah Bintang
Semua Anak Adalah Bintang
ADA Fashion Store di Depok
ADA Fashion Store di Depok
Sayap Hitam
Sayap Hitam
Cara terbaik agar bisnis menjadi berkah
Cara terbaik agar bisnis menjadi berkah
Mari berkomunitas
Mari berkomunitas
Efek Talents Mapping bagi Suami Istri
Efek Talents Mapping bagi Suami Istri
Oleh-oleh kekinian kota Malang
Oleh-oleh kekinian kota Malang

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar