Home / Artikel 7 manfaat mengetahui gaya belajar anak

7 manfaat mengetahui gaya belajar anak

7 manfaat mengetahui gaya belajar anak

Tips Ketjeh Ala Emak

Jum'at, 22 September 2017

Assalamualaikum, mak ....

Pernah ga sih mengalami hal seperti di bawah ini?


"Ya Allah, ini kakak, didongengin malah lari-larian. Sini kak, duduk dulu sebentar."

"Abang, lihat sini, gambar-gambar di bukunya bagus loh, Bang?" pinta bunda pada abang saat menceritakan kisah nabi, abangnya malah slonjoran sambil coret-coret kertas.

" Kakak, sudah dulu ya, bunda sudah capek nih bacanya. Boleh ga bunda istirahat dulu." pinta bunda saat selesai membacakan buku ke tiga dalam waktu satu jam ini.

***


Mengamati gaya belajar anak itu seru-seru sedap ya.... Karena setiap hari setiap saat kita sering beraktifitas bersama anak- anak, tentu akan jauh lebih mudah mengamati gaya belajar anak. Bila Anda adalah ibu bekerja, bisa juga kok meminta gambaran orang-orang yang sering berhubungan dengan anak-anak terkait bagaimana caranya mereka menangkap informasi dan sebagainya. Sebenarnya, untuk apa sih perlunya mengamati gaya belajar anak? Emang perlu-perlu banget gitu ya? Kalau mau mengajarkan dan mendidik anak, ya sudah, langsung saja berikan hal itu pada anak-anak.


Wah, kalau saya nih, mak, perlu banget. Tapi, sebelumnya, perlu deh kita tahu dulu sedikit tentang macam-macam gaya belajar. Dari ulasan di tautan ini juga boleh disimak kok :

http://azkail.com/yuk-kenali-gaya-belajar-anak-anda-detail-51878.html

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh setelah kita mengetahui gaya atau cara anak belajar. Belajar jangan diartikan sempit ya, mak. Belajar itu ga cuma di atas meja belajar atau bangku sekolah saja. Tapi saat anak-anak bersama kita di dapur membuat makanan kesukaan, saling bercerita di atas tempat tidur atau ketika bermain peran, adalah belajar yang sesungguhnya bagi anak-anak. Maka, dengan memperbanyak kegiatan bersama, kita akan semakin terasah dan memiliki mata telinga dan hati yang lebih peka untuk melihat dan mengamati bagaimana mereka belajar.


Jadi, apa manfaat yang bisa didapat saat kita sudah mengetahui gaya belajar anak? Yuk, simak 7 manfaat mengetahui gaya belajar anak ala emak.


1. Memudahkan orang tua untuk memberikan stimulus mengikuti gaya belajarnya.

Tahukah mak, bila kita mengenalkan banyak hal pada anak dengan mengikuti gaya belajarnya, maka informasi yang diserap akan jauh lebih banyak pula. Contoh, Bila si kakak memiliki gaya belajar yang visual, maka menggunakan aneka gambar, tentu jauh lebih menarik untuk kakak dari pada menggunakan 'ceramah' saja.


2. Membuat kita, orang tuanya, untuk terus berinovasi mengenai cara memberikan stimulus pada anak.

Biasanya, saat sudah menemukan gaya belajar anak, kita (baca:saya), suka kehabisan ide. Maka jangan pernah berhenti belajar, membaca dan cari tahu dari komunitas parenting terkait cara asyik memberikan stimulus pada anak.


3. Tak hanya orang tua yang lebih mudah dalam menstimulus, bagi anak, rasa percaya diri dalam melakukan banyak kegiatan pun dapat meningkat pada anak karena ia sudah mengetahui bagaimana caranya menyerap informasi yang biasa diberikan oleh orang tuanya.


4. Anak pun akan menemukan ragam caranya sendiri bagaimana ia belajar. Mungkin tak hanya melalui penunjukan gambar, tapi merangkum materi menjadi sebuah komik pun bisa dibuatnya dengan mudah.


5. Anak akan mendapatkan hasil yang optimal, sesuai dengan cara dan gayanya belajar.


6. Anak dan orang tua akan belajar saling mengerti satu sama lain akan perbedaan gaya belajar, sehingga memberikan  rasa nyaman pada setiap anak dalam mengembangkan apa yang ingin ia ketahui.


7. Efektifitas waktu pembelajaran

Bila Anda sudah menemukan gaya belajarnya, tentu ini akan memangkas beberapa menit untuk mencari tahu, mencoba-coba cara ini itu untuk memberikan stimulus yang tepat pada anak.


Coba deh amati gaya belajar anak Anda. Nikmat bener mengetahui perkembangan tahap demi setahap. Ini adalah gaya belajar cah lanang saya.


img-1506068537.jpg


Nah, jadi, tunggu apa lagi? Sudah kah Anda mengamati gaya belajar anak Anda?

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial