Home / Artikel 7 Pilihan aktivitas untuk Anak Saat di Perjalanan

7 Pilihan aktivitas untuk Anak Saat di Perjalanan

7 Pilihan aktivitas untuk Anak Saat di Perjalanan

Parenting

Selasa, 20 Juni 2017

        Mudik?

        Ya....ya...ya...

Tradisi mudik saat hari raya sepertinya sudah menjadi kewajiban bagi banyak orang untuk kembali berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman. Satu minggu menjelang hari raya, tiket kendaaran umum sudah nyaris ludes terbeli. Jalanan sudah mulai padat oleh para pemudik menuju daerahnya masing-masing. Ada rasa yang indah tak tergambar saat kita bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar bukan? Keluarga atau teman dan tetangga masa kecil bisa saling bercengkrama kembali setelah sekian lama tak bersua, tentu menjadi magnet kuat bagi kita untuk selalu kembali ke kampung halaman. Sejauh apapun jarak yang akan ditempuh, tak menjadi halangan untuk bisa bersilaturahmi bersama keluarga tercinta.

Buat emak-emak yang punya batita balita melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan, tentu laur biasa persiapannya bukaan? Mulai dari aneka baju yang nyaman digunakan selama perjalanan, maanan kecil, tissue basah, diapers, toiletries lengkap sampai obat-obatan untuk si kecil, tentu sudah menjadi barang wajib bepergian bersama mereka. Seru ya....

Lebih seru lagi bila emak melakukan perjalanan jauh dan melakukan perjalanan saat arus mudik yang sangat padat. Kemacetan bisa saja terjadi di mana-mana. Saat seperti itu, biasanya, anak akan mulai mencari perhatian, rewel, ini itu salah, dikasih ini mintanya itu. Persediaan snack sudah mulai habis dan si kecil sudah mulai bosan dengan mainan yang dibawa. Kalau sudah begini, apa yang biasanya emak lakukan?

Sebenarnya, saat bepergian itu adalah saat yang paling baik bagi kita untuk bercengkrama dengan anggota keluarga. Jauhkan gadget selama perjalanan, perbanyak ngobrol dengan anak-anak. Lalu apa yang bisa emak lakukan saat sudah mulai kehilangan ide saat kemacetan dan kebosanan melanda? 


Berikut 7 pilihan kegiatan yang bisa dilakukan emak saat dalam perjalanan bersama si kecil yang tidak perlu menggunakan banyak alat. Cukup manfaatkan dari apa yang emak lihat sepanjang jalan, selamat mencoba :


1. Bermain sambung kata pada satu lagu

Awali kegiatan saat anak-anak mulai bosan, dengan nyanyian atau lagu yang menyenangkan. Mulai dari emak dan ayah ya, nyanyikan lagu yang dikenal dan dihafal anak-anak. Nyanyikan satu penggal lagu, lalu ayah melanjutkan, minta si kakak melanjutkan begitu juga si adik.


2. Lomba mencari warna

Minta anak-anak menentukan satu warna pilihan mereka. Lalu minta mereka mencari orang, bangunan atau benda lain dekat kendaraan emak yang menggunakan warna yang dipilih oleh anak. Beri hitungan waktu agar semakin seru permainannya. Permainan ini secara tidak langsng akan memperbanyak anak akan kosa kata baru loh.


3. Tebak di mana aku

Ini permainan favorit keluarga kami saat berada di tengah kemacetan. Salah satu dari anggota keluarga diminta menyebutkan ciri-ciri dan letak benda, orang atau sesuatu yang harus ditemukan anggota keluarga lain. Contoh, aku adalah sebuah bena yang terbuat dari kayu, berwarna hijau ada didekat tong coklat di kanan baju hitam dan seterusnya. Anggota keluarga lain diminta menunjukkan benda apa yang dimaksud tadi. Permainan ini cocok dimainkan saat betul-betul macet.


4. Main tanpa kata

Mintalah satu  persatu anggota keluarga untuk bercerita tentang A. Sepakati temanya ceritanya. Semua anggota keluarga menyepakati satu kata yang tidak boleh digunakan saat bercerita. Permainan akan menjadi seru bila kata yang tidak dibolehkan untuk digunakan adalah kata tunjuk, kata pengganti orang dan kata sambung misalnya.


5.  Siapakah aku?

Permainan ini bertujuan mengenalkan anak-anak terhadap keluarga besar. Emak bisa menyebutkan ciri-ciri, tempat tinggal, apa kegemarannya dan sebagainya, yang merujuk pada satu nama sepupu anak-anak atau paman/bibi mereka. Tentu yang sudah pernah mereka temui atau yang mereka ketahui ya. Boleh juga saudara yang belum mereka ketahui, dan saat permainan inilah emak bisa menyisipkan siapa yang ingin dikenalkan pada anak-anak.


6. Aku hebat

Permainan ini bertujuan agar anak-anak mampu melihat kelebihan dan kehebatan anggota keluarga lainnya. Caranya mudah banget, mak. Minta anak-anak menyebutkan minimal 5 kelebihan si kakak, misalnya dan contohnya masing-masing. 


7. Polisi, numpang tanya

Ini permainan masa kecil emak. Diselingi dengan irama tepuk tangan, emak bisa sambil main tebak lanjut kata. "polisi, polisi, prok 3x, numpang tanya, prok 3x, sebentar , prok 3x, apa nama buah dari awalan A." Daan semua angoota keluarga bergiliran menjawab diselingi tepukan 3x.


Tentu masih banyak lagi kegiatan seru dan asyik yang bisa dilakukan saat mengajak anak-anak dalam perjalanan bukan? Nah, di buku aktivitas ini lah yang sering kami gunakan untuk melakukan kegiatan bersama anak-anak. Buku ini sering kami bawa selama perjalanan. 

Kalau emak, permainan apa yang biasa dilakukan saat perjalanan jauh bersama anak-anak untuk menghilangkan jenuh?

Share dong...


img-1497946271.jpg
 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial