Home / Artikel 7 Situs Edukasi untuk Anak usia 3-12 Tahun

7 Situs Edukasi untuk Anak usia 3-12 Tahun

7 Situs Edukasi untuk Anak usia 3-12 Tahun

Parenting

Minggu, 25 November 2018


"Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya." Ali bin Abi Thalib


Mak, adakah yang berbeda tentang cara mencari ilmu zaman emak dulu SD dengan anak SD sekarang? Mungkin tak hanya anaknya, sekolah pun menggunakan cara yang jauh berbeda pendekatan pembelajarannya. Contoh nih,  saat diminta mengerjakan tugas, guru akan meminta anak-anak mencari jawabannya di situs tertentu dan mengumpulkannya menggunakan link tertentu. Kalau sebagai orang tua kita tak mau belajar, kita akan tergerus akan kecanggihan teknologi. Sebagai orang tua tentu harus pandai-pandai mengenalkan baik buruknya media teknologi pada anak.  Termasuk ragam situs edukasi yang tersebar di dunia maya. Pendampingan tetaplah diperlukan selama anak bersentuhan dengan gadget. 7 situs edukasi untuk anak 0-12 tahun ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif pilihan belajar.


7 situs edukasi untuk anak ini seru-seru loh. Ada pembelajaran interaktif, video game, power point atau soal-soal sesuai usia anak yang bisa di print .  Tak hanya bisa sebagai bahan ajar orang tua di rumah, para guru pun bisa mempergunakan situs ini sebagai bagian keseruan dalam kelas. Yuk diintip apa saja.


1. Coloring 4 All
Situs ini banyak memberikan gambar dan pola yang lucu dan anak-anak bangetBisa di print lagi. Anak-anak pasti senang, emak tenaaang guru riang karena ada ide baru tentang tema worksheet. Mau pilihnya puzzle, dot to dot, mewarnai, duh banyak banget pilihannya. Temanya pun bikin pening karena saking banyaknya. Mulai dari princess, nemo, winni the pooh dan aneka binatang lucu bisa kita pilih di situs edukasi ini.  Yuk kita intip isinya seperti apa.


img-1543146251.jpg

Tampilan homepagenya, menarik ya.

Nah, kalau ini, yang paling asyik buat anak-anak kayaknya ya. Karena anak bisa mewarnai sendiri gambar pilihannya. Kalau sudah selesai mewarnai online nya, bisa langsung plih tema lain loh. Mau langsung diprint juga bisa. Di bawah ini contoh mewarnai gambar kupu-kupu dengan contoh warna yang sudah ada.

img-1543146601.jpg



2. Learning Games for Kids

Situs ini menyediakan ragam pembelajaran mulai dari usia 3 tahun sampai SD kelas 5. Banyak sekali pilihannya. Menurut saya situs ini cukup lengkap menyediakan ragam pilihan belajar. Mulai dari mewarnai, math, science, art, vocab sampai belajar geografi, loh. Semua dalam bentuk games dan lembar kerja. Coba lihat aja pilihannya seperti tampilan di bawah ini.

img-1543148082.jpg


Jangan khawatir, banyak pilihan worksheet yang printable. Ada model Teka Teki Silang juga loh, anak-anak mungkin suka. Belajar dan ngerjain tugas dengan cara yang berbeda. 


img-1543148621.jpg

https://www.learninggamesforkids.com/printables/math/1st-Grade-Math-Graphing-Crossword.pdf



3. Make Me Genius

Kalau ini situs yang banyak menyajikan sains sederhana. Baik berupa video game, atau ragam percobaan yang bisa langsung dipilih oleh anak.  Buat anak yang punya ke-kepoan tingkat tinggi akan segala sesuatu, yang suka tanya mengapa begini mengapa begitu, situs ini sepertinya cocok.  Ada penjelasan khusus tentang fakta sains yang unik loh. Misal bahwa warna original dari wortel itu adalah ungu, telah ditemukan pohon tertua di dunia yang berusia 9.950 tahun.  Atau ada juga joke-candaan tentang sains. Misalnya apa namanya kalau anjing lompat ke api? Ada yang tahu jawabannya? hot dog.  Memang sih, semua penjelasannya menggunakan bahasa Inggris. Tapi bukankan ini jadi bagus, mak? Tak hanya anak yang belajar, tapi emaknye juga belajar. Hehehe. Sayangnya, situs ini tidak menyediakan worksheet yang bisa di print out. Hanya permainan dan penjelasan interaktif yang bisa kita gunakan bersama anak.


img-1543149418.jpg

Ini salah satu tampilan pilihan power point belajarnya anak-anak




4. Kids National Geographic

Buat anak-anak pecinta binatang, geografi dan sains, situs ini surganya. Tak hanya tampilannya saja yang menarik, tapi konten yang disajikan pun sangat ramah anak. Bahasanya pun mudah dimengerti. Cara belajar yang menyenangkan untuk mendapatkan pengetahuan baru seputar dunia yang kita tempati. Tak hanya artikel yang mengupas tuntas ragam binatang tapi penyajian dalam bentuk games pun bisa menjadi pilihan bagi anak-anak. Saya aja menikmati banget masuk dan berselancar di situs ini, apa lagi anak-anak. Bisa menjadi tambahan referensi pembelajaran bagi guru.

img-1543150418.jpg

Oia, ada juga loh peta dunia yang disajikan dalam bentuk menarik, yang bila diklik akan muncul keterangan negara itu. Sayangnya, informasi tentang negara Indonesia belum ada dalam peta yang disajikan. Ini dia tampilannya :
 
img-1543150446.jpg



Kalau ingat sesame street, saya ingat burung kuning berleher panjang. Tokoh kartun terkenal di Amerika Serikat ini berhasil tayang dalam sekitar 4 ribuan episode. Program televisi untu anak-anak yang paling ditunggu-tunggu. Menurut wikipedia, program televisi ini tayang perdana pada tanggal 10 November 1969. Karena pengaruh positifnya terhadap perkembangan pembelajaran anak-anak, program ini pun sampai ditayangkan di 120 negara. Tak hanya itu, program yang telah mendapatkan 109 grammy award ini merupakan tayangan yang sudah ditonton hingga 75 juta lebih pemirsa, termasuk saya.  Kalau di Indonesia sendiri, sesame street  masuk di TVRI pada tahun 1974 lalu dipindahkan ke RCTI dan SCTV pada tahun 1990-an dan terakhir ada di channel Indosiar sekitar tahun 2000-an. Karena terkenalnya dengan program pendidikan, dan makin bergesernya cara dan proses pembelajaran, sesame street pun mulai merambah dunia maya. Lebih interaktif juga kok kalau kita berkunjung ke situsnya. Ada pilihan video, game atau art.

img-1543152218.jpg
Ini tampilan homepage nya, seru kaan?
Worksheet yang printable pun bisa ditemukan di sini. Banyak pilihan, dijamin menggiurkan, serasa ingin diprin semua. Kalau Anda masuk ke pilihan art, bayangkan keseruan anak-anak yang belajar mengkoordinasikan tangan dengan mouse saat mewarnai atau membuat pola seperti di bawah ini: 

img-1543152412.jpg


Nah, kalau ini cocok banget untuk anak usia PAUD sampai SD kelas 1.  Tak hanya belajar mengenal huruf, warna, mencocokkan tapi juga konsep matematika dasar dengan cara yang menyenangkan. Tentu saja saat mereka bermain, Anda harus mendampingi agar mereka tahu apa yang dimaksudkan.  Coba saja lihat homepagesnya, apa ga  menggiurkan untuk dikenalkan pada anak?

img-1543153727.jpg

Lain halnya saat Anda mencoba memilih kotak-kotak pilihan permainan di bagian bawah kiri, saya mecoba yang icon daun. Ternyata ini semacam permainan peta harta karun dengan petunjuk-petunjuk yang harus diikuti. Tentu saja ini untuk anak yang sudah bisa membaca bahasa Inggris atau dibantu oleh Anda, orang tuanya. Ini dia tampilannya. Seru deh.

img-1543153859.jpg
Petunjuk pertama yang harus dilakukan.

img-1543153935.jpg
Muncullah petunjuk berikutnya. Bila Anda mengikuti arahan itu,
ada kejutan gambar bergerak yang kemudian mengarahkan ke petunjuk berikutnya

Tak hanya belajar astronomi, geografi,  spelling, grammar melalui video atau permainan interaktif, tapi juga ada worksheetnya loh.  Tema dinasourus, geografi hingga tema liburan bisa dijumpai di situs ini. Buat Anda yang membutuhkan worksheet, banyak pilihannya dan semua dalam bentuk pdf, jadi bisa didownload dan langsung di print.  Lihat saja tampilan homepage nya, seru kaan?

img-1543157056.jpg

Ada pilihan aktifitas di situs ini yang bikin saya berlama-lama mencoba dan mendengarkan, yaitu musik. Bagaimana menjelaskan tentang biologi, energi, astronomi dan sebagainya melalui lagu. Menarik. Anak yang memiliki ketertarikan belajar melalui musik akan mudah sekali mencerna pembelajarannya. Ini salah satu contoh mengajarkan biologi menggunakan lagu. 

img-1543157100.jpg


Bagaimana mak, seru ya belajar bareng anak-anak dengan memanfaatkan situs edukasi seperti di atas. Kita tinggal menyesuaikan kebutuhan pembelajaran anak saja sesuai apa yang sedang dibutuhkan saat itu, atau sesuaikan dengan kurikulum belajar anak. Jadi dunia maya betul bisa dimanfaatkan menjadi teman belajar yang baik, selama kita bisa menggunakannya dengan bijak bersama anak. 

Jangan lupa untuk tetap bersepakat tentang penggunaan gadget ya bersama anak-anak. ini dia cara mengelola gadget bersama anak

Selamat mencoba.
Oia, kalau ada situs edukasi lain, boleh banget loh berbagi di kolom komen ya. 

Komentar

  • Gina Hendro

    Senin, 26 November 2018

    Wah sudah lama saya gak menggunakan situs2 pembelajaran ini.. Rasanya seperti menemukan dunia seru yang pernah hilang. Makasih yaa mb Ika Prat. Ditunggu situs2 pembelajaran buat yang udah baligh ..

    • Admin

      Senin, 26 November 2018

      ini situs yang ngangenin, mak. Terutama kalau mentok ide untuk urusan worksheet anak. Hahaha...

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial