7 Situs Edukasi untuk Usia Baligh



"Didiklah anakmu sesuai zamannya." Ali bin Abi Thalib

Pernah kah terheran-heran dengan kalimat anak saat sedang ngobrol Anda menemukan diksi yang 'dewasa'? 

Atau pernah mengalami diskusi kecil dengan si baligh ternyata banyak pengetahuan baru yang Anda pun baru tahu darinya?

Dari mana anak mendapatkan pengetahuan itu?

Situs seperti apa yang dilihat anak? Situs edukasi? Sesuai dengan usianya kah?

Anda merasa tidak pernah mendiskusikan atau menginformasikan sebelumnya tapi anak Anda sudah tahu lebih dulu. 

---

Kita semua tahu bahwa anak generasi milenial itu sangat dekat dengan teknologi. Lihat saja di jalan, di pusat perbelanjaan, menunggu antrian atau di area lainnya, anak-anak sudah mengenal dan memegang gadget. Ini antara seneng dan senep tuh beda tipis. Seneng karena bertambah pengetahuan baru, senep karena ada rasa khawatir terkait situs yang dibuka. Tak hanya itu, teknologi tak melihat usia anak. Walau sebatas media, setiap anak mampu mengaksesnya bila orang tua tak mengenalkan cara mengontrol penggunaannya. Mereka mudah beradaptasi dan bisa melakukan multitasking dalam satu waktu. Jangan heran saat anak sedang menonton televisi, tangannya dengan lincah menscroll informasi di gadgetnya tetapi telinganya mampu mendengar apa yang Anda minta. Tsunami informasi dalam genggaman bisa melenakan atau bahkan membahayakan bila kita tidak mengedukasi sejak dini. Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai orang tua? Selain mengenalkan cara mengelola gadget  perlu juga kita memberikan kail berupa situs edukasi untuk usia baligh. Situs yang mengedukasi dan menarik bagi anak kira-kira di usia 9 tahun ke atas. Saya lebih menyukai kata-kata aqil baligh dari pada remaja. Karena selain dalam islam tidak dikenal istilah remaja, juga kata aqil baligh artinya anak sudah mampu secara akal dan fisik untuk diberikan tanggung jawab yang lebih besar dalam memutuskan banyak hal, termasuk menentukan baik buruknya sebuah media teknologi dan pemanfaatannya.


Berangkat dari itu, saya pun banyak sekali berselancar dan rajin mengupdate situs edukasi untuk usia baligh ke anak-anak. Mulai dari situs yang membantu akademiknya sampai game edukasi keren sesuai kebutuhan mereka. Yuk kita intip 7 situs edukasi untuk usia baligh berikut ini :


1. Instructables

Aiih, situs ini saya rekomendasikan pertama kali dari semua yang ada. Kenapa? karena saya dan anak-anak dapet ide gila, insight keren-keren yang sangat banyak terkait project yang akan dipilih dan dicoba.  Tema tentang teknologi, makanan, seni hingga aneka kerajinan tangan ada di sini. Anak-anak bisa melihat hasil karya orang lain atau  bahkan bisa aplot sendiri karyanya di sini. Bisa menjadi inspirasi buat orang lain kan jadinya.  Ciri lain anak generasi milineal adalah mereka sangat mudah berbagi how to sehingga di sini juga disediakan kelas-kelas minat loh.  Mulai dari kelas menjahit, yang berbau-bau teknologi, makanan, kerajinan tangan sampai kelas untuk anak-anak dengan ragam tema. Mau ikut kelas yang berbentuk webinaran atau yang instruktur juga ada. Tinggal pilih mau yang model kelas seperti apa. Untuk Anda, para orang tua atau guru yang kadang mentok ide tema pembelajaran menarik untuk anak, main ke situs ini deh. Rekomendasi banget untuk diintip. Ini dia tampilan homepagenya. 


img-1543282068.jpg


Pilihan tema projeknya sangat beragam. Untuk anak yang senang mencoba hal baru, seneng banget merakit, membuat atau merekayasa sesuatu, situs ini bisa jadi alternatif belajar. Lihat saja pilihan kelas sebagai pendukung belajarnya.


img-1543282190.jpg



2. Zenius

Saya menemukan situs ini justru dari si sulung. Saat saya tanya kenapa kalau malam pegang hape mulu atau kadang lihat video terus. Ternyata si sulung sedang belajar, mak. Yup, situs ini adalah situs belajar online. Ia memberikan pelayanan pembelajaran akademik mulai dari kelas 1 SD hingga materi SBMPTN.  Layaknya anak pergi les akademik, ini adalah pembelajaran onlinenya. Mereka memberikan materi, soal dan jawaban melalui video dan pembahasan tertulis. Cukup daftar saja jadi membernya, nanti langsung bisa mengakses mata pelajaran yang dibutuhkan.  Lihat saja situsnya.


img-1543282953.jpg

https://www.zenius.net/

Kita tinggal log in aja untuk bisa mengakses mata pelajaran yang dibutuhkan.  Pilihan mata pelajarannya juga banyak banget. Lihat aja nih.


img-1543283054.jpg


Sayangnya, masing-masing mata pelajaran hanya bisa mengakses satu video atau satu bahasan tertulis. Kalau mau paket lengkap diajarinnya dari dasar,  situs ini menyediakan paket belajar. Hitungan saya sih murah banget. Karena kan pembayaran untuk satu tahun,  satu akun untuk akses semua video mapel mulai dari sd kelas 1 sampai SBMPTN. Jadi bisa digunakan untuk kakak, adik, sepupu, tetangga sekalian. Pembayarannya pun mudah, cukup bayar via toko ritel terkenal yang banyak tersebar atau transfer pun bisa.  Ini nih paket member yang ditawarkan.


img-1543283268.jpg

Murah kan, mak. Saya sudah pakai yang setahun. Worth it  banget kata anak-anak. Penjelasannya juga detil, mudah dicerna dan dipahami. Tidak hanya anak yang belajar, saya pun belajar bareng mereka depan leptop. 


3.  Brainly

Kalau ini lain lagi, situs yang menyediakan wadah diskusi interaktif. Sederhananya, Anda bertanya, brainly menjawab. Tak hanya mentor di brainly yang menjawab, tapi kita pun bisa ikut jawab atau diskusi, loh. Nah,  jawaban yang benar akan mendapatkan poin. Beberapa poin tertinggi akan dipajang di homepagenya. Brainly menyediakan semua mata pelajaran yang ada di Indonesia. Mulai dari bahasa Indonesia, matematika, biologi hingga materi SBMPTN pun ada. Syaratnya hanya perlu log in kok. Akun kita akan merekam pertanyaan apa dan jawaban apa yang pernah diajukan atau kita jawab.  Jawaban itu akan dikoreksi mentor yang ada untuk kemudian ditampilkan, jadi kalau ada member lain memiliki pertanyaan yang sama, jawaban benar lah yang akan muncul  layar. Sstt... ini kadang saya pake kalau pas males buka buku. Cukup tanya ke situs ini. selesai deh. 


img-1543286061.jpg


4. Wolfram Alpha

Situs ini banyak banget membantu saya terutama saat ditanya soal matematika fisika dan sebangsanya. Hahaha. Tinggal masukin soal yang saya ga ngerti, maka cara dan hasilnya akan muncul sekedipan mata. Tak hanya soal matematika saja, situs juga siap membantu mencari tahu soal pengukuran lainnya, science teknologi, sosial hingga kesehatan. Duh, banyak bener lah pokoknya. Bahkan sampai pertanyaan 'enteng' macem siapa presiden Amerika pun ada. Jangan salah, lengkap banget biodata presiden atau tokoh yang ingin kita ketahui. Bahkan bisa kita bandingkan dengan tokoh lain dengan tahun lahir yang sama misalnya. Lihat saja bagaimana tampilan situsnya.


img-1543287831.jpg


Mau bertanya soal matematika dan reng-rengannya? Tanya saja langsung. Mau tanya dengan berdasarkan foto yang kita miliki atau dokumen? Bisa juga loh.


img-1543287910.jpg

ini contoh matematika dasar untuk SD


5. Ted

Ini situs yang menyediakan banyak sekali ide-ide segar dan update d dunia. Bagaimana sebuah konsep baru disampaikan dan diceritakan dalam bentuk video. Banyaknya konsep yang disampaikan bisa menjadi bahan diskusi dengan anak-anak tentang kemajuan dunia luar. Tentang banyak hal yang sedang terjadi di dunia yang mungkin belum tersampaikan di berita sekalipun. Yang tidak menutup kemungkinan, konsep dan ide ini akan mereka temukan realnya saat mereka besar nanti. Situs ini membagi dan mengkategorikan beberapa hal kekinian. Saran saya, mulai-lah dari kategori ide/video yang trending saat ini. Dijamin, Anda akan terkaget-kaget akan begitu cepatnya perubahan yang terjadi di dunia.  Mulai dari masalah survey smart phone dan bahayanya, hebatnya pembuatan rumah dari bambu hingga informasi terbaru tentang otak bayi.


img-1543288957.jpg


Situs ini juga bisa memperlancar bahasa Inggris kita nih, mak. Hahaha. Sulung saya seneng banget duduk manis depan situs ini. Kadang saya geleng-geleng ra ngerti. Belajar bahasa Inggris itu salah satunya bisa dengan cara seperti ini. Ternyata kehebatan otak manusia itu mampu menemukan maksud pembicaraan dari seringnya kita mendengarkan sesuatu secara terus menerus.


6. Second Life

Saat membuka situs ini baiknya didampingi atau berikan pengertian terlebih dahulu kepada anak untuk menggunakannya dengan bijak. Sejauh ini sih, yang saya tahu, masih dalam kategori aman. Hanya tampilan avatar/orangnya saja yang agak mengganggu. Hahaha, karena ga nutup aurat. Situs yang memberikan gambaran virtual ini memang keren. Kadang kita mungkin kesulitan menjelaskan keadaan di bawah laut tuh seperti apa dan sebagainya.  Atau untuk mengenalkan anak lokasi dan kejadian tertentu di belahan bumi lain, situs ini bisa menjadi pilihan. Misalkan anak Anda ingin merasakan sensasi dan kondisi saat salju turun. Maka memilih area virtual yang bersalju bisa dipilih.  Syaratnya hanya perlu log in aja, lalu pilih avatar yang diinginkan dan tadaaa.... selamat menikmati.


img-1543291053.jpg

ini adalah salah satu pilihan second life


img-1543291655.jpg

Pilihan underwater


7. Lumosity

Saya paling suka nih dengan situs ini. Situs menghilangkan stress, seru-seruan bareng anak-anak gantian depan leptop. Kemampuan mental, math logic, fleksibilitas kita akan diuji. Ada beberapa pilihan permainan yang bisa dipilih. Tapi seperti biasa, untuk bisa memainkan ini, kita harus log in dulu ya.  Kecepatan mikir dan jari pada mouse kadang menentukan neh. hahaha. Tapi, so far, sangat menghibur.


img-1543292890.jpg


Anda siap bermain? ini dia tampilan serunya setelah saya main satu level. 


img-1543292928.jpg

Hasil akhir setelah permainan akan muncul setelah semua tahap dilewati. Media ini bisa seseruan bareng anak-anak karena hasil akhirnya bisa dijadikan kompetisi. 

Yup. itulah 7 situs edukasi untuk si kakak bermain sambil belajar bersama Anda di rumah atau di sekolah. Baiknya kita memang terjun dan tahu langsung seperti apa sih laman situs yang sering dikunjungi anak-anak. Main bersama dalam situs ini bisa menjadi diskusi yang menarik. Menutup akses untuk tidak masuk ke dunia maya bukan solusi karena mereka hidup di dunia yang sudah seperti ini. Kita lah yang harus pandai-pandai  mendampinginya. Saat anak mulai maniak main permainan online, perlu kiranya kita mencari situs lain yang bisa menyalurkan keingintahuan atau hobinya ke arah yang positif. Kuncinya ada di tangan kita sebagai orang tua, orang dewasa atau gurunya saat membuat kesepakatan terkait gadget. Jangan sampai kalah asyik dari game online ya, mak. Kalau kita, orang tua atau gurunya,  ga asyik jadi teman diskusi, teman main anak di dunia nyata, bukan tidak mungkin anak akan mencarinya sendiri di dunia maya. Dari pada berselancar sendiri di dunia maya, mengapa kita tak ambil bagian di dalamnya, bersama mereka?  

Yuk, saatnya sekarang bermain bersama anak.

  • Selasa, 27 November 2018

Artikel Terkait

17 Cara berkomunikasi dengan remaja
17 Cara berkomunikasi dengan remaja
Mengkokohkan Pola Kebiasaan Membaca Pada Anak Remaja
Mengkokohkan Pola Kebiasaan Membaca Pada Anak Remaja
Efek puasa bagi ibu hamil dan menyusui
Efek puasa bagi ibu hamil dan menyusui
Ajari anakmu sesuai zamannya
Ajari anakmu sesuai zamannya
Menemukan Minat dan Bakat Anak
Menemukan Minat dan Bakat Anak
Mari bercermin
Mari bercermin
Bila aturan keluarga bertemu dengan eyang uti
Bila aturan keluarga bertemu dengan eyang uti
Efek Homeschooling
Efek Homeschooling

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar