Artikel Populer

7 tips keren sebelum Anda ke bbw

7 tips keren sebelum Anda ke bbw

Admin Minggu, 07 Mei 2017 Tips Ketjeh Ala Emak
7 tips keren sebelum Anda ke bbw

'Buku adalah teman duduk yang paling mengerti Anda'.


Kalimat ini selalu keluar dari mulut ibu saat saya sedang jalan-jalan atau hanya sedang berdua dengan beliau. Ya, bener banget. Kalau lagi pengen tau tentang resep masakan, ada banyak buku yang bisa menemani kita kapan pun kita mau. Saat butuh informasi tentang bagaimana kehidupan para sahabat Nabi, buku kisah para sahabat nabi dengan senang hati siap menemani. Pas lagi BT pun, baca buku komik kocak, bisa seger lagi. Pengen tau tentang sejarah islam, tinggal baca aja buku ensiklonya. Itu baru buku buatan manusia, apa lagi kalau Sang Pencipta kita yang membuatkan khusus untuk guideline kehidupan di dunia. Semua ada di situ. Ya, Al quran, selalu siap menemani kita kapan pun loh. Tapi lagi-lagi semua tergantung kita pribadi. Mau menjadikannya teman duduk atau tidak.


Buat anda penggila buku-buku bacaan bermutu, book fair dan toko buku pilihan bisa menjadi salah satu destinasi wisata keluarga loh. Saat ini sedang berlangsung hajat besar untuk para pencinta buku seperti saya, ya! Big Bad World (BBW) yang berlangsung sejak 21 April hingga 2 Mei nanti menjadi incaran para book lovers. Tak hanya buku dalam negeri, buku-buku terbitan luar negeri dengan harga super gila disajikan seluas lapangan bola dan buka selama 24 jam nonstop selama 14 hari!. Tak hanya BBW loh, tanggal 3-7 Mei nya lanjut islamic book fair. Waaah, kalo ga cermat cerdas pengelolaan keuangannya, bisa kalap. Berikut tips sederhana ala emak yang bisa Anda coba saat akan berkunjung ke book fair bersama keluarga.


1. Cari info sebanyak-banyaknya.

Cari info di webnya langsung daaan media sosial mengenai seluk beluk book fair sebelum Anda berkunjung. Kalau info dari webnya langsung, insya allah beritanya shohih, karena mereka sendiri yang berkepentingan mengadakan bazar buku. Lalu, kenapa juga harus media sosial? ya, saat ini, berita yang paling apdet adalah media sosial. Ketika seseorang mengaplot satu informasi, disitu biasanya akan muncul ulasan dan diskusi tentang book fair. Kita bisa belajar dari pengalaman mereka tentang kondisi, lokasi hingga buku yang ada di sana. Namun pandai-pandailah memilah berita di media sosial ya. Ini web resminya BBW ya, mak : https://www.bigbadwolfbooks.com/id/


2. Buat book list.

Bila Anda mengajak anak-anak, duduk bareng dan libatkan mereka untuk melihat dan membuat daftar sederhana tentang kebutuhan buku saat itu. Sekali lagi, diskusikan dengan mereka terkait buku yang mereka butuhkan. Kalau sudah d pameran buku, buku anak adalah yang paling 'berwarna' yang bikin kita (saya. hahaha) memasukkan ke dalam kerangjang belanjaan. Masukkan hanya buku-buku yang sedang dibutuhkan ya, bukan buku yang diinginkan. Beda kaaan?. Ini penting pake banget. Membuat daftar kebutuhan akan membantu kita untuk konsisten dan fokus pada tujuan awal. hanya membeli buku sesuai dengan yang di book list saja. Ini yang paling seru daaan paling sulit dilakukan biasanya. Nah, bila nanti saat di book fair Anda menemukan ada buku penting yang dibutuhkan namun tidak ada dalam list, tentukan dan sepakati bersama keluarga, maksimal jumlah buku dan maksimal harga buku yang bisa dibeli.


3. Bila Anda mengajak anak-anak, buat kesepakatan sebelum berangkat.

Biasanya, saya akan mendiskusikan apa yang akan kita lakukan bila terpisah, ketemu di titik mana, atau harus mencari petugas apa dan menunggu di mana. Sekalipun anak dibekali ponsel, kalau sudah di tempat keramaian, kadang ponsel bergetar pun tak terasa. Berbunyi namun tak terdengar. Tak hanya soal keamanan yang perlu disepakati, jumlah buku yang ternyata tak ada dalam list pun wajib didiskusikan. 


4. Pastikan keluarga Anda sudah kenyang dan bawa persediaan air minum serta cemilan sehat seperti biskuit. Mengurangi jajan dan lapar mata saat di sana. Biasanya harga makanan di tempat-tempat keramaian seperti itu menjulang, menggunung, melangit dan meroket. Mending buat beli buku kaaan dari pada beli makanan dengan harga yang mirip-mirip dapet dua buku biografi.


5. Lihat peta ruangan bazar buku sebelum Anda memasuki area book fair. Ini akan mempermudah Anda menemukan area buku-buku yang Anda butuhkan. Biasanya, penyelenggara sudah memetakan berdasarkan penerbit atau bahkan tema buku. Perhatikan juga dimana lokasi pintu keluar, toilet dan mushola. Sepakati dengan keluarga untuk titik kumpul dan antisipasi lainnya.


6. Datanglah di hari pertama dan dua hari terakhir. Buat saya, hari pertama adalah harinya 'menyapu bersih' tema buku yang dibutuhkan. Biasanya buku masih lengkap komplit. Dua hari terakhir adalah saatnya melengkapi book list  Anda. Biasanya, saat bazar, banyak penerbit memberikan diskon besar saat penutupan book fair. Berbeda bila konsepnya seperti yang di BBW ya, hari pertama, saya ajak seluruh keluarga, saat masuk, kami akan menyebar, 'menyapu' seluruh tema dengan berpencar per lokasi dan kebutuhan buku masing-masing sesuai list. Bila salah satu dari kami sudah selesai dan sudah menemukan apa yang dibutuhkan, maka ia bertugas langsung antri ke kasir. Mengapa? Mengantisipasi antrian kasir yang mengular. Sementara yang lain? masih hunting buku. Hihhi. Oia, hari terakhir datang bila dibutuhkan saja ya.


7. Konsistenlah pada book list. Daaaan jangan kalap, jangan lapar mata. Jaga hati, jaga mata, jaga dompet dan jaga ATM Anda ya, mak.


Wes ngono ae....


oiaa...niy hasil hunting kami kemarin di BBW.


18077156_10211267751921383_5619018179466


Itu adalah buku-buku pendidikan, biografi yang ditulis dengan cantik versi novel, buku-buku thriller kesayangan dan novel berbahasa inggrisnya si bungsu. 


18118940_10211265480584601_8958747202571


Buku tale story berbahasa inggris kecintaan edisi terbaru, cuma ada di BBW dapet harga miring. Tengkyu untuk adik cantik ku, arin, yang udah jadi virus untuk memulai kembali membaca buku yang bukan bahasa emak. Hahaha. Sst...bukan emaknye yang baca koook, ni mah bacaannya si bungsu. *tutup muka.


Jadi, tahun depan mau dateng lagi?

Nabung, mak!


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial

© Copyright 2017 azkail. Oleh Webpraktis.com | sitemap