Agar Tak Kalap Saat Beli Buku
Minggu, 31 Mei 2020
azkail
Bagikan

Agar Tak Kalap Saat Beli Buku

Buku adalah sihir portabel yang unik

Pernahkah Anda mendengar bahwa buku adalah teman duduk yang paling setia? Ya, membaca buku itu bisa menjadi alternatif aktifitas mengasyikkan selain pergi ke pusat perbelanjaan. Buku yang kita baca tak pernah mengeluh apa yang sedang kita rasakan, ia siap dibawa kemanapun kita pergi. Ia juga selalu siap menemani dalam kondisi apapun. Lalu bagaimana bila kebutuhan membaca terus mengalami peningkatan, sedangkan buku yang dibutuhkan tak tersedia di perpustakaan pribadi kita? Saatnya menambah bacaan di rumah kah? 


Bicara soal penambahan buku bacaan, banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli buku. Jangan sampai kecepatan kebutuhan membeli buku tak sejalan dengan menuntaskan bacaan. Berikut ini beberapa tips agar kita tak kalap saat membeli buku bacaan. Semoga bermanfaat.


1. Tuliskan kebutuhan bacaan

Pastikan sebelum membeli buku, kita sudah yakin bahwa buku tema itulah yang menjadi kebutuhan bukan keinginan. Urutkan prioritas kebutuhan tema agar saat di pameran atau toko buku kita tak kalap. Mau beli online atau offline, pastikan kita tahu apa kebutuhan bacaan yang akan dibeli.


2. Baca review buku

Sebelum Anda berencana membeli buku, manfaatkan tulisan dan review orang lain tentang buku yang ingin Anda beli. Jangan malas untuk mencari tahu isi buku sebelum membeli, terutama buku-buku tertentu yang terbitan luar negeri dengan harga yang menjulang tinggi. Ini contoh rekomendasi review buku


3. Tetapkan batas atas pembelian 

Ini penting, sekalipun buku itu memang menjadi kebutuhan prioritas kita, tentukan batas maksimal harga total pembelian. Berapa budget yang dialokasikan untuk pembelian buku bulan ini. 


4. Langsung ke rak buku yang dituju

Saat datang ke pameran atau toko buku, tanyakan langsung ke petugasnya rak buku tema yang kita butuhkan. Selain akan mengefesienkan waktu kunjungan, juga akan membuat kita fokus dan tak tergoda untuk melihat buku lain. Kalau Anda beli bukunya secara online, langsung masuk ke kolom pencarian buku. Tulis buku yang dibutuhkan. Selesai. jangan jalan-jalan dulu nyekrol ke bawah untuk di rak buku ya. Bahaya tingkat dewa! Khawatir tergoda. 


5. Jangan ambil tas belanjaan

Membawa tas belanja yang disediakan pengelola toko buku itu membengaruhi pikiran kita untuk mudah sekali mengambil buku dan memasukkan buku yang kita inginkan bukan yang kita butuhkan. Tak adanya tas belanja yang kita tenteng akan mengingatkan kita untuk membeli sesuai yang dibutuhkan. 


Yuk, saatnya latihan memilah kebutuhan dan keinginan kita.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar