Anak Saya Belum Bisa Membaca?
Sabtu, 30 Mei 2020
azkail
Bagikan

Anak Saya Belum Bisa Membaca?

Banyak sekali orang tua yang merasa khawatir saat anaknya di usia siap masuk SD belum bisa membaca. Belum lagi bila membaca menjadi salah satu syarat anak bisa masuk ke sekolah yang diincar. Orang tua pun dilanda kepanikan. Ditambah lagi bila kemudian diketahui bahwa saat mengenalkan anaknya dengan ragam permainan huruf, anak lain sudah mampu membaca kalimat. Saat anak lain sudah lancar membaca kata dalam buku cerita bergambar, anaknya justru asyik dengan permainan lego. Pertanyaannya, mengapa kita selalu membandingkan kemampuan anak kita dengan kemampuan anak lain? Bukankah setiap anak memiliki kecepatan yang berbeda dalam menangkap informasi? Mengapa kita tak membandingkan kemampuan anak hari ini dengan kemampuannya minggu lalu? 


Membaca merupakan sebuah keterampilan, artinya bisa dilatih untuk menjadi lebih baik. Proses belajar membaca setiap anak itu berbeda dan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Lalu  bagaimana cara melatih keterampilan membaca pada anak. Sebelum mencapai titik anak membaca, sudahkah anak kita menyukai buku? Proses membaca itu melelahkan. Karena tak hanya berhenti untuk sekedar mengenal lambang huruf pada buku lalu menggabungkan menjadi serangkaian kata dan kalimat, namun membaca juga menuntut untuk adanya pemahaman dari setiap kata yang dibaca. Maka mendekatkan anak dengan buku bisa menjadi jembatan sebelum masuk mengajarkan anak membaca. Mungkin cara ini bisa menjadi alternatif Anda. 


1. Menjadi tauladan

Ya, ini adalah hal pertama yang harus kita lakukan. Bila anak kita ingin mencintai buku maka jadikan diri kita teladan mereka. Buat mereka mampu merasakan dan melihat bahwa orang tuanya pun mencintai buku.


2. Letakkan buku bacaan yang mudah dijangkau dan dilihat anak

Buku seyogyanya tak menjadi hiasan rumah namun juga harus membawa manfaat untuk keluarga. Dengan meletakkannya di area yang mudah dijangkau anak akan menarik mereka untuk melihat dan mengambilnya dengan mudah.


3. Rutin membacakan buku cerita 

Tak hanya meningkatkan bonding orang tua dan anak, membacakan buku pada anak juga melatih mereka untuk mengenal setiap huruf yang ada dalam buku yang dibacakan.

Jadi, sudahkan kita mendekatkan anak dengan buku sebelum mengajarkannya membaca?

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar