Home / Artikel Aplikasi Ini Perlu Kamu Manfaatkan

Aplikasi Ini Perlu Kamu Manfaatkan

Aplikasi Ini Perlu Kamu Manfaatkan

Cerita Emak

Minggu, 29 Juli 2018

Mak,

Pernah ngrasain deg-deg an saat anak-anak yang harusnya sudah sampai di rumah, tapi sampai malem, belum juga nampak batang hidungnya?

Pernah dibuat ga bisa tidur karena saat naik ojek online, eeeh, si abang ojeknya matiin aplikasi, dan kita jadi ga bisa tahu itu posisi sudah sampai mana?

Pernah tau rasanya ketar-ketir saat si anak gadis belum sampai rumah, padahal bilangnya sudah di lokasi yang dekat rumah tapi tunggu punya tunggu, si anak gadis belum sampai rumah juga?

---


Ya, itu semua pernah saya alami. Rasa menunggunya nano-nano ra karuan. Walau berusaha berpikiran positif si gadis aman-aman saja, tapi tetap saja rasa khawatir itu nyempil di pojokan hati. Kadang masih suka parno dengan berita yang berseliweran di luar sana saat anak-anak tidak bersama kita. Memang siih, rasa khawatir yang berlebihan itu ga boleh, kan kita sudah menitipkan anak-anak kita pada yang menciptakannya saat kita ga ada dekat mereka. Tapi doa dan bekal untuk melindungi diri sendiri kadang tak cukup. Boleh dong menambah perbekalan bagian dari mengantisipasi hal yang tak diinginkan. 


Saya kemudian bercerita ke anak-anak keadaan saya saat anak-anak pulang terlambat atau mepet waktu dari aturan yang disepakati. Ya, kami ada kesepakatan dengan anak-anak bahwa magrib itu sudah ada di rumah, kecuali mereka menginformasikan sebelumnya akan telat pulang. Kalau kesepakatan dilanggar, maka konsekuensinya adalah tidak ada gadget selama 12 jam ke depan. Kebetulan si sulung tahun ini masuk kuliah di ujung jawa sana. Plus berawal dari beberapa kejadian seperti di atas, kami akhirnya sepakat menggunakan salah satu aplikasi bawaan dari hape yang berfungsi mengetahui lokasi kami masing-masing. 


Aplikasi ini sangat memudahkan saya, terutama, untuk mengetahui lokasi si pemegang hape berada di mana, sampai bisa terlihat kondisi battery hp tinggal berapa persen. Sebetulnya, ini adalah aplikasi bawaan yang sudah tersedia di hp. Hanya saja belum di update. Ini dia cara mudahnya menggunakan aplikasi itu. Selamat mencoba.


1. Pilih aplikasi google map di gadget Anda

img-1532904078.jpg

2. Pilih icon yang dilingkari
img-1532904269.jpg

3. Pilih location sharing. Bila belum muncul, maka perlu di update dulu aplikasi ini 

img-1532904302.jpg

4. Pilih icon untuk add people. 

Ini akan dialihkan langsung ke no kontak yang ada di gadget Anda yang telah termaktub alamat emailnya. Maka pastikan orang yang ingin ada add, sudah ada alamat email gmail nya ya. Dan pastikan pula orang yang Anda add menerima email dan mau berbagi lokasi. Kalau sudah saling ok, Anda baru bisa melihat di mana lokasi orang tersebut. Tetap harus meminta ijin untuk diperbolahkan mengetahui lokasinya ya. Aplikasi ini ga ujug-ujug kita mengetahui lokasi seseorang tanpa sepengetahuannya. Ada aplikasi lain yang mungkin bisa tahu di mana lokasi orang lain tanpa harus permisi dengan orang tersebut, macem di film-film tapi untuk apa keperluan kita? cuma sekedar kepo doang?  

img-1532904482.jpg


5.  Pilihan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau saya, karena kebutuhannya untuk dilakukan dalam jangka waktu lama, maka pilihan kedua menjadi pilihan saya dan keluarga. Selama gadget tersambung dengan internet, maka selama itu juga kita bisa melihat orang yang kita tambahkan, sedang berada di mana.

 img-1532904506.jpgL

6. Selesai
Mudah bukaan?

Masing-masing aplikasi mungkin ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi buat saya, aplikasi ini sudah sangat membantu mengetahui di mana lokasi anak-anak berada tanpa perlu banyak bertanya pada anak-anak. Mereka pun bisa melihat lokasi saya ada di mana. Namanya juga berbagi lokasi.  Ga cuma itu mak, aplikasi ini ternyata bisa melihat kondisi battery orang yang kita add, jadi bisa saling mengingatkan untuk segera mengisi batrery.  Enaknya lagi, buat saya yang suka kulineran, saat membuka aplikasi ini, akan muncul otomatis lokasi kuliner dan lokasi penting lainnya yang terdaftar dalam google map di area sekitar lokasi kita. Mulai dari lokasi rumah makan, kampus, ATM dan sebagainya. Kita pun bisa aktif memasukkan lokasi-lokasi terntentu di situ.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ya. 
Kalau ada aplikasi lain yang lebih keren, boleh doong dishare di kolom komentar ya. Saya tunggu.

Bijak berinternet yuk.

Komentar

  • Julia Amrih

    Senin, 06 Agustus 2018

    Kalau anak-anak sudah pada besar, mau coba cara ini. Makasih sharingnya Mba'. :)

  • Julia Amrih

    Senin, 06 Agustus 2018

    Wih, canggih ya Mba', kalau anak-anak saya sudah besar, boleh dicoba nih caranya. Makasih sharingnya Mak. :)

    • Admin

      Senin, 06 Agustus 2018

      sama pasangan juga bisa mba kalau nunggu anak-anak besar perlu waktu agak lama... hihihi

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial