Artikel

Login / Daftar

Close

Ikuti Kami

Close
Sejak kecil, bermain bersama anak, tentu menjadi kegiatan yang saya paaling tunggu-tunggu. Karena saat itulah saya bisa memasukkan banyak hal pada anak-anak. Yang paling seru adalah mengamati dan kemudian menemukan satu per satu puzzle tentang cara anak-anak menangkap informasi dari kami dan orang sekitar. Pernah satu kejadian, kami sedang mendiskusikan kesepakatan pagi itu dengan anak-anak. Cah l[...]
  • 20 Agustus 2017
Saat membersamai anak, tentu ada banyak hal yang bisa kita amati sebagai seorang ibu. Nikmat banget rasanya bermain dan berkegiatan bareng anak-anak bukaan?. Saat bersama mereka dan ada di sekitar mereka, manfaatkan yuuk untuk terus mengumpulkan data dan mengamati anak-anak terkait gaya belajarnya yang pasti unik dan berbeda.  Berikut ciri khas yang terlihat dalam gaya belajar anak yang saya sad[...]
  • 20 Agustus 2017
Pernah kah kita berfikir bahwa Allah menitipkan anak-anak kita itu ada ujungnya? Kira-kira, mengapa Allah menitipkan anak-anak pada kita sebagai orang tuanya ya?Mengapa Allah mentakdirkan kita memiliki sekian anak?Apa yang telah Allah siapkan untuk kita dan keluarga? Pernahkah kita terbesit pikiran semacam itu?Kadang, saat malam tiba, itu adalah saat yang tepat untuk introspeksi diri, saya suka m[...]
  • 19 Agustus 2017
"Bund, hari ini aku mau ke rumah A ya, setelah dari sekolah. " "Ada apa kok mendadak, de?" "Ada yang mau dia ceritain ke aku, Bund. Kasian. Tapi ini rahasia. Jadi aku ga bisa ceritain ke bunda." "Oh, oke. Jangan sore-sore ya pulangnya."***Pagi tadi aku mengizinkan cah ayu untuk pulang sore.  Semalam, aku tahu bahwa temannya itu telepon sambil menangis. Agak lama dan akhirnya cah ayu izin ke kamar[...]
  • 19 Agustus 2017
Menemukan minat dan bakat anak itu seperti merangkai ribuan potongan puzzle. Mencoba menyatukan ini dan dan itu dalam beberapa waktu. Ketika kita mencoba merangkai potongan puzzle itu, tentu kita akan mencoba merekatkannya dari berbagai sisi hingga potongan itu mampu menyatu dengan baik. Maslahnya, menemukan potongan-potongan puzzle yang berserak itu membutuhkan kesabaran dan pengamatan yang luar [...]
  • 17 Agustus 2017
Campus Tour #1    Menemani cah lanang yang akan beranjak ke pendidikan  kuliah itu rasanya nano-nano. Tak hanya cah lanang yang harus belajar mengkerucutkan apa yang ingin ia  pelajari lebih lanjut terkait minatnya, tapi kami, orang tua pun belajar.  Belajar mendengar dengan baik saat berdiskusi saat membicarakan progress konseling karirnya di sekolah, belajar bersabar saat harus mengkerucut[...]
  • 12 Agustus 2017
Sudah dua bulan ini kami mendiskusikan rencana belajar ke luar dengan orang lain (baca: magang) untuk anak-anak terkait hal yang ingin mereka ketahui.  Kebetulan kedua anak kami sudah memilih satu area kesukaannya masing-masing setelah melewati berbagai kegiatan random sebelumnya. Saat berdiskusi, tiba-tiba si bungsu nyeletuk, "Bund, aku mau jadi Psikolog deh. aku tuh ya, ternyata bisa dan mudah[...]
  • 10 Agustus 2017
Siapa yang tak pernah   marah? Duuh, pertanyaan yang   menggelitik, menampar dan bikin wajah memerah. Pasti semua orang pernah   merasakan marah. Baik pada anak sendiri, teman se-arisan atau mungkin pada   suami. Marah itu adalah luapan emosi kita akan sesautu. Bentuknya bisa bermacam-macam. Ada yang memukul atau mencubit anak saat marah dengan perilaku   anak, ada yang dengan berteriak saat[...]
  • 06 Agustus 2017
Serunya bermain matematika bersama anak di rumah Matematika bagi sebagian besar anak kadang menjadi momok tersendiri. Betapa tidak, hal pertama yang dikenalkan pada anak adalah deretan angka, rumus dan bilangan-bilangan tertentu yang memusingkan kepala. Belum lagi bila ditambah dengan tugas rumah yang berlembar-lembar. Lalu bertemu dengan guru matematika yang super duper galak atau tidak ramah ana[...]
  • 20 Juli 2017
Pantai salju yang tidak bersaljuSst... tahu dong mak, kalau negara kita kaya akan pemandangan yang elok. Hamparan laut biru serta pegunungan yang dihiasi kelok sungai nan eksotis bisa kita nikmati tanpa batas. Mulai dari ujung Sumatra hingga tanah Papua, semua memiliki goresan lukisan indah Ilahi Robbi. Pemandangan itu, rupanya telah menjadi tujuan wisata bagi banyak orang untuk sekedar melepas le[...]
  • 15 Juli 2017