Artikel

Login / Daftar

Close

Ikuti Kami

Close
"Demam adalah panas dari api neraka. Maka redakanlah dengan air". (al hadist) Pernah merasakan demam kah, mak? Atau anak-anak mengalami demam yang kadang naik turun? Apa yang dilakukan? Minum obat warung? Langsung ke dokter? Dibalur bawang merah? Atau cukup diberi air minum sebanyak-banyaknya? bagaimana rasanya saat kita sendiri demam? Badan ra karuan ya rasanya? Kalau anak yang sakit? Sedih[...]
  • 15 Mei 2019
ا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا“…Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab[33]: 56)Saat mendengar orang lain bersholawat, apa yang emak rasakan? Biasa saja? Merinding? Apapun yang dirasakan, saat membaca ayat di[...]
  • 14 Mei 2019
Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah menjelaskan, ﺍﻛﺜﺮ ﺍﻷﻭﻻﺩ ﺇﻧﻤﺎ ﺟﺎﺀ ﻓﺴﺎﺩﻫﻢ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ ﺍﻵﺑﺎﺀ, ﻭﺇﻫﻤﺎﻟﻬﻢ, ﻭ ﺗﺮﻙ ﺗﻌﻠﻴﻤﻬﻢ ﻓﺮﺍﺋﺾ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺳﻨﻨﻪ, ﻓﻀﺎﻋﻮﻫﻢ ﺻﻐﺎﺭﺍ “Kebanyakan kerusakan anak disebabkan karena orangtua mereka, mereka menelantarkannya dan tidak mengaja[...]
  • 13 Mei 2019
نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ “Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari) Ngabuburit, pernah dengar istilah itu dong, mak. Ngabuburit sependek yang saya fahami berasal dari bahasa sunda, burit yang berarti sor[...]
  • 09 Mei 2019
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631) Hadist di atas sangat populer dan tentu menjadi penyemangat kita sebagai orang tua. Namun untuk menjadikan anak yang sholeh kelak tentu kita, orang tuanya pun harus belajar memperbaiki diri. Karena anak itu bagai[...]
  • 07 Mei 2019
Allah berfirman, ‘Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.’ (al-Baqarah: 183)Ayat Al quran di atas sangat populer bila kita mendiskusikan tentang puasa. Sepertinya menjadi ayat alquran terfavorit saat bulan Ramadhan seperti ini. Tak hanya ayat al quran, banyak sekali hadist-hadist yang menceritaka[...]
  • 06 Mei 2019
Pernah kesulitan cari foto di hape ? Pernah ribet karena ternyata banyak banget foto WA yang belum dihapus?Pernah nyesek saat mau ngambil gambar atau video , ternyata HP sudah ga bisa nyimpen data lagi?Nyesek yekaaan.... Mak, ga cuma contoh di atas. Hari ini saya dibuat pusing beneran dan beneran pusing. Aplikasi saya di Dropbox tetiba mendekati full. Hahaha. Emak-emak modal gretongan gini aja[...]
  • 05 Mei 2019
"Maksimalkan kekuatan, siasati kelemahan." Abah Rama Sudah sejak 5 tahun yang lalu saya mengenal tools Talent Maping (TM). Saat itu si sulung masih SMP dan sekolahnya menggunakan TM sebagai salah satu alat bantu. Sekolahnya memang banyak sekali melakukan ragam aktifitas dan bertemu dengan orang banyak menjadikan tools itu alat bantu yang mudah bagi saya, dalam melihat potensi, minat [...]
  • 04 Mei 2019
Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, ‘Aisyah berkata: “Aku bertutur: ‘Ya Rasulullah, apakah ada kewajiban berjihad bagi kaum wanita?’ Beliau berkata: ‘Bagi wanita adalah jihad yang tidak ada peperangan padanya, yaitu haji dan umrah.” (HR Ibdu Majah, Dishahihkan oleh al-Albani) Siapa yang tak ingin menjadi tamu Allah di rumah-Nya? Aneh aja kalau sebagai muslim, tak pernah terbesit pu[...]
  • 03 Mei 2019
"Bila kita memiliki banyak harta, kita akan menjaga harta.Tapi jika kita memiliki ilmu, maka ilmu lah yang akan menjaga kita."-Aa GymDalem banget ya, mak, kata Aa Gym. Tapi bener ya kalo dipikir tuh berapa banyak coba yang kita dengar dan tahu akibat dari harta bisa menimbulkan banyak perpecahan. Pertemanan hingga menjauhnya keluarga karena harta. Bersyukurlah kita yang masih memiliki keingi[...]
  • 01 Mei 2019