Pengalaman Menarik Selama di Kota Makkah

Apa yang paling membekas selama berada di kota Makkah?Pengalaman apa yang sangat bermakna selama di masjidil haram?Adakah cerita unik atau lucu selama berada di masjidil haram?Pernah tersesat atau ketinggalan rombongan kah selama ada di sana?-Sebetulnya, semua proses perjalanan selama ada di kota Makkah itu punya makna tersendiri. Setiap sudutnya menyimpan banyak cerita. Rasanya tentu saja berbeda[...]

Catatan Perjalanan Umroh

Perjalanan umroh adalah pengalaman yang paling mengesankan sepanjang hidup Sstt... sudah baca cerita saya sebelumnya di sini kan?Jam menunjukkan pukul 2.30 pagi waktu Makkah. Musyrif kami, sudah selesai memberikan penjelasan terkait alur perjalanan ibadah dan hal teknis lainnya kepada seluruh anggota kelompok saya. Bismillah, satu per satu mulai naik bis ¾ yang akan mengantar jama’ah menuju ha[...]

Catatan Perjalanan Umroh

Makkah dan Madinah menjadi dua kota paling mengesankan dalam seluruh perjalanan kehidupan yang pernah ada Hari ini adalah hari yang dinanti setelah ribuan purnama. Kesempatan berkunjung ke dua kota suci akan segera dimulai. Aneka rupa rasanya selama berada di pesawat menuju Jeddah. Melakukan proses ibadah umroh yang dianjurkan bagi seluruh ummat muslim. Sembilan jam seperti sembilan bulan rasa[...]

Menulislah jangan ditunda

Saya tuh kalau ditanya cara bikin blog, kadang suka bingung. Karena udah lama banget ga buka blog lama yang versi gratis. Udah keenakan yang berbayar gini. Dulu tuh emang awalnya pake yang gratisan, cuma akhirnya saya banyak menghabiskan waktu bukan mengasah di konten tulisan, malah plus-plusnya banyak. Harus setting gambar, tambah ini itu kanan kiri tampilan. Nulis kagak jadi-jadi. Belum lagi kal[...]

Ini Akibatnya Kalau Tidur Lepas Subuh

Mengapa tidak boleh tidur setelah subuh? Pernah tidur setelah shalat shubuh kah, mak? Bagaimana rasanya badan Anda setelah bangun dari tidur itu? Makin bugar atau malah sakit dan ga enak badannya?-Tahukah mak bahwa waktu pagi itu telah didoakan oleh Rosulallah akan keberkahan? Berkah itu artinya adalah berkembang atau bertambah dengan sesuatu, namun dalam islam berkah merupakan berkembang dan bert[...]

Efek Baik Pandemi Covid

Sudah berapa bulan ya kita nyaris #dirumahaja? 10 bulan ada kali ya? Ada kebiasaan baru apa yang terbentuk selama 10 bulan terakhir? Ada yang ekstrim kah perubahannya? Atau biasa-biasa aja? Ada pengalaman menarik apa selama #dirumahaja? Nyaris setahun sudah kita bergelut dengan wabah corona. Virus yang membuat dunia aware bahwa corona itu memang ada. Setiap negara berlomba-lomba menciptakan vaksin[...]

Begini Rasanya Bila Hobi Kita Dibayar

"Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah pengalaman dan perasaanmu sendiri."J.K. Rowling Al kisah...Sejak SD, saya suka banget menulis. Saking demennya nulis, guru lagi ngomong di depan kelas juga saya tulis itu ocehannya, kadang tak tambahin gambar warna warni gitu dan ini berlangsung sampai saya kuliah. Catatan belajar saya sering dipinjam untuk di foto kopi atau kadang jad[...]

Ingatkah Kejadian Saat Anda Usia 3 Tahun

Seberapa detil kita bisa mengingat kejadian saat SD dulu? Atau saat TK mungkin?Seberapa banyak kisah yang bisa diceritakan kembali saat kita SD kelas 1 ? Kisah apakah yang paling bikin heboh sejagad komplek saat Anda SD? Ada ga cerita memalukan saat distrap di depan kelas? Apakah cerita cinta monyet suka-sukaan pada saat itu? Mana yang paling terrekam jelas ?  Coba deh diingat-ingat lagi. Keja[...]

Langsing Sehat ala Nabi SAW

“Katanya udah ga mau makan malem, jam segini udah dangdutan di dapur, mbuka tutup kulkas.” “Katanya udah musuhan sama nasi putih ngebul wangi baru mateeeng, eeh, disendokin juga nasinya.”“Jare ga mau makan gorengan lagi, lah kuwi pisang goreng tanduk ginuk-ginuk, di mbat juga.”“Lah, katanya habis subuh ga mau tidur, mau jalan pagi 40 menit. Kok slimutan?”“Weehh…lagi order mart[...]

Efek Penggunaan Media Sosial

Mak,pernahkah tau-tau Anda sudah klik media sosial dan ga terasa sudah habis berjam-jam hanya sekedar nyekrol sana sini saat menunggu antrian atau saat rebahan? Sekedar kepoin status se se embak se se abang lagi apa dan sudah apa? Atau mungkin tiap bangun tidur yang dibuka malah medsos atau gadget dulu. Kemana-mana kudu nenteng gadget. Atau Pals lagi rebahan gitu, nyaris kepengen banget ‘sekedar[...]