Rindu Kondisi Ini Saat Lebaran Nanti

Mengapa tema tulisan-tulisan saya terakhir ini tentang lebaran ya? Kemarin menu lebaran, sekarang yang dirindu saat lebaran. Ada apa emang? Ya karena sedih aja sih, hari ini sudah hari ke 20 Ramadan, artinya Ramadan akan segera pergi. Masuklah bulan Syawal yang biasa kita sebut dengan lebaran. Kemudian terpikir,  dalam 20 hari Ramadan ini, apa yang sudah saya lakukan? Ibadah apa yang kian memba[...]

Menu khas setiap lebaran

Aiih, sudah ngomongin lebaran aja yaa. Tak terasa, hari ini sudah memasuki hari ke 19 Ramadan, artinya sebentar lagi Ramadan akan pergi. Sedih? Banget. Karena bulan ini bulan yang banyak memberikan pengalaman baru buat saya pribadi. Mungkin mamak-mamak lainnya pun mengalami hal yang sama, sedikit berbeda dengan Ramadan sebelumnya. Salah satunya adalah bersamaan dengan pandemi covid 19 yang memaksa[...]

4 Hal Yang Patut Disyukuri Saat Berpuasa Di Tengah Pandemi

“Bersyukur itu lebih baik dari pada mengeluh”Bisa berkumpul dengan keluarga?Bisa bercengkrama dengan anak-anak dan keluarga?Semua keluarga sehat wal afiat?Masih ada beras dan lauk pauk di rumah?Masih bisa menghirup udara pagi ini tanpa bantuan alat pernapasan?---Sudah selayaknya kita mensyukuri apa yang kita miliki. Saat pandemi seperti ini, kondisi tak menentu, kita tak pernah tahu kapan peny[...]

Hal Menarik yang Terjadi Ketika Berpuasa Saat Covid 19 Menyebar

"Selalu ada sisi baik dari setiap kejadian" "Lah itu anak bayinya digendong, ibunya ga pakai masker. Gimana sih!" "Ini mana social distancingnya sih? Kok sore gini masih banyak yang jalan-jalan?" "Aku bener-bener stay home loh, bun. Beneran sudah sebulan lebih ga keluar rumah. Keluar pagar rumah aja engga. Kalau ada penghargaan dari pemerintah, mungkin aku masuk kategori warga yang taat." Sor[...]

Saya Mau Ke Tempat Ini Bila Masa Social Distancing Dicabut

"family makes a house a home-Jenifer Hudson"Sudah satu bulan lebih kita betul-betul berada di dalam rumah. Dan sudah selama itu pula kita tak bisa bertatap muka dengan orang-orang yang kita sayangi. Apa lagi kalau bukan keluarga. Video call hampir setiap hari belum 100 % melengkapi kebutuhan silaturahmi. Aneh rasanya kalau hanya melihat dan menatap layar tanpa melihat secara langsung.Tapi semua[...]

Ciri Sederhana Masker Kain Anda Aman Dari Covid 19

Punya masker berapa di rumah sekarang mak? Berapa ya? Baru punya masker saat wabah seperti ini kah? Hihihi Atau akhirnya nambah stok masker ? Mmmm... Trus, itu masker dipake kan ya kalau keluar rumah? Iya dong Ngikut kelompok garis keras masker motif-bunga-bunga atau polosan? Kasih tau ga yaa Ya, awal April lalu, juru bicara pemerintah yang menangani covid-19, pak Achmad Yurianto, mengumumkan bahw[...]

Serba-Serbi Uniknya Penerapan Social Distancing

Sudah berapa hari, mak mengkarantina diri di rumah selama wabah covid-19 ini? Bagaimana rasanya mengurangi banyak kegiatan bersosialisasi dengan orang lain? Banyak kebiasaan dan kesukaan kita yang kemudian dibatasi tentu ada rasa tak enak, tak nyaman dan tak bahagia. Tapi apa akan terus seperti ini? Mmm.... bisa jadi bila kita tak mematuhi aturan untuk saling menjaga jarak alias social distancing.[...]

Pengaruh Wabah Ini Dalam Kehidupan Sehari-Hari

“Tanpa kegelapan, kita tidak bisa melihat bintang”Saat kondisi pandemi covid-19 ini menjadi wabah global, kita merasakan betul perbedaan yang signifikan efek baik dan buruknya dalam kehidupan sehari-hari. Pandemi yang telah membuat kita di rumah saja ini sudah memasuki minggu ke empat. Bahkan sudah masuk bulan ke empat sejak virus mematikan ini ditemukan di Wuhan, China pada bulan Januari lalu[...]

Ketika Wabah Datang

Apa yang akan kita lakukan saat wabah datang? Apa yang sebaiknya dipersiapkan? Mengapa ada wabah? Apa itu covid-19?---Hari ini sudah masuk minggu ke empat kami #dirumahaja. Benar-benar di rumah saja. Keluar rumah baru tiga kali seingat saya, dan semua untuk keperluan membeli makanan/urusan per dapuran. Efek dari wabah covid-19 yang sedang mendunia. Khusus untuk seluruh warga +62 dianjurkan oleh[...]

Ketika Emak Berada di Ruang Komunal Facebook

Jadi kan gini ye mak, - Saya masuk ruang dingin itu persis 30 menit sebelum acara dimulai. Setelah haha hihi sama ibu Sumitra Pasupathy sebagai perwakilan dari ashoka (cek di sini kiprah ashoka https://www.ashoka.org/id/ashoka%27s-history ), saya langsung menikmati kudapan dan teh haneut (ini penting diceritain karena menjadi pelentur lidah saiyah selama diskusi)🤭 . Jelang jam 10 an, peserta [...]