Begini Caranya Fokus Pada Tujuan
Minggu, 07 Juni 2020
azkail
Bagikan

Begini Caranya Fokus Pada Tujuan

"Sekedar memiliki target saja tidaklah cukup. Barengi dengan mental baja, pantang menyerah, fokus, fokus dan fokus pada tujuan"-Andrie Wongso


Pernah ga sih kita tuh pengen ini, mau itu? Kepengen bikin ini dan itu selama sekian waktu gituuu. Bahkan pernah bikin wish list biar segera kesampean itu keinginan. Tapi ternyata di tengah jalan, ketika godaan lain datang yang jauh lebih menarik, kita lupa dengan target  yang pernah kita tulis. Ya, namanya juga godaan yakaan, selalu aja lebih menarik. Lebih bagus, lebih baik dar sisi A, lebih berwarna dan sejenisnya. Kalau udah gini, inget mantra ajaib :"Saya tertarik tapi itu tidak menarik buat saya." Omongin itu aja saat gangguan dan godaan datang.


Beberapa hari yang lalu, saya diingatkan. Kunci utama yang paling sering kita lupakan adalah tidak fokus. Satu hal yang paling mendasar untuk mencapai tujuan, tidak kita pegang erat. Menjaga fokus itu memang ngeri-ngeri sedap, Esmeralda. Apalagi kalau sudah separuh jalan trus lewatlah itu godaan. Akhirnya saat diingatkan di kelasn Bunda Cekatan, saya pun kembali melanjutkan perjalanan menuju fokus saya selama ini. Ini salah satu fokus dan target yang ingin saya capai.


img-1591499923.jpg


Selama ini, kebanyakan foto yang saya gunakan di blog dan artikel lain adalah punya nak lanang dan dari web yang menyediakan foto gratis dengan kualitas bagus. Namun beberapa bulan belakangan ini, saya mulai menggunakan foto pribadi untuk banner blog. Tapi karena terbatasnya ilmu dan stok, akhirnya saya harus belajar fotografi namun kali ini menggunakan ponsel pintar yang saya punya. Fotografi memang salah satu hobi yang saya suka. Karena ini adalah keterampilan yang bisa dilatih, maka jam terbang perlu diperbanyak. Bergurulah saya dengan nak lanang dan mentor lain. 


Setelah menuliskan apa tujuan yang ingin saya capai, perlu didetilkan dan dituliskan apa yang menjadi prioritasnya agar fokus. Kalau fokus tuh jadi enak ngerjainnya, ga kemana-mana mata dan hati kita. Fokus pada tempat yang akan saya inginkan, bukan tempat di mana saya berada sekarang. Maka kemudian saya turunkan menjadi seperti ini:


img-1591500345.jpg

Makin detil tujuannya makin bagus. Karena kita tahu mau kemana dan mau seperti apa. Kalau sudah memilih prioritas tujuan, maka saatnya membuat timeline. Tujuan diatas itu saya buat untuk dua bulan ke depan. Karena kebetulan belajar teknik dengan nak lanang sudah berjalan walau tidak rutin. Dua bulan ke depan saya rutinkan belajar dengan mentor lain. Jadilah timeline saya seperti ini :

img-1591500618.jpg        img-1591500659.jpg

Lanjutkan dengan ditempel di tempat yang mudah terlihat oleh mata dan saya masukkan ke dalam kalender di ponsel dengan hitungan mundur. Jadi reminder yang bisa membantu saya untuk tetap fokus pada tujuan. Saya pernah merekam proses belajar konsisten dan berkomitmen dalam satu hal itu di sini

Inilah salah satu manfaatnya ikut kelompok positif yang bisa membawa dan membantu kita on the track. Kadang saya tuh butuh pecutan dari luar biar bangun. Bersyukur sekali berada di lingkungan ini. Berada dalam lingkungan positif, penuh tantangan dan bertemu banyak orang-orang hebat yang bisa saling berkolaborasi. 

Saya pernah bercerita tentang komunitas positif yang telah saya ikuti hingga saat ini. Bisa dibaca di sini ya

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar