Home / Artikel Bullying Bencana Sekolah

Bullying Bencana Sekolah

Bullying Bencana Sekolah

Resensi Buku Parenting

Rabu, 18 Juli 2018

img-1534215491.jpg


mak...

Gimana rasanya saat mendengar kata bullying?
Isi kepala langsung mbayangin macem-macem yak. Belum lagi berita yang beredar bahwa efek paling kejam dari bullying adalah kematian korban. Tak hanya fisik, secara verbal pun menjadi dominan yang muncul hingga saat ini. Alih-alih biar tampak keren dan ketjeh, bullying kerap menjadi momok mengerikan hingga saat ini.


Sebenarnya, ini buku lama yang tak tersentuh di lemari buku. Saat melakukan perjalanan beberapa hari yang lalu, buku ini sengaja saya bawa sebagai teman duduk yang paling setia. Dan betul aja, hanya 4 jam selama perjalanan, saya selesai mengunyah sambil deg-deg an baca isinya. Lembar demi lembar diceritakan dengan sangat lugas oleh penulisnya yang juga korban bullying sejak sd hingga sma. 12 tahun! gilak yak. 


Selama membaca buku ini, banyak kejutan, mengharukan, menyedihkan, mengerikan, membangkitkan banyak rasa di dada dan akhirnya menjadi inspirasi luar biasa akan si penulisnya, Jodee Blanco. Bayangkan saja, tak hanya menjadi korban bullying secara verbal, ditendang, dipukul, dijambak, rambut ditempelin permen karet, sampai dilempar batu yang menyebabkan luka permanen, kerap diterima selama nyaris 12 tahun.


Namun, selalu ada kekuatan tersembunyi dalam setiap penindasan. Blanco kecil selalu melawan dan bicara kebenaran saat dibully secara verbal. Keluarga besar sangat mendukung setiap keputusan yang diambil Blanco. Efek dari rentetan kejadian itu, membuat Blanco tumbuh menjadi wanita kuat karena mimpi besarnya yang selalu ia tanamkan dalam hati. Yaitu menjadi orang besar yang suaranya bisa dihargai orang lain. Dan lepas dari SMA bahkan saat kuliah, mimpinya terwujud. 


Pendekatan Blanco terhadap anak-anak korban bullying, para pelaku bullying, sekolah, orang tua hingga ke pemerintahan ini berbuah manis. Pendekatan program It's not just joking around-nya banyak diadopsi di seluruh negara bagian Amerika. Program anti bullying ini pun membawa namanya kian meroket. Buku ini menyabet gelar One Book One Community di Michigan. Lebih dari 2000 siswa membaca buku ini setiap tahun ajaran. Dan menjadi buku bacaan wajib di ratsan sekolah menengah dan perguruan tinggi di Amerika Serikat. 


Buku sekuel keren yang wajib dibaca oleh kita, buku yang hanya dalam waktu 48 jam bisa menjadi best seller nya new york times. Buku yang saya rekomendasikan kepadai orang tua, guru atau penggiat pendidikan. Belajar dari seorang Blanco yang bisa mengelola rasa sakit yang luar biasa menjadi pemicu semangatnya untuk terus bejuang melawan bullying yang ada hingga saat ini. Banyak cerita menganggumkan bagaimana seorang korban bullying mampu bertahan dan melawan 'kejahatan' mental mengerikan di dunia sekolah dan lingkungan rumahnya. Masukan dan usulan berharga kepada para pelaku bullying, kepada orang tua, orang dewasa hingga kepada sekolah dan guru membuka mata saya. Bahwa efek dari bullying itu luar biasa dampaknya. #sedih😭


Kalau mau tahu banyak tentang sang penulis, kunjungi saja di http://www.jodeeblanco.com/ banyak kisah dan pembelajaran menarik seputar bullying dan cara menanganinya.


Kerennya lagi nih buku, sudah banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa, mak. Bagaimana sebuah tulisan bisa mempengaruhi banyak orang yak. Mau pinjem bukunya? sini main ke azkail.🤩

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial