Cara Baru Mengasah Otak Dengan Asyik


Menyeimbangkan dan kepo maksimal, itulah awalnya mengapa saya beli buku ini. Punya anak yang senang ngutak-ngatik logika emaknya, kadang bikin dahi berkerut dengan pertanyaannya. Kalau ngobrol selalu berujung diskusi seputaran mengapa tidak begini, baiknya kan diginiin baru bisa begitu. Kalau ke toko buku yang dicari permainan otak, kalau ke toko mainan yang dibeli itu rubik dengan berbagai bentuk. Akhirnya, demi menyeimbangkan dunia jagat raya, emaknya beli buku ini. Biar nyambung diskusi dengan cah ganteng dan tahu apa yang harus emak lakukan untuk menambah keseruan diskusi dengannya.


Buku setebal 290 halaman ini sebetulnya ngupas tentang cara kerja otak, manfaat kalau kita mengasahnya dengan cara yang ditawarkan maka akan begini dan begitu.  Sang penulis yang memang seorang peneliti otak ini banyak memberikan contoh aktifitas seru terkait bagaimana caranya mengasah otak dan apa manfaatnya.


Di bab kedua, kita akan disuguhkan dengan hasil penelitian tentang otak, salah satunya mengenai penyebab utama lupa, mengapa saat menua, kebanyakan orang akan mengingat 'kerja' mereka. Di tengah-tengah informasi itu, disajikan banyak sekali permainan otak yang merangsang ingatan kita. Anak saya suka waktu dilibatkan untuk mengikuti permainan yang ditawarkan dalam buku ini. Saya? cuma mbacain aja instruksinya. Hahaha.


Buku ini mengupas detil tentang pembagian kerja wilayah otak kita dan bagaimana merangsangnya dengan baik. Sang penulis membaginya berdasarkan kecerdasan sosial, ingatan, matematika, spasial, emosi dan bahasa. Bagian otak mana yang mengelola itu semua dan menggunakan bahasa yang sederhana, bisa dimengerti minimal oleh emak model saya. Hehehe. Selama membaca buku ini, banyak sekali Aha moment yang saya dapatkan. Bentar-bentar saya manggut-manggut, kadang ngoceh sendiri dan berkata dalam hati, oh jadi gitu ya maksudnya.

Dan kesimpulan saya pada akhirnya adalah bahwa anggota tubuh yang bernama otak ini sungguh luar biasa. Allah maha hebat dalam penciptaannya. Bolak balik saya berdecak kagum akan kuasaNya. Betapa setiap jaringan kecil dalam tubuh itu sangat mensupport satu sama lain. dan bersyukur adalah hal wajib yang harus kita lakukan.


Buku ini layak dibaca oleh orang tua atau pendidik yang dalam penyampaiannya membutuhkan penjelasan ilmiah tentang cara kerja otak melakukan sesuatu. Sangat menarik kalau kemudian kita tak hanya bisa menjelaskan tapi juga menguncinya dengan agama.

Tertarik baca buku ini? Ada di taman bacanya Azkail ya.

img-1571228360.jpg



  • Senin, 14 Oktober 2019

Artikel Terkait

Cara Mendengar Aktif Saat Berkomunikasi
Cara Mendengar Aktif Saat Berkomunikasi
Pilihan Permainan 10 Menit untuk Mengasah Moral Anak
Pilihan Permainan 10 Menit untuk Mengasah Moral Anak
Begini Seharusnya Mendidik Anak
Begini Seharusnya Mendidik Anak
10 Prinsip Dasar Pengasuhan Anak
10 Prinsip Dasar Pengasuhan Anak
Tinggalkan Sekolah Sebelum Terlambat
Tinggalkan Sekolah Sebelum Terlambat
Ketika Anak Sulit Diatur
Ketika Anak Sulit Diatur
7 Kesalahan terbesar orang tua
7 Kesalahan terbesar orang tua
Mengupas Buku Tentang Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital
Mengupas Buku Tentang Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar