Cara mudah mampu telusur di gadget Anda


Pernah kesulitan cari foto di hape ? 

Pernah ribet karena ternyata banyak banget foto WA yang belum dihapus?

Pernah nyesek saat mau ngambil gambar atau video , ternyata HP sudah ga bisa nyimpen data lagi?

Nyesek yekaaan....


Mak, ga cuma contoh di atas. Hari ini saya dibuat pusing beneran dan beneran pusing. Aplikasi saya di Dropbox tetiba mendekati full. Hahaha. Emak-emak modal gretongan gini aja bisa pusing loh. Gimana engga, tau-tau ada notf masuk suruh ngapged (upgrade.red) dropbox. Kebayang semua foto di hape saya yang sudah dipilih dan diedit, tak simpan di dropbox yang di sinkronkan ke hp, bersiap nmbah rumah. Beberapa minggu lalu mau shoot video dah ga bisa karena storagenya full, kata mas hape. Akhirnya tadi pagi mulai jam 5.30 WIB, jatah saya duduk manis beberes hape. Semua tak bersihkan, kategorikan dan rapihkan. Mayan juga. 


Karena sudah pegang HP, sekalian aja saya beberes foto di leptop. Di situ juga ga kalah banyak. Jadilah saya buang-buangin dulu foto yang tak berguna, jelek dan kebanyakan jepret. Nyaris sampai zuhur loh saya nguplek depan leptop. Alhamduliah, semua foto dah duduk manis dan mampu telusur. Saya ga bingung lagi kalau butuh cepat mau simpan atau cari dimana tempat foldernya.


Biasanya memang seminggu sekali saya rutin beberes hape dan leptop. Ini akan memudahkan saya saat butuh file atau foto dengan cepat. Cumaaa yaa, karena banyak males yang datang untuk pegang hp lama-lama, jadilaah, pekerjaan tertunda yang bener-bener setengah hari kudu beberes. Sering banget kan kadang tuh ya, kita maen masukin aja file atau foto tanpa langsung mengkategorikan. Saat buru-buru biasanya. Masa iya buru-buru mulu. hahaha. 


Jadi beginilah saya membagi ondol-ondol di hape, kali aja bermanfaat.Selama mencoba.


1. Atur media auto download

Ada pengaturan yang bisa kita pilih di aplikasi WA agar setiap gambar atau video yang orang lain kirim, tidak tomatis terdonlot dan tersimpan di hp. Caranya? saat emak buka WA, ada titik 3 di kanan atas, klik lalu pilih data and storage usage lalu di situ ada plihan, mau terdonlot otomatis saat ada wi fi, atau cukup dengan data mobile saja sudah terdonlot. Kalau saya, diatur saat ada wifi saja, lumayan mak donlot gambar apalagi video yang makan kuota.


2. Atur media visibility

Kalau emak ikut beberapa grup WAG, pasti ada aja yang kirim gambar atau video yekaaan? Nah, ternyata ada caranya biar ga semua gambar atau video ngabisin ruang penyimpanan data di hp. Setting WAG atau WA individual yang ingin emak atur, lalu pilih media visibility  lalu klik no. Artinya, setiap ada gambar atau video yang ada di WAG itu,ga otomatis tersimpan di ruang penyimpanan HP emak.


3. Buat waktu khusus untuk mengkategorikan gambar/video

Terutama saat pertama kali hp emak mau diberesin, biasanya membutuhan waktu yang lumayan lama. Karena harus dipilah atau mungkin diedit dulu gambarnya baru kemudian dipilah. Tapi kalau pengaturan awal sudah berjalan, biasanya emak hanya membutuhkan waktu paling satu minggu sekali dan hanya 30 menit saja untuk mengkategorikan kembali.


4. Buat album untuk mengkategorikan gambar/video di hp

Yup. Untuk memudahkan, buatlah album yag disesuaikan dengan kebutuhan emak di hp itu. Kalau emak bakulan, ya buat album khusus bukti pembayaran atau nama-nama produk yang emak jual. Biar apah? ya untuk memudahkan pencarian saat dibutuhkan dengan cepat. Jadi hp emak keren, karena mampu telusur.


5. Simpan di cloud

Setelah dikategorikan, segera simpan di aplikasi gratis/berbayar khusus penyimpanan file/gambar. Saya sampai saat ini masih menggunakan yang versi gratisannya, seperti dropbox. Walau satu akun dropbox hanya bisa menyimpan 2 Gb. Sampai saat ini sih baru penuh tadi pagi. Karena yang masuk aplkasi dropbox itu belum diedit dan dipilih. Untuk jagajaga data agar tak hilang, saya sih merekomendasikan untuk menyimpannya di cloud, apapun aplikasinya.


6. Buang file yang sudah disimpan di dropbox

Yup, betul, mak. Agar memori hp kita ga lelah dan masih tersedia ruang penyimpanan, maka setelah dishare/disimpan ke dropbox, segera hapus gambar/video yang sudah disimpan di dropbox itu.


7. Konsisten

Ini penting. Sekeren apapun hp emak kalau ga rajin beberes, aiih, jangan harap awet muda tu hape ya mak. Konsistenlah membuang yang tak terpakai untuk file/gambar/video. Simpan yang bermanfaat.


Oia, itu baru pengaturan satu platform dari WA ya mak, belum aplikasi yang lain dalam satu hp.


Selamat mencoba.

  • Minggu, 05 Mei 2019

Artikel Terkait

7 Aktifitas Ngabuburit Seru Bareng Keluarga
7 Aktifitas Ngabuburit Seru Bareng Keluarga
7 Cara Mengajarkan Anak Puasa
7 Cara Mengajarkan Anak Puasa
Aplikasi Keren Ini Mendekatkan yang Jauh
Aplikasi Keren Ini Mendekatkan yang Jauh
Peran Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari
Peran Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari
7 waktu asyik untuk mengamati gaya belajar anak
7 waktu asyik untuk mengamati gaya belajar anak
7 waktu asyik untuk membaca
7 waktu asyik untuk membaca
7 tanda-tanda emak butuh piknik
7 tanda-tanda emak butuh piknik
7 manfaat mengetahui gaya belajar anak
7 manfaat mengetahui gaya belajar anak

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar