Channel Kajian Favorit

Kuncinya terletak bukan pada bagaimana Anda menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu Anda.” – Stephen R. Cove

Sudah berapa jam kita menghabiskan waktu di depan layar datar?
Sudah berapa jam kita menginvestasikan waktu di depan layar?
Sudah tilawah hari ini?
Sudah mendengarkan kajian apa hari ini?

---

Duh, ya, saya tuh kalau ngomongin waktu, sering deg-deg an. Sambil refleksi diri, apa yang sudah kita lakukan selama ini. Sudah seberapa sering kita melakukan kebaikan? Minimal satu kebiasaan baik namun sering dilakukan, dari pada rapelan itu sulit kalau tidak dipaksakan. Allah menyukai orang-orang yang melakukan amalan sedikit tapi kontinyu. Apa yang paling mudah kita lakukan, sedikit tapi bisa terus menerus ya? Ah, banyak sekali contohnya. Apalagi amal baik yang kita lakukan di bulan Ramadan ini akan diberikan pahala berlipat-lipat.  Dan pilihan kebaikan itu terbuka luas, mak. 


Mulai dari berdonasi kepada orang tak mampu di sekitar kita, berbagi takjil setiap hari, membaca al quran atau pun mendengarkan kajian keislaman. Nah terkait kajian, saya juga jadi mulai sering mendengarkan nih. Biasanyakan lebih senang membaca buku-bukunya. Kali ini, selama Ramadan, saya mulai membiasakan mendengarkan beberapa channel ustadz yang saya suka dengan bagaimana cara beliau menjelaskan. Sambil masak atau kadang sambil melipat baju cucian saya mendengarkan kajiannya. Mungkin ada yang sama juga dengan saya. Berikut ini empat channel yang sering saya kunjungi.


1Ustadz Adi Hidayat 

Semenjak kenal beliau di Youtube, saya sangat tertarik dengan kedalaman ilmu dan hapalannya yang luar biasa. Allah memberikan rahmat kepada beliau bagaimana mudah dan detilnya menghapal al-quran dan hadits hingga tata letakny ada di sebelah mana. Ingatan yang luar biasa. Dan hebatnya lagi, selalu punya cara menjawab dengan bahasa yang mudah dipahami dari ayat ke ayat al quran. Masya Allah. Makin ke sini, ust adi Hidayat makin banyak dikenal orang. Maka kemudian makin berjamur kajian-kajian beliau yang disiarkan di banyak channel di luar channel officialnya.



img-1588749270.jpg


2. Ustadz Nouman Ali Khan

Ini channel langganan saya. Selalu menarik bahasannya. Tentang kehidupan dan bayak hal sederhana tapi deep banget. Sekalian ngelancarin cas cus lah ya


img-1588749465.jpg


3. Ustadz Basalamah

Saya tahu beliau ada channelnya justru dari ibu. Ibu saya ternyata jauh lebih apdet. 


img-1588749628.jpg


4. Ustadz Zaidul Akbar

Nah, yang ini baru banget semenjak, lagi-lagi, ibu saya sering banget share video dan penjelasan beliau tentang pengobatan ala Nabi SAW melalui makana yang mudah di dapat di dapur rumah kita. Beliau menyampaikan bahwa segala macam penyakit itu muncul karena pola makan kita yang ga bener. Setelah menyimak beberapa videonya, bener juga sih. Beliau juga mengingatkan bagaimana rosulullah makan, cara mengunyahnya, makan apa dulu lalu bagaimana efek adab terhadap makanan bisa mempengaruhi tubuh dan pikiran kita. Menarik. Tonton deh mak.

img-1588749909.jpg


Adakah channel di atas yang juga suka ditonton, mak? Yang mana?


Kategori
Tips Ketjeh

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar