Home / Artikel Ini Akibatnya Kalau Tidur Lepas Subuh

Ini Akibatnya Kalau Tidur Lepas Subuh

Ini Akibatnya Kalau Tidur Lepas Subuh

Cerita Emak

Kamis, 11 Februari 2021

Mengapa tidak boleh tidur setelah subuh?
Pernah tidur setelah shalat shubuh kah, mak?
Bagaimana rasanya badan Anda setelah bangun dari tidur itu?
Makin bugar atau malah sakit dan ga enak badannya?

-

Tahukah mak bahwa waktu pagi itu telah didoakan oleh Rosulallah akan keberkahan? Berkah itu artinya adalah berkembang atau bertambah dengan sesuatu, namun dalam islam berkah merupakan berkembang dan bertambahnya kebaikan pada sesuatu. Nah, kalau waktu pagi yang telah didoakan menjadi keberkahan untuk kita umatnya, bersyukur banget dong ya seharusnya. Dan rasa syukur itu sangat disayangkan kalau kita trus melakukan sesuatu yang tidak disukai Rosul saat di waktu pagi.


Emangnya, apa yang tidak disukai Rosul saat waktu pagi itu datang?


Tidur setelah subuh adalah perbuatan yang tidak disukai Rosul. Setelah shalat subuh, beliau tidak beranjak dari duduknya. Berdzikir dan berdoalah yang beliau lakukan hingga matahari terbit. Walau disamping Rosul ada beberapa sahabat yang bercengkrama, ngobrol hingga tertawa, tapi Rosul hanya tersenyum. Rosul tidak melarangnya secara lisan hanya mencontohkan dengan perbuatan yaitu duduk tenang berdzikir dan berdoa.


Maka sayang banget kalau waktu pagi digunakan untuk hal yang sia-sia seperti tidur setelah subuh. Tidur setelah subuh sudah jelas-jelas tidak disukai Rosulallah. Hukumnya makruh. Makruh itu suatu perbuatan yang meskipun tidak haram, tapi meninggalkannya adalah pilihan terbaik dari pada melakukannya. Ibnu Qoyyim pernah menjelaskan tentang makruhnya tidur setelah subuh.


“Diantara hal yang makruh yang dibenci para ulama adalah tidur setelah subuh hingga matahari terbit karena pada waktu tersebut adalah saatnya memanen ghonimah.” (Madarijus Salihin 1:369)


Ghonimah disini maknanya adalah waktu untuk meraih kebaikan di waktu pagi. 


Urwah bin Zubair, seorang yang ahli fiqh yang hidup sejaman dengan Nabi SAW. Beliau adalah anak dari Asma bin Abu Bakr dan Zubair bin Awwam. Keponakannya Aisyah, neneknya Urwah adalah bibinya Rosul SAW. Dekat banget kan jalur nasabnya? Nah, karena Nabi SAW mencontohkan, maka Urwah bin Zubair melarang anak-anaknya untuk tidur di pagi hari. Selain itu, waktu pagi adalah waktu dimana Rosul selalu memberangkatkan pasukannya ke medan jihad. Jadi pasukannya masih pada seger-seger dan semangat.


Orang tua kita dahulu suka marah kalau kita tidur pagi, nanti rezekinya dipatok ayam. Maksud baik ini saya rasa juga bermula dari apa yang telah Rosul contohkan pada kita. Hanya penggunakaan alasannya saja yang perlu dijelaskan lebih lanjut. Bahwa dalam waktu pagi itu banyak kebaikan dan keberkahan bertambahnya rezeki manakala kita melakukan aktivitas yang bermanfaat. Bukan tidur. Rezeki kan tak melulu soal materi. Maka kalimat “nanti rezekinya dipatok ayam’ pun muncul untuk menakut-nakuti kita. Sayangnya, mungkin ini ga bikin takut sebagian orang. Mungkin karena belum tahu mengapa tidur pagi itu betul-betul tidak bermanfaat.


Secara medis ternyata banyak sekali sisi negatifnya kalau kita tidur di pagi hari. Cari saja penjelasan dokter tentang tidur pagi. Mereka akan menjelaskan dan berujung pada satu titik.


Berikut ini beberapa penjelasannya tentang tidur di pagi hari :

A. Fakta tentang tidur

Ada fakta menarik tentang tidur. Dan saya baru tahu bahwa tidur itu memiliki  lima siklus tersendiri. 

1. Siklus pertama

Tidur yang masih bisa terbangun, masih terdengar sayup-sayup suara di luar. Kondisi seperti ini dinamakan light sleep. Rata-rata dari kita ada di tahap ini tuh sekitar 10 menit menuju siklus berikutnya.


2. Sikus kedua

Di siklus ini kita mulai hilang kesadaran, dan akan masuk di 20 menit berikutnya setelah light sleep. Biasanya ditandai dengan detak jantung berirama tetap, napas mulai teratur, tuuh udah ga glebak-glebak lagi di Kasur.


3. Siklus ketiga

Masa transisi menuju deep sleep (siklus keempat)


4. Siklus keempat

Di siklus ini biasa dikenal dengan istilah deep sleep. Biasanya saat kita terbangun di siklus ini, butuh beberapa menit untuk tune in dengan kondisi sekitar. Bahkan untuk beberapa orang, efek terbangunnya bisa membuat bad mood hingga pagi.


5. REM sleep

Siklus terakhir dalam kondisi tidur ini mengenal istilah REM atau Rapid Eye Movement. Artinya tubuh berada dalam kondisi siap bangun. Dan siklus ini terjadi di pagi hari di mana tekanan darah, detak jantung, sistem pernapasan dan temperature tubuh mulai meningkat.


Ketika tidur dalam kondisi REM, dimana semua organ siap untuk beraktivitas, ya kita harus bangun, jangan tidur lagi. Karena semua organ sudah mulai meningkat pergerakannya, siap digunakan untuk bergerak.


Masya Allah ya. Itulah mengapa kalau organ tubuh sudah siap lalu malah dibawa tidur di pagi hari, bukannya segar dan bugar ketika bangun. Yang ada malah badan pegal-pegal, malas beraktivitas, butuh banyak waktu transisi saat bangun, jadi paginya tuh ga semangat.

Oke, secara medis sudah dijelaskan ya, mengapa tidur pagi setelah subuh itu tidak baik.



B. Menyebabkan pikun

Kalau kita tidur lagi di pagi hari, padahal tubuh sudah mula on, lalu tubuh diajak istirahat lagi, ini bisa memicu aliran darah ke otak itu jadi tersumbat. Inilah yang kemudian tidur pagi bisa menyebabkan pikun. Ngeri kan, maak. 


C. Menghambat datangnya rezeki

Ibnu Qoyyim berkata ada empat al yang bisa menghambat datangnya rezeki, yaitu tidur di waktu pagi, sedikit shalat, bermalas-malasan dan berkhiatat (Za’azul Ma’ad 4/378). Ingat ya, rezeki itu bukan semata hanya materi saja namun keberkahan lain di luar itu pun bisa menjadi terhambat karena kita melakukan satu diantara emat hal di atas.


Tulisan ini sebetulnya terinspirasi dari ibu saya yang pernah mengirimkan potongan video dari seorang dokter special naturopathy. Saya yang lebih suka membaca dari pada menonton, akhirnya berusaha mengikatnya di tulisan kali ini dengan menambah referensi lain yang saya fahami. Browsing menjadi cara berikutnya untuk mencari video utuh dan ketemu di sini

 

Ada keterangan bahwa beliau adalah seorang dokter naturopathy. Apa pulak itu, saya baru denger. Browsing lagilah saya. Dan ternyata istilah ini tuh udah lama banget (kemane aje gw). Sebuah pengobatan holistic yang sebisa mungkin tidak menggunakan obat kimiawi. Metode pengobatannya menggunakan bahan alami, seperti makanan, latihan fisik, air dan sejenisnya. Teman saya pernah dirawat ini. Dan cara pengobatannya keren banget. ‘dilawan’ melalui makanan dan puasa. Tergantung penyakitnya sih. Tapi itu yang dilakukan dokter di sana yang menggunakan pengobatan ala naturopathy (salah satunya ya)


Saya sendiri paling ga suka kalau anak-anak tidur lepas subuh. Maka dibuatlah kesepakatan kalau diantara kami ada yang tidur lepas subuh, maka tidak ada gadget selama 24 jam. Dan itu berlaku sampai sekarang. Saya sendiri merasakan kalau tidur lepas subuh itu setelah bangunnya, badan pada sakit dan kepala pusing, ga seger gitu. Kecuali karena sakit, maka perlu istirahat, oke lah. Padahal ya, kalau melakukan aktivitas di pagi hari tuh enak banget. Udara masih segar, lingkungan masih sepi. Banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di pagi hari setelah dzikir dan berdoa. Dan buat saya, di waktu-waktu ini  saya gunakan untuk menulis atau membaca. Nikmat banget. 


Baiklah, karena kita sudah tahu mengapa Rosul mencontohkan tidak tidur lepas subuh, kita pun tahu kalau itu makruh atau sesuatu yang tidak disukai Rosul, dan ada efek negatifnya dari tidur lepas subuh, sudah saatnya kita memperbaiki bersama pola aktivitas di pagi hari. Kalau bukan sekarang, kapan lagi akan mulai berubah yekaaan?



Sumber : rumaysho.com

Doktersehat.com


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial