Home / Artikel Ini Caranya Agar Tidak Baper

Ini Caranya Agar Tidak Baper

Ini Caranya Agar Tidak Baper

Resensi Buku lain-lain

Minggu, 04 Februari 2018

"Keajaiban tak akan pernah terjadi di zona nyaman" - Rhenald Kasali 


Siapa yang tak kenal dengan Prof. Rhenald Kasali, seorang guru besar UI dan pendiri Rumah Perubahan. Coba search buku-buku karya beliau. Buku-bukunya daleem banget. Banyak mengupas tentang perubahan dan baper, bawa perubahan buka bawa perasaan ya. Saya makin mengikuti buku-buku kerennya terkait perubahan semenjak berkesempatan bertandang ke Rumah Perubahan beberapa tahun yang lalu. Mata semakin terbuka lebar bahwa untuk membuat perubahan itu kita tidak bisa melakukannya sendiri. Bisa dibayangkan bila penemu perubahan teknologi, misalnya, tak akan berhasil alat itu digunakan bila tak didukung untuk membeli dan mencobanya.


Kali ini buku yang saya baca berasal dari ipusnas dengan cara mendownload di playstore. Lalu tinggal kita pilih buku yang ingin dipinjam. Kemarin, saya meminjam buku berjudul BAPER.  Buku ini merupakan hadiah kejutan dari beberapa anak didik beliau selama mengikuti perkuliahan atau bersama dalam keseharian. Mereka merangkum sekitar 135 kalimat yang dianggap mampu membawa perubahan bagi banyak orang. Kalimat-kalimat positifnya betul-betul sederhana dan sarat akan makna. Selama saya membaca, satu persatu  saya fahami sambil sesekali kepala manggut-manggut.


Ada salah satu kalimat yang membuat saya membayangkan saat berada dalam kelas perkuliahannya. Disitu digambarkan beliau sering membawa makanan saat mengikisi perkuliahan dan membuat keesokan harinya saling bergantian para mahasiswa membawa makanan, duduk dan mulai bercerita tentang perubahan. Diskusi santai tapi bergizi terbangun di kelas itu. Menularkan energi kebaikan pda anak-anak muda dengan cara yang tak biasa. Memulai perubahan itu berawal dari diri sendiri pasti akan menular pada orang lain. Yang sulit adalah menjaga bahwa kita tetap melakukan kebaikan itu walau sedikit. Perubahan juga erat hubungannya dengan pendidikan. Nilai rapot dan ijazah bagus tak ada artinya bila pemiliki nilai tidak teruji dalam ujian sesungguhnya, yaitu kehidupan. Ini salah satu kalimat  lain yang membuat saya menyadari generasi seperti apa yang sedang bersama kita saat ini.


img-1517663667.jpg
Buku ini merupakan kumpulan kalimat-kalimat dan obrolan para penyusunnya dengan beliau. Sederhana namun bermakna kalau saya bilang. Buku yang bisa didapatkan online tanpa perlu mengantri, rezeki emak sholihah, hehehe. Karena di perpustakaan online lain buku Baper selalu antri. Tak heran bila memiliki antrian, lah wong isi bukunya tentang baper, bawa perubahan. Jadi untuk Anda, mak, yang butuh suntikan banyak mengenai semangat berubah, buku ini bisa menjadi salah satu pilihan keren yang ga bikin rugi.



Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial