Kegiatan Seru Bersama Anak Remaja di Rumah

“Hidup ini ada di alam tindakan bukan di alam rencana. Bertindaklah. Mario Teguh”

Tah maak. Bertindaklah. Jangan rencana aja mau melakukan ono ini selama di rumah bersama anak-anak.

Cung, siapa yang sudah mulai mati gaya mau ngapain lagi bareng anak-anak di rumah?
Anak-anak, mungkin juga Anda, mak, sudah mulai bosan di rumah?
Kegiatan seru yang sudah mulai ga seru? 
Nonton lagi, main game lagi, internetan lagi. Ga hanya berat badan yang naik, tapi biaya internet pun ikut naik.
Jadi ada ide apakah mak selama kita beraktivitas di rumah aja kek gini sekarang nih?


Kalau kemarin saya cerita di sini tentang kegiatan global yang bisa menjadi alternatif aktivitas di rumah, kali ini saya mau cerita tentang apa yang saya lakukan di rumah bareng dua anak gede ya. Dan karena mereka udah pada gede, otomatis, kegiatan seru harian atau mingguan, bukan urusan mamak lagi. Mereka lah yang bertanggung jawab mau ngapain, berapa lama lalu mau diapain setelah itu. Mamaknya cuma bertugas sebagai motivator sesekali aja.


Nah, kali aja kegiatan seru kami ini bisa bantu membuka kebuntuan ide saat di rumah aja. Inilah seseruan ala azkail. Semoga bermanfaat.


1. Belajar pivot table

Selama beberapa hari di rumah, selain kuliah online kemarin, mamakny wara-wiri ke kamar masuk-masukin baju ceritanya. Otomatis denger yekaan materi yang bu dosen sampaikan.  Akhirnya saya ijin untuk ikut mendengarkan kuliah juga. Hahaha. Dan ternyata dapet tugas yang salah satu tugasnya adalah penggunaan pivot table. Buat mamak-mamak yang sering bergulat dengan Excel tentu tahu lah ya. Sudah lama saya ingin belajar tentang pivot table, sampai saya beli bukunya waktu ada pameran buku pameran ini  . Dan buku itu masih plastikan, mak, sampe sekarang. Saking belum nemu momen dan mentor aja yang siap ngajarin. Hahaha. Alessan.


img-1588075222.jpg 


Lah kok ndilalah, si sulung pulang dan dapet tugas yang juga menggunakan pivot table. Emang sih, udah beda level lah itu pivot tablenya. Dan kalau buat si sulung mah, sudah biassa, tapi ini makanan baru buat mamak yang lagi kelaperan tingkat dewa. Jadilah saya ikutan kuliah online dan ikut menyimak, sambil membuka dan baca dikit-dikit itu buku yang baru saya buka plastiknya. Sudah dua hari ini saya belajar memahami pivot table. Seru. Banyak fungsi yang memudahkan tapi saya baru tahu. Aiiih, kemane aje maak.


2. Ngulik animated video maker

Sudah lama saya ga ngulik tentang ini sebetulnya. Cuma karena diminta untuk sharing dengan guru-guru di sekolah, jadilah saya kembali ngulik website hingga aplikasi bantuan yang bisa membantu guru dalam pembelajaran online. Seru loh. Nah untuk yang satu ini, si sulung lebih mengerti dari pada saya. Saatnya saya berguru membuat vdeo berdurasi pendek ala mamak-mamak. Bisa nyambungin beberapa video dengan editan yang lumayan halus aja mamak dah bahagia kok.


3. Nyampulin buku

Ya ampun, ga ada kerjaan lagi, mak? Eits, justru ini kerjaan. Karena ini kerjaan penting yang sudah lama tertunda. Biasanya setiap beli buku baru, buku yang mau dibaca itu sudah harus disampul plastik dan diberikan cap dulu. Tapi ternyata SOP hanya tinggal kenangan. Nah, saat seperti sekarang ini, melakukan sesuatu yang bermanfaat pun dilakukan.


4. Nge-band bareng

Ya, musik kadang menyatukan kami untuk ngumpul dan ngobrol bareng. Si sulung main keyboard atau gitar sambil bernyanyi suara dua, adiknya suara satu sambil main ukulele sedangkan saya memainkan suara hati. Banyak lagu-lagu masa kini yang mau tak mau saya harus apdet biar bisa ikutan nyanyi bareng mereka. Dan nyanyi bareng menjadi kegiatan seru selama di rumah aja.


5. Bongkar foto jadul 

Ini paling seru nih. Sambil ngruntel bareng di atas kasur. Album keluarga kami keluarkan. Foto-foto jadul saat kami kecil dan mereka kecil dijajar dan dijadikan guyonan cerita seru. Dan ini momen mengikat makna kekeluargaan sambil mengenalkan silsilah keluarga dari pihak saya dan suami. Yang menarik, setiap ada cerita dibalik satu foto atau foto lucu, azkail langsung scan foto itu untuk didigitalkan dan disimpan di google drive. Alhamdulilah kenal teknologi tepat guna ya. Jadi saat menemukan foto yang sudah ga ada klise negatifnya, bisa disimpan dalam bentuk lain dan ga perlu ke studio.


Bagaimana dengan Anda, mak? Apa kegiatan yang paling seru selama dirumahaja?

Kategori
Tips Ketjeh

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar