Home / Artikel Lakukan Ini Sebelum Akun Telegram dan WA Anda Dibajak

Lakukan Ini Sebelum Akun Telegram dan WA Anda Dibajak

Lakukan Ini Sebelum Akun Telegram dan WA Anda Dibajak

Tips Ketjeh Ala Emak

Senin, 20 Agustus 2018

Jangan kau berbuat dzalim meski dirimu mampu melakukan
Karena akhir dari kedzaliman adalah penyesalan

Mak,

Akhir-akhir ini sering ya kita mendengar teman, sahabat, tetangga atau mungkin saudara dekat kita terkena penipuan. Penipuannya sudah bermacam-macam. Mulai dari yang mengaku dari kepolisian, anak atau saudara kita ditangkap lalu kita diminta segera mentransfer biaya sekian. Belum lama ini pun marak berita tentang seseorang  yang mengaku dari pihak sekolah yang menginformasikan kalau anak kita sedang proses menuju ruang operasi di rumah sakit dan membutuhkan dana segera. Yang mengaku dari pihak sekolah itu memaksa untuk segera mentransferkan dana. Dan ini masih saja terjadi. Dan yang paling baru adalah seseorang yang mengaku dari perusahaan telegram, meminta kode yang baru saja terkirim ke hp kita untuk dilakukan sesuatu katanya. Biasanya petugas gadungan dari perusahaan itu akan mendesak bahkan mungkin marah kalau kita tidak memberikan kodenya pada mereka. Untuk sebagian orang yang mudah panik atau tak mengerti, bisa saja kode itu pun diberikan. Alhasil, teman-teman si pemilik HP nya pun dimintakan dana dan penipuan lain. Miris. 


Orang jahat akan selalu ada di sekitar kita, mak. Sudah sunnatullah mereka akan terus berada dii muka bumi. Ah, tapi kali ini, saya ga akan bicara soal orang jahat itu, biar urusan Allah saja yang akan membalasnya. Sekarang, baiknya, kita antisipasi agar itu tak terjadi pada diri kita, dengan saling mengingatkan satu sama lainnya. 


Saat ini era digital telah menjadi lahan empuk untuk orang-orang culas nan jahat untuk mengambil kesempatan dalam kesempitan. Mengambil untuk sebanyak-bayaknya dari ketidak tahuan dan kepanikan orang lain. Salah satunya dengan nge hack telegram atau media online lainnya. Setiap teknologi yang nota bene adalah buatan manusia, tentu memiliki celah untuk diulik. Termasuk ngulik soal kemananannya itu sendiri. Nah, mungkin cara sederhana ala emak ini bisa digunakan.  Cara sederhana menjaga agar telegram atau whattsapp kita tidak di hack oleh orang lain. 


Sebelum memberikan cara sederhana, baiknya kita perlu tahu dulu mengapa orang-orang itu bisa dengan mudahnya nghack tele atau WA kita.  Tele dan Wa itu seperti yang kita ketahui, bisa juga digunakan menggunakan PC dengan masuk melalui website nya. Bahkan kalau tele, kita cukup memasukkan no hp kita. Nah, cara ini lah yang digunakan oleh orang jahat tadi untuk mengambil data kita di tele. No telepon pada tele di website nya, bisa dimasukkan dengan sembarang nomor HP. Lalu oleh sistem tele, akan dikirimkan 6 digit angka ke no hp yang telah dimasukkan tadi. Disinilah 'kepiawaiannya' orang jahat tadi 'diuji'. Mereka mengaku sebagai petugas dari telegram, meminta no kode 6 digit tadi dengan menghubungi no kita. Biasanya, orang yang ga ngeh, panik, akan dengan sangat mudah memberikan kode itu kepada petugas gadungan tadi. Selebihnya, tau doong apa yang terjadi. Jadi, Jangan pernah memberikan kode apapun kepada orang lain.


Baiklah, begini cara mengamankan telegram Anda ;


1. Klik tiga garis di pojok kiri layar HP anda pada telegram Anda


img-1535082662.jpg

2. Pilih Setting

img-1535082737.jpg


3. Pilih Privacy and Security lalu pilih Active Session


img-1535082787.jpg 

Nah, di bagian ini, kita bisa melihat, telegram kita dibuka oleh siapa aja dan dimana letak orang yang membuka itu. Kalau ada yang tidak Anda kenal, segera pilih Terminate All Other Sessions. Maka otomatis, selain hp yang Anda gunakaan sekarang, di HP lain, akan log out.


4. Jangan lupa untuk menggandakan keamanan media Anda

Ini caranya, saat memilih Privacy and Security, pilih Two-Step Verification. Di situ kita akan diminta untuk memasukkan tambahan password. Klik Set Additonal Password. Masukkan kombinasi angka dan huruf. Lalu ikuti saja perintah berikutnya untuk memasukkan kembali passwordnya. Done. 

Demikian juga saat mengamankan media whatsapp Anda. Hanya kalau mau mensetting keamanan media WA, hanya bisa dilakukan via WA, tidak bisa melalui websitenya. Beda dengan telegram yang bisa langsung Anda setting dari website dan android Anda.

Ini dia cara mengamankan media WA Anda;

1. Klik titik tiga di kanan atas, lalu pilih setting
2. Pilih Account
3. Pilih Two Step Verification, lalu ikuti instruksi berikutnya

Nah, sekarang, media WA dan tele Anda telah dilengkapi keamanan berlipat. Tapi tetap saja ya, kita perlu waspada. Karena teknologi ini selalu ada pembaharuan dan ini adalah buatan manusia, bukan tidak mungkin ada hal canggih lainnya di luar default yang ada di android yang kita miliki.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ya.

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial