Home / Artikel Mengajar seperti finlandia

Mengajar seperti finlandia

Mengajar seperti finlandia

Resensi Buku Parenting

Selasa, 22 Agustus 2017

Akhirnyaaa....buku ini datang juga ke rumah setelah hampir dua minggu-an lebih menunggu cetakan berikutnya. Buku karangan Timothy D Walker ini dicetak dan diperbanyak oleh PT Gramedia. Cetakan pertamanya, Juli 2017 lalu, langsung ludes, habis. Emak mencari di semua toko online, habis, offlline di toko gramedia jangan ditanya, dah ludes begitu buku ini diluncurkan. Jadi perlu sekitar dua mingguan menunggu cetakan kedua di bulan Agustus ini. Ngomong-ngomong, kenapa sih sampai begitu best sellernya ini buku?.


Buku tentang pendidikan ini begitu menggoda saya untuk segera membaca dan mencari tahu.  Tahukah emak, bahwa negara Finlandia merupakan negara yang selalu berada di lima besar hasil survey PISA (Programme for International Student Assessment)?. PISA, merupakan sebuah lembaga survey yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). PISA ini melakukan penilaian, kuisioner dan survei secara internasional dalam rentang waktu tiga tahunan yang menguji kemampuan siswa berusia 15 tahun di 70 negara di dunia untuk tiga bidang, yaitu, literasi membaca, matematika dan sains. Nah, negara Finlandia ini selalu berada di urutan lima besar loh. Kalau mau cek tentang survey dan urutannya, monggo diklik :

https://www.oecd.org/pisa/

Sst.... Indonesia ada di urutan ke berapa cobaaa?

Dari hasil tes PISA 2015 yang mensurvey 540.000 siswa di 69 negara, Indonesia berada di urutan 62 untuk sains, urutan 61 untuk membaca dan urutan 69 untuk matematika dari 70 negara yang disurvei. Waw, sesuatu ya mak... Ini ada andil kita juga nih sebagai orang tua. Ga usah lah jauh-jauh menyalahkan pemerintah dengan keputusan cepatnya mengganti model dan kurikulum sekolah. Sebagai orang tua dan guru/pendidik, kita juga punya andil di dalamnya. Itu lah mengapa saya begitu kepo bin kemalnya (kepo maksimal) untuk membaca buku ini.


Penulisnya, Timothy D Walker, adalah seorang guru berkebangsaan Amerika yang saat ini tinggal di Finlandia. Ia sudah sering menuliskan pengalaman mengajarnya di berbagai media. Kalau mau kenal lebih jauh, cek blog nya deh di taught by Finland. Di buku ini banyak menceritakan ketika ia mengajar kelas 5 di sebuah sekolah negeri di Helsinski. Ia mulai mencatat rahasia-rahasia dibalik kesuksesan  sekolah-sekolah Finlandia. Ia mengumpulkan semua temuan itu dan menuliskannya di buku ini. Ia ingin agar para pengajar bisa dan tahu cara untuk mengimplementasikan di kelas-kelasnya.


Apa emak ga nambah kepo? coba tengok saja salah satu daftar isinya :

  1.  jadwal istirahat otak
  2.  Belajar sambil bergerak
  3.  Menyederhanakan ruang
  4.  Masuk ke alam liar
  5.  Mengenal setiap anak
  6.  Merayakan pembelajaran anak
  7.  Mengejar mimpi kelas
  8.  Menghapus bullying
  9.  Kemandirian
  10.  Memanfaatkan teknologi, dan seterusnya


Timothy membagikan 33 cara atau strategi sederhana untuk membuat kelas agar menyenangkan. Buku soft cover yang di design dengan gambar ciamik dan menarik ini. Wajib dibaca oleh kita, selaku orang tua dan pendidik yang menginginkan pendidikan terbaik untuk anak-anak. Buku setebal 190 halaman konten, akan membuat kita terbelalak bahwa untuk mendidik seorang anak itu dibutuhkan orang sekampung. Bukan hanya saya dan kamu, tapi kita dan mereka.


Minggu ini kenikmatan saya pun bertambah, dengan hadirnya buku ini, artinya, suplemen otak saya minggu ini amaaan. Segera miliki bukunya ya, rekomen bangeeud, maak. Ciyus...!

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial