Home / Artikel Orang Tua Macam Apa Anda

Orang Tua Macam Apa Anda

Orang Tua Macam Apa Anda

Resensi Buku Parenting

Rabu, 20 September 2017

img-1534215667.jpg


Dulu, 13 tahun yang lalu, saat saya membaca judul buku ini, saya sempet mikir, iya ya, orang tua macam apa saya? Belum lagi dengan warna cover bukunya yang paling mencolok dari buku-buku yang berjajar di sebelahnya. Warna kuning, maak. tulisan besar-besar berwarna biru terlihat kontras, cantik dan sedap di mata. Tak hanya itu, ada beberapa karikatur yang mewakili macam-macam model orang tua. Dan percayalah, saya ada di salah satu karikatur itu. Hahaha... Bukan satu, bahkan lebih dari tiga. Owmaigaat.... Tapi tetap dominan di satu area. Hehehe


Buku terjemahan ini karya seorang penulis, pendidik dan pembicara publik, Janet Levine. Pengalaman 18 tahun mengajar, penulis tema-tema pendidikan di berbagai media dituangkannya dalam buku ini. Oia, beliau juga ahli di bidang Ennaeagram loh. Salah satu ilmu untuk mengenali watak dan kepribadian kita sendiri dan orang lain.  Sepertinya, buku ini juga banyak diwarnai dari ilmu itu.  Baca deh. Kita  akan dikenalkan bagaimana mengenal diri kita sendiri sebelum mengenal orang lain. Bagaimana kita diajak untuk mengenali kepribadian orang lain melalu metode Ennaeagram. Namun kali ini dari kacamata kita sebagai orang tua. Dari judulnya saja, sudah mulai menghipnotis saya untuk segera memilikinya. Saat itu, memiliki dua orang balita yang lagi seru-serunya, jauh dari orang tua, terbatasnya seminar-seminar parenting, maka buku menjadi salah satu guru dan tempat saya belajar.


Buku ini didasarkan pada teori Ennaeagram yang menggambarkan sembilan sudut pandang atau strategi sembilan kecerdasan. Model yang  yang  didasari juga oleh sembilan pola pemikiran, perasaan, motivasi dan persepsi. Tiap-tiap model mewakili cara pandang yang berbeda terhadap dunia. Mudahnya, kalau kita sudah mengenal lebih dalam kelebihan dan kelemahan kepribadian kita, mengerti betul apa yang harus dilakukan saat melakukan ini dan itu, maka kita akan mudah melakukan hubungan yang baik dan kuat terhadap orang lain.


Sebelum melangkah jauh pada macam-macam tipe kepribadian orang tua, kita diajak terlebih dahulu untuk memahami apa yang yang menjadi motivasi dominan pada diri kita. Ada sembilan pernyataan yang harus kita pilih demi menemukan dominan kepribadian yang kita miliki. Pernyataan-pernyataan yang asyik. Karena kita akan memahami pola dominan yang ada di diri kita. Tak hanya itu, untuk memudahkan, kita akan dikelompokkan berdasarkan hasil pola dominan tadi ke dalam kelompok  Attacher (yang bergerak ke arah orang lain), Detacher (yang bergerak menghindari orang lain) atau  Defender (yang bergerak melawan orang lain). Menurutnya, manusia itu merupakan gabungan kompleks dari ketiga model tingkah laku tersebut, tapi hanya ada satu model yang paling dominan.


Jadi, apa saja sembilan macam orang tua menurut Ennaeagram? Ini dia :

1. Tipe Penolong

2. Tipe Pengatur

3. Tipe Pemimpi

4. Tipe Pengamat

5. Tipe Pencemas

6. Tipe Penghibur

7. Tipe Pelindung

8. Tipe Pendamai

9. Tipe Penasihat Moral


Stt ... tahukah maak, yang paling saya suka dari buku kuning ini adalah selain contohnya dalam urusan anak, strategi dan rekomendasi bagi setiap tipe orang tua, pembaca juga diberikan saran-saran untuk mencoba melakukan ini dan itu yang bisa dicoba di rumah bersama anak. Sisi positif dan negatif dari masing-masing tipe pun diberikan lengkap. Jadi semakin tahu apa kelebihan kita, bagaimana cara mengelolanya agar anak pun bahagia dengan perbedaan atau persamaan pola kepribadian.


Di akhir buku pun dijelaskan mengenai sejarah, riset dan teori tentang studi kepribadian. Kalau mau lebih jelas lagi, beliau membuka ruang diskusi melalui email dan websitenya yang tercantum di akhir halaman buku ini loh.


Ya, buku ini hanya pilihan bacaan ilmu dunia yang mungkin perlu diketahui. Jangan pernah lupa untuk selalu memberikan pondasi ilmu akhirat yang kuat pada keluarga kita ya mak. Tapi ingatlah, bahwa sebenarnya, guru terbaik dalam mendidik anak itu adalah anak itu sendiri.  Mau baca bukunya? yuuk, main ke perpus sederhana saya di rumah. Hehehe



Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial