3 jenis barang yang wajib disiapkan saat wabah

3 jenis barang yang wajib disiapkan saat wabah

“Allah menyiapkan kekuatan saat ujian datang, mendatangkan ketangguhan untuk mendidik kesabaran dan mengambil sesuatu untuk mendidik keridhoan kita”

Sudah satu bulan lebih kita tak lagi bisa melakukan sosialisasi fisik, bekerja ke kantor pun dialihkan ke rumah melalui daring. Belum lagi seluruh lembaga pendidikan 'terpaksa' belajar di rumah. Kita didesak oleh kondisi untuk beradaptasi dalam banyak hal. Mulai dari belajar mengelola waktu saat seluruh keluarga berada di rumah terus menerus, belajar mengendalikan emosi hingga menyiapkan segala keperluan logistik rumah tangga yang tentu saja berbeda dari sebelumnya. Bila sebelum peraturan di rumah saja selama wabah coovid 19 menyerang Indonesia kita belum aware tentang kebutuhan logistik, saat ini mau tak mau kita harus menyiapkan logistik minimal untuk 14 hari ke depan saat tak boleh keluar rumah. Lalu apa yang perlu kita siapkan saat seluruh anggota keluarga berkegiatan di rumah?


Sekalipun anak-anak memang home schooling, kondisi saat ini menjadi berbeda karena menghilangkan kegiatan luar ruang. Jadi betul-betul semua aktivitas dilakukan dari rumah. Rencana magang atau bertemu dengan orang lain diundur dan atau menggunakan daring untuk kelanjutan projeknya. Di minggu-minggu pertama terasa sekali adanya kebutuhan yang ternyata baru kami sadari selama di rumah saja. Kami perlu meyiapkan ini itu yang ternyata di rumah persediaannya tidak ada atau terbatas. Hingga akhirnya keluarlah tulisan ini sebagai bagian dari refleksi di rumah saja selama pandemi.

Berikut ini beberapa barang yang perlu disediakan di rumah untuk berkegiatan dan  sebagainya, saat wabah menyerang. 

1. Makanan

Ini penting nih, saat semua anggota keluarga ada di dalam rumah, ketersediaan makanan sangat diperlukan. Makanan yang bisa bertahan beberapa hari beberapa minggu bisa disesuaikan dengan jumlah dan kebutuhan anggota keluarga. Pilihannya mulai dari beras, kacang-kacangan, frozen food, telur, bumbu jadi, gula hingga pasta. Untuk buah-buahan segar, bisa bertahan hingga 4 hari. Yang perlu diingat adalah jangan sampai panic buyying ya. Sediakan makanan hingga kebutuhan dua minggu cukup. Kita bisa memanfaatkan penjualan online bila logistik mulai berkurang. Jadi kita tetap bisa di rumah saja.  Oia, belum lagi kalau anak gede yang porsi makannya luar biasa, doyan makan seneng camilan. Maka menyiapkan makanan untuk 14 hari perlu disiapkan dan dikelola dengan baik.


2. Obat-obatan dan personal care

Selama masa di rumah saja, obat-obatan menjadi penting disediakan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk menyediakan penutup luka, termometer, obat penurun panas, obat flu, obat luka luar hingga obat khusus bagi keluarga yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Kami juga menyiapkan suplemen vitamin C serta madu yang rutin diminum. Simpan kotak obat ini di tempat yang mudah dijangkau orang dewasa. Untuk personal care ada satu yang tak boleh terlupa adalah pembalut wanita. Penting banget ini.


3. Pembersih rumah tangga

Saat di rumah saja, saat wabah penyakit menyebar di mana-mana, biasanya bebersih akan menjadi prioritas. Ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi hingga dapur tak luput dari area yang harus dibersihkan demi kesehatan keluarga. Tak hanya pembersih ruangan, seperti sabun, disinfektan pun perlu disiapkan selama masa di rumah saja. 


Yang perlu diperhatikan adalah bila kemudian mendapati tetangga kita yang mungkin terkena dampak wabah.  Bisa saja mempengaruhi sisi finansial sehingga mereka kesulitan untuk menyiapkan minimal tiga hal di atas. Maka saling membantu adalah jalan keluar terbaik untuk saling menguatkan satu dengan yang lain.


Itulah tiga hal yang paling mendasar, yang wajib ada di rumah saat kondisi seperti ini.  Ada lagi ga ya?

Sumber : https://azkail.com/3-jenis-barang-yang-wajib-disiapkan-saat-wabah-detail-425970