7 tips hemat ala emak

7 tips hemat ala emak

Maaak,


👚 Pernah ga kalap belanja saat diskon gede dipampang di jalan-jalan?
👠 Pernah ga ke pasar niih, rencana mau beli ABC, eeeeh malah beli DEF?
💄 Pernah ga pas udah nawar barang, trus ada barang lain yang lebih heitsz, barang pertama ga jadi dibeli malah beli barang kedua?


Aiiiihhh... itu bahaya tingkat dewi looh. Sini tak bisikin 7 tips hemat ala emak... (emak sok teuuu) 😊


1. Tuliskan barang yang BUTUH dibeli
Biasakan menulis barang yang akan dibeli ya mak. Karena kata Baginda Rosul, pasar dan kamar mandi adalah rumahnya syaiton. Jadi wajar banyak 'diganggu' pengen ini itu kalo di pasar. Sstt... ada doanya juga kalo mau masuk pasar loh. Nanti emak cari, tapi, selama ini siih, berdoa pake bahasa sendiri aja, intinya minta dijauhkan dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan sia-sia saat berada di pasar. Kalo ada yang tau, boleh share di komen yak ttg doa masuk pasar.


2. Sudah ditulis? KONSISTEN dengan isi tulisan.
Jangan pernah mendua, mentiga dan seterusnya saat lihat barang ketjeh. Tutup mata tutup dompet.


3. Bawa uang cash aja yang PAS ama kira2 total belanjaan.
Emak-emak kan jago ngitung perkiraan tuuh. Bawa dah uang total seharga kira-kira tadi. Kalo emak sampe bawa atm, titipin paksu saat emak ada di pasar. Dan berdoalah minta dijauhkan untuk minta atm ke paksu ya. Hahaha


4. Urutkan dan klasifikasi lokasi barang yang akan dibeli. 
Misal, emak butuh beli buah semangka, krupuk mentah, timun, bihun, sapu, serbet. Maka, beli semangkanya terakhir pas mau pulang. Biasanya tukang buah kan ada di emperan parkiran. Ini untuk mengatur waktu biar efektif lagi efisien. Aihh, emak keren kaan. Ke pasar juga butuh ilmu time management yang oke looh #norak


5. Maak, biasakan beli barang di toko langganan. Kalo diye tutup, beli di sebelahnye. Kagak usah nyari blesek-blesek ampe dalem pasar kalo cuma nyari timun doang. Kecuali emang toko langganannya di dualam pasar ya.


6. Jangan lupa untuk cek catatan sebelum pulang. Mana tau ada yang ketinggalan belum dibeli.


7. Terakhir, langsung pulang ya setelah semua barang selesai dibeli. Selalu gunakan kacamata kuda kalo pas ke pasar atau ke mall.


Emak hemat
Suami makin lekat
Uang bulanan banyak sisa
Emak bisa halan-halan macem horang khaya

Sumber : https://azkail.com/7-tips-hemat-ala-emak-detail-53988