Aplikasi Keren Ini Mendekatkan yang Jauh

Aplikasi Keren Ini Mendekatkan yang Jauh

Perlu ngumpul tapi jarak dan lokasi berjauhan?

Kangen seseorang nun jauh di sana dan perlu lihat wajahnya? #uhuk

Butuh meeting penting segera dengan tim tapi lokasi terpisah oleh laut dan gunung?

Udah coba aplikasi zoom belum, mak?

Di era layar seperti sekarang ini, yang sulit bisa jadi mudah. Yang mudah baiknya jangan dipersulit. Hihihi. Sebagian besar aktifitas kita itu bisa dimudahkan dengan satu jari via ponsel pintar. Semua dalam genggaman. Males masak tapi laper? Mainkan jempolmu, mak. Makanan kesukaan pun bisa datang saat emak slonjoran di teras. Cuma itu aja? Aiih, banyak aplikasi bantuan yang bisa memudahkan pekerjaan emak di rumah.


Salah satu aplikasi seru lainnya mungkin bisa emak lihat di sini


Pemanfaatan aplikasi keren-keren dari gadget itu kudu pinter-pinter mengelolanya. Bagai dua mata pisau yang kalau digunakan untuk tujuan baik, akan jadi bermanfaat. Bayangkan kalau nyandu sudah terjadi.Tips ini Mungkin bisa kita gunakan biar ga nyandu sama gadget.


Nah, ngomong-ngomong soal aplikasi, ada sebuah aplikasi keren yang sudah released sejak 24 Januari 2013. Aplikasi ini saya kenal beberapa tahun lalu saat butuh ketemu tatap muka dengan rekan satu tim saya di pekerjaan sekolah yang saya handle. Waktu itu kondisinya saya lagi ada di luar kota, sedangkan saya butuh ngumpul karena harus ada yang segera dieksekusi berdasarkan file yang saya punya.


Ndilalah, tahun lalu saat menjadi fasilitator, di perkuliahan online institut ibu profesional, kami diperkenalkan itu sebagai bagian proses pembelajaran. Seru aja. Berasa mengulang kembali masa-masa ituuuh #eaaa. Dan ternyata sudah banyak dilengkapi pada fitur-fiturnya loh. Keren. Tulisan ini kembali saya perbaharui menyesuaikan kondisi aplikasi saat ini.


Aplikasinya bernama zoom. Sebelum masuk bagaimana cara memanfaatkannya, baiknya kenalan dulu dengan manfaat aplikasi ini ya.

Berikut ini manfaat yang bisa kita ambil:


1. Bisa digunakan untuk teleconference dengan maksimal 100 participant. Banyak bet yekaan. Bisa buat arisan se RT maak.


2. Penggunaannya bisa muncul bentuk video atau phone call dengan banyak orang di satu waktu dari berbagai lokasi selama ada internet yang terhubung.


3. Bisa mengirimkan teks, gambar, file, slide atau sambil oret-oret di layar yang bisa diterima dan dilihat seluruh participant. Cocok untuk kebutuhan meeting jarak jauh.


4. Interaksi dengan participant bisa dalam bentuk video, suara, teks atau gabung dari ketiganya.


5. Bisa direkam selama proses teleconference berlangsung yang bisa diatur mau disimpan di mana file rekaman itu di PC kita.


6. Tersedia free trial 40 menit untuk maksimal 100 participant. Kalau hanya berdua aja ama doi, unlimited loh. Jadi tak ada lagi alasan merindu yekaaan.


7. Bisa digunakan di android, IOS, windows atau mac juga loh


Baiklah, saya akan coba share tahapan sebagai host yang akan mengundang audiencenya melalui PC atau leptop dulu ya mak.


1. Datang aja ke webnya di Zoom

                                                    img-1566916965.jpg


2. Sign in  melalui facebook atau google kalau Anda sudah punya akunnya. Kalau belum, sign up ya.

(Kalau Anda hanya ingin sebagai partisipan aja, berhenti di tahap ini, tinggal menunggu undangan berupa link dari hostnya)


img-1566917429.jpg



3. Pilih house a meeting ada kanan atas layar

Ingat, saat ini Anda menjadi pengundang/host ya, mak. Maka akan muncul seperti ini:


img-1566917618.jpg


Artinya, di PC Anda belum ada aplikasi zoom nya. Lanjutkan dengan menyimpan berkas itu sesuai tanda panah. Ingat-ingat simpen di mana yaaa aplikasinya.


4. Buka file donlotan zoom installer tadi di mana disimpan, saat open file maka akan muncul seperti ini:

img-1566914268.jpg


5. Masuk lagi ke webnya zoom di http://zoom.us/  lalu pilih host meeting. Kalau sudah muncul profile picture di kanan atas layar artinya Anda sudah sign in di zoom. Lanjutkan dengan memilih host a meeting  untuk mengundang.


img-1566916679.jpg



6. Pilih with video on. Sudah masuk deeh. Nanti akan muncul seperti ini;

img-1566917902.jpg

7. Klik join with computer audio. Biar ada suaranya saat mamak manggung. Biar bisa mendengar partisipan.

img-1566918081.jpg


8. Bersiaplah untuk mengundang partisipan lain. Pilihan undangan bisa melalui copy link atau via email (yahoo atau gmail) setelah klik Invitation di panah no 1.



img-1566918806.jpg


Sekarang kita kupas satu-satu isi fiturnya yuuk

1. Icon microphone

img-1566921086.jpg


Segala pengaturan suara headset, microphone dan speaker ada di sini. Anda juga bisa mematikan fungsi microphone dengan meng-klik icon microphone sampai muncul tanda garis diagonal di icon mic nya.


2. Icon Video

img-1566921479.jpg




Anda bisa atur video (video setting) dengan ragam pilihan sebagai berikut :

img-1566921616.jpg


3. Icon share

Anda bisa berbagi file, gambar atau video dari PC.  Bisa juga menampilkan  file sambil dicorat-coret memanfaatkan fitur  pencil icon  Perhatikan nomor urut pada gambar di bawah ini :

img-1566922633.jpg


Saat tombol share di klik, ada beberapa fitur lain yang bisa dikulik di icon-icon paling atas. Salah satunya adalah more, tanda titik tiga di icon paling kanan atas. Termasuk kalau Anda sebagai host, akan mengakhiri meeting. Ini lah yang muncul:


img-1566922881.jpg


Mengundang sebagai host melalui android

1. Download di playstore dulu ye maak. Sign in pake facebook aja kalau sudah punya, lebih cepat. Lalu, taraaa, muncul deh foto profile FB kita. Klik start meeting untuk memulai. Kalau hanya sebagai partisipan, cukup sampai tahap ini sudah bisa menggunakan aplikasi zoom. Tinggal menunggu link undangan dari host.


img-1566925862.jpg ===>img-1566926047.jpg===>img-1566926130.jpg


2. Pastikan saat memulai meeting, video nya sudah on ya. Enaknya di HP, Camera-nya bisa depan dan belakang saat bervideo ria. Tapi yang ga enak, kalau mau tau sapa aja yang hadir meeting, kudu geser layar. Bayangkan kalau pemirsanya 100 orang. Tentu saja fasilitas menggunakan HP dan PC saat nge zoom, berbeda ya. Fiturnya jauh lebih lengkap saat menggunakan PC.


Sebagai host nanti, perlu link untuk diberikan kepada pemirsah. Cek di icon participants, pilih invite lalu copy URL linknya deh.


img-1566926297.jpg===>img-1566926749.jpg===>img-1566928000.jpg


3. Mau share file, gambar atau lainnya? pilih aja icon share. Mau kirim pesan teks ke sesama partisipan atau privat langsung ke host? Klik aja tulisan chat pada layar. Ayo diulik fitur-fiturnya ya.


img-1566928130.jpg===>img-1566928275.jpg===>img-1566928312.jpg


4. Mau menyelesaikan meeting? Cukup klik end meeting di pojok kanan atas layar. Otomatis, seluruh partisipan tidak akan bisa mengakses kembali meeting room Anda. Yang perlu diingat adalah, kalau Anda memanfaatkan fasilitas gretongnya, hanya 40 menit aja ya mak. Ada remindernya di layar host tinggal berapa menit gitu.


Lalu bagaimana kalau kita sebagai partisipan? Masuk dengan cara yang sama, lalu pilih join meeting dan masukkan kode undangan yang telah diberikan oleh host. Atau kalau di HP sudah ter donlot aplikasi zoom, saat host memberikan link zoom meeting, Anda tinggal klik link itu. asuk deh ke zoom meetingnya.


Saran saya sebelum menggunakan aplikasi zoom adalah :


1. Pastikan kuota aman terkendali

2.Gunakan PC atau leptop untuk memudahkan saat memanfaatkan fitur-fitur pengelolaannya. Terutama bila Anda sebagai host. Bila host menggunakan HP, saat host akan membagi file dan sejenisnya, tampilan di partisipan itu video dalam kondisi freeze, ga asyik dilihat kalau pakai HP.

3. Gunakan headset atau earphone untuk memperjelas komunikasi dua arah. Wajib 'ain bagi yang menggunakan gawai ya. Ga bisa loud speaker soalnya, mak.

4.Dan jauhkan dari jangkauan anak-anak ye maak saat beneran lagi meeting. Mereka akan sama keponya dengan kita saat pertama kali menggunakan aplikasi ini. Khawatir meeting  jadi ga khusyuk.

Libatkan anak saat ingin menggunakan aplikasi ini antar keluarga. Pasti seru.


Itu aja sih. Semoga bermanfaat yaa. Jangan ragu untuk memberikan komentarnya. Mana tau ada aplikasi serupa yang perlu saya coba.


Semoga yang sedang merindu dengan seseorang disana, terfasilitasi ya kangen-kangenannya via zoom. Biar ga berat nanggung rindu...Hihihi

Ups, hampir lupa
Question And Answer yang paling sering muncul saat nge-zoom

1. Bisa tetap ikutan zoom kah walau ga donlot aplikasinya?
Bisa kalau Anda sebagai pemirsah bukan host. Masuk dari websitenya aja. Pilih join meeting. Done. Kalau sebagai host, baiknya donlot. Biar ga ambyar fitur-fiturnya.


2. Bisa recording  ga selama meeting berlangsung?
Bisa. Hanya host yang bisa recording. Dan hanya bisa dilakukan di PC atau leptop. Dari hp ga bisa.


3. Bisa ngundang partisipan sebelum acara tanpa mengurangi jatah 40 menit gratisnya kah?
Bisa. Pilih schedule, buat meeting plan. Lalu copas URL linknya. Dan kirim ke partisipan. Saat akan mulai nanti,  tinggal klik start aja. 


4. Bisa berapa orang yang jadi host untuk fasilitas gratisnya?
Hanya satu orang saja yang bisa menjadi host. 


5. Kenapa tidak keluar suaranya saat saya gabung meetingnya ya?
Bila menggunakan HP, gunakan earphone.  Saat klik join link undangan dari host, pilih audio dan video bila muncul pilihan. Kalau sudah di dalam meeting tetap belum keluar suaranya, leave meeting dulu, lalu masuk lagi menggunakan link undangan host, lalu pilih audio dan video.


6. Bedanya apa dengan zoom yang berbayar?

Beda di durasi, jumlah partisipan dan jumlah host. Kalau yang gratis hanya 40 menit, 1 host dan maksimal 100 partisipan. Kalau yang berbayar, durasi 24/7, 24 jam 7 hari nonstop bebas guna, jumlah partisipan 100 hingga 1.000 dengan jumlah host hingga 50 orang. Siapkan kocek mulai dari 14.9 dollar hingga 19.9 dolar aja. Aman dah.

Sumber : http://azkail.com/aplikasi-keren-ini-mendekatkan-yang-jauh-detail-417144