Begini Seharusnya Mendidik Anak

Begini Seharusnya Mendidik Anak

Butuh mencari buku yang bisa membantu mendidik anak sejak dalam kandungan hingga anak akan menikah yang sesuai dengan ajaran islam?

Perlu banget panduan tentang bagaimana pendidikan pra sekolah sesuai ajaran islam?

Mulai kesulitan mendidik sang dewasa muda?

Pengen tahu cara mendidik anak laki-laki dan perempuan?

---

Buku terjemahan dari kaifa turobbi waladan shalihan karya al Maghribi bin as Sa'id al Maghribi ini bisa menjadi pilihan bacaan minggu ini. Buku setebal 280 halaman ini akan mengupas habis penjelasan tentang bagaimana seharusnya mendidik anak. Tak tanggung-tanggung, belau menjelaskan berdasarkan al quran dan hadist sejak dalam kandungan hingga anak menikah.  Penjelasannya holistik banget. Puas. Terbuka mata kita terkait pendidikan anak yang seharusnya.


Di bab pertama kita akan dikenalkan dengan dasar-dasar pendidikan dalam manhaj islam. Isinya seputar prisnsipp pendidikan sebelum menikah dan etika serta hukum islam seputar pernikahan.


Pada bab kedua baru masuk pada pendidikan sejak hamil, kelahiran anak hingga interaksi ibu dengan anak. Ditambah dengan apa saja sih yang harus kita berikan pada anak tentang hak-haknya. Ada penjelasan tentang waris, tahnik bayi menyusu dan manfaatnya, aqiqah sampai pada khtan bagi anak laki dan perempuan. Semua lengkap termasuk al quran dan hadis-hadisnya.


Di bab ketiga tentang pendidikan saat usia pra sekolah, penanaman ahlak sejak dini etika dalam islam hingga pada bagaimana pemanfaatan dan baik buruknya televisi, internet, telepon dan sejenisnya yang bisa mempengaruhi keshalihan seorang anak. Bab ini nonok banget nih buat saya. hehehe.


Pada bab keempat kita akan melajar tentang ibadah. Ibadah apa saja yang harusnya anak lakukan di usia tertentu. Lalu masuk ke bab lima tentang bagaimana sih cara amannya mendidik anak laki dan anak perempuan. Ini menarik, karena beliau juga memasukkan beberapa kisah yang bisa menyemangati kita tentang kehidupan para sahabat  dan keluarga dalam mendidik anak. Oia, di bab ini juga dijelaskan bagaimana kita menjelaskan seks kepada anak loh. Ada banyak sekali contoh yang dijabarkan tentang kehidupan rosul tentang seks ini. Jarang sekali buku yang menjelaskan bab penting ini kalau menurut saya. Karena memberikan pengertian tentang seks banyak dipandang tabu dan sebelah mata oleh banyak orang tua. Tapi ternyata islam punya caranya bagaimana kita, sebagai orang tua, bisa mengajarkan hal itu dengan tepat.


Nah, di bab terakhir, penulis memberikan banyak sekali bimbingan, nasihat, kisah dari banyak kejadian yang bisa kita ambil hikmahnya dalam mendidik anak jaman now.


Buku ini betul-betul saya rekomendasikan untuk para orang tua yang perlu dan mulai kesulitan mendidik anak. Tenang mak, ga sendirian kok mengalami naik turunnya rasa emesss mendidik anak. Yuuk, baca buku ini deh.


img-1570030528.jpg

Sumber : http://azkail.com/begini-seharusnya-mendidik-anak-detail-418127