Channel Youtube Menarik Layak Tonton

Channel Youtube Menarik Layak Tonton

“Orang bahagia itu semangatnya setiap hari. Ayah Nobita-Doraemon”


Aktivitas apa yang membuatmu bahagia hari ini, Mak?
Apa yang mamak lakukan saat di rumah aja saat covid 19 menyebar masiv?
Makan-makan? Memasak? Membaca buku? Berkumpul bersama keluarga ? Beberes rumah? Atau  nonton film di youtube? Aktivitas paling seru buat saya selain membaca buku adalah berkumpul bersama keluarga sambil nonton film. Dapet semuanya. Bayangkan mak, saat nonton bersama keluarga, perasaan senang berkumpul sambil selonjoran makan popcorn atau kuaci itu nikmat tiada tara. Sudah pernah mencobakah?


Oia, yang mau nonton film pendidikan, bisa dilihat di sini ya mak rekomendasinya. 


Nonton film bisa dilakukan di rumah. Entah menggunakan projektor macem layar tancep, misbar (gerimis bubat), televisi atau dari internet langsung. Dari semuanya, saya paling nyaman nonton dari internet sih. Karena banyak website yang memberikan kemudahan untuk menonton yang legal. Kita tinggal memilihnya. Setiap hari selalu berada di rumah, keluar hanya untuk membeli barang kebutuhan saja dan itu pun dilakukan dua minggu sekali. Aktivitas sosial sangat dibatasi. Kalau perlu tahu 3 bahan penting yang harus ada di rumah saat wabah seperti ini, bisa baca di sini ya . Bisa menambah stress bagi yang tidak siap menerima kondisi darurat seperti ini. Maka belajar menerima keadaan dengan tetap menjaga tingkat kewarasan menjadi hal yang penting. Menyuplai hormon endorfin ke otak menjadi imun terbaik buat kita saat ini. Dan menonton bisa menjadi salah satu alternatif menaikkan endorfin itu. 


Menonton film apa? Di mana?

Karena televisi isinya nyaris berita seputar covid 19 dan teman-temannya, saya mulai mengurangi nonton berita biar ga terlalu parno. Dan saya beralih nonton youtube channel. Dari situ terbuka ruang belajar baru tentang youtube dan variasi konten yang ditawarkan oleh para youtuber. Memang sih, intens nonton youtube itu ga lama.  Paling dengerin para pianis atau gitar akustik, lalu disambi nulis ngerjain tugas. Tapi setelah azkail suka ngobrolin nama-nama youtuber yang mamaknya ga nyambung, kepo lah saya. Lalu saya direkomendasikan tujuh channel youtube oleh si sulung.


Setelah beberapa kali nonton, keren juga. Ada sesuatu yang baru yang disampaikan dalam cerita yang mereka sajikan.

Saat tadi sore saya tanya,

"Kenapa channel itu yang direkomendasikan, mas?" 

Si mas cuma jawab :

"Selain konten yang menarik, video yang disajikan juga rapi, enak dilihat karena mereka ngeditnya halus."


Saya manggut-mangggut dong sambil berusaha mengingat beberapa channel itu. Saya yang ga ngerti blass soal per editan video merasa bagus-bagus aja. Hahaha. Kemudian saya mendapatkan sedikit pengetahuan seputar editing video. Diperlihatkan mana yang halus dan mana yang tidak. Mana pengambilan gambar yang cantik enak dlihat dan tergambar tanpa perlu ditambahkan penjelasan suara atau teks, mana yang biasa saja bahkan mana yang jelek. Aah....nonton aja ada racikannya, biar enak dan bermanfaat. Ya iya laaah. Itu mengapa para youtuber artis dan orang yang terniat itu sengaja mengeluarkan kocek besar untuk menghire orang-orang yang berkompeten di bidang video.


Baiklah, ini dia  rekomendasi channel youtube yang menarik untuk ditonton.


1. Anatman Picture

Ini adalah link pertama yang sulung saya berikan untuk ditonton saat itu. Saat nge klik linknya, darah saya tersirap. Ada sisi lain pekerjan yang tidak saya kenal. Pekerjaan penting yang kalau tak ada mereka, tentu akan berimbas tak terkelolanya jenazah tanpa identitas. Yang saya suka dari channel ini tuh durasinya ga makan waktu. Jauh lebih pendek dari channel artis-artis yang kontennya ga berbobot. Kontennya sarat informasi dan deep insight untuk yang menonton-untuk saya terutama. Kontennya banyak mengangkat kehidupan sosial yang sering tak terlihat oleh kita dalam masyarakat. 


img-1588460906.jpg


2. Matt D'Avella
Matt D'Avella adalah seorang film maker dan seorang minimalist, begitu ia menamakan dirinya. Nyaris seluruh videonya tuh berisi apa dan bagaimana ia menjalankan hidup minimalist dari kacamatanya. Banyak konten yang ia buat terkait kesehariannya meminimalisir banyak hal. Termasuk saat ia menularkan gaya hidup ini kepada istrinya untuk decluttering isi lemari pakaian dan pengelolaan folde-folder dalam leptop. Atau bahasa kerennya digital minimalist baik di ponsel ataupun di komputer.  Dan konten itu yang paling saya suka. Bagaimana ia menularkan bahwa gunakan seperlunya dan miliki sesuatu itu sesuai kebutuhan bukan keinginan, akan memberikan kebahagiaan dan ketenangan luar biasa pada diri kita.


Kalau lagi butuh semangat untuk bebersih rumah, tonton konten itu dulu deh, mak, biar naik indeks ikhlasnya pada barang yang akan dilepas. Ia memberikan tips dirinya sendiri ditambah dari beberapa pakar terkait hal itu. Secara logika dapet sih untuk beberapa tips, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kita masing-masing. Karena konten apa dan bagaimana minimalist dalam kehidupan sehari-hari inilah, viewernya mencapai jutaan. Nyaris di sebagian besar video yang telah ia buat pun sampai jutaan yang nonton. Yang bikin betah adalah sebagian besar video kontennya ga menghabiskan waktu banyak namun lagi-lagi deep insight


img-1588461699.jpg


3. Architectural Digest

Ini adalah channel bahagia saya. Kalau lagi butuh yang seger-seger melihat design rumah, mampir ke sini. Mulai dari konten open door nya rumah para artis hollywood hingga tokoh dunia ada di channel ini . Yang paling banyak dikupas terkait arsitekur luar ruang. Halaman belakan, halaman depan rumah, taman, ruang bermain. Walau sekarang belum mampu untuk memiliki seperti yang ada di video, tapi minimal terinspirsi dan ter wow akan inovasi para arsitektur dalam membuat sesuatu yang keren dan kreatif seperti yang ditampilkan dalam video.


Ada juga playlist yang bisa kita lihat tentang rumah-rumah unik yang tersebar di dunia. Ini bikin geleng-geleng kepala karena ide liarnya bisa menjadikan sesuatu yang bermanfaat dan mewah dengan harga 'murah'. Selain versi digitalnya bisa kita tonton, AD juga mengeluarkan versi cetaknya dalam bentuk majalah. Tapi lebih asyik nonton di videonya sih, karena kita bisa tahu dari penjelasan dan kisah dari pemilik rumahnya langsung. Kalau Anda sedang membangun rumah, channel ini bisa menjadi salah satu rujukan untuk arsitektur luar ruang. Cek aja.


img-1588463293.jpg



4. Collin Rocka

Seorang traveller yang suka menceritakan perjalanannya ini mendapat sambutan luar biasa. Ia memilih konten yang berbeda. Tak hanya mengupas harga murah meriahnya  penginapan saat travelling, tapi juga main ke blackmarket yang ada di negara yang ia singgahi. Ke indonesia juga loh. Di salah satu videonya ia menawar sepatu harga 7 juta tapi bisa dibeli dengan ahrga ratus ribu saja. Gilak. Saya suka dengan gaya bicara dan kepiawaannya saat nawar barang. Saya ga sampe segitu juga kalo nawar barang soalnyaaa. Hahaha. Tapi dari konten yang ia bangun ini, banyak viewernya, termasuk saya jadi tahu bahwa ada banyak blackmarket di mana-mana.


Menariknya, Collin ini ga cuma gigih banget kalo dah nawar tapi akan selalu ditutup dengan pandangannya terhadap blackmarket yang baru saja ia temui dengan menggedukasi penontonnya. Dari kontennya kita tak hanya tahu membedakan mana barang branded dan KW. Tak hanya itu, bagian dari menghargai karya orang lain, Collin pun mengedukasi untuk tidak membeli barang KW. Kalau ga mampu beli barang asli yang terkenal, ya cukup brand lokal aja. Hidup itu berat karena style kita kok. Konten saat dia berada di blackmarketnya Beijing sampai tembus 25 juta viewer. Mantab, gan!


img-1588472673.jpg


5. WatchDoc Image

Semenjak konten channel ini yang berjudul sexy killer mencuat ke media, saya kepo mulai nonton beberapa kontennya. Isu sosial yang belum pernah diungkap televisi nasional, watch doc mampu mengungkapkan dengan penjelasan dan gambar yang akurat. Banyak terkaget-kaget saya dibuatnya tentang negeri +62 ini. Tonton, deh, mak. Biar makin melek tentang bagaimana keadaan Indonesia yang tak tersentuh media atau yang kadang luput dari penglihatan kita. 



Gimana rekomendasi saya kali ini? Sudah ada yang pernah nonton kah? Atau ada yang mau nambahin lagi? Ceritakan di kolom komentar ya.

Sumber : https://azkail.com/channel-youtube-menarik-layak-tonton-detail-426002