Inilah Manfaat Dibalik Puasa

Inilah Manfaat Dibalik Puasa

Allah berfirman, ‘Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.’ (al-Baqarah: 183)

Ayat Al quran di atas sangat populer bila kita mendiskusikan tentang puasa. Sepertinya menjadi ayat alquran terfavorit saat bulan Ramadhan seperti ini. Tak hanya ayat al quran, banyak sekali hadist-hadist yang menceritakan manfaat puasa atau kisah yang berhubungan dengan puasa. Namun diluar itu semua, saya tergelitik mencari tahu, apa ya sebenarnya manfaat puasa itu? Mengapa Allah mewajibkan ummat islam setahun sekali untuk berpuasa sebulan penuh. Pasti selalu ada hikmah dan  kebaikan di dalamnya yang kita belum tahu. Maka, dibanyak ayat, Allah sering menyinggung dengan kalimat, "apakah kamu tidak berfikir?", "Apakah kamu tidak tahu?" dan seterusnya.


Puasa itu ibadah dan rahasia kedekatan anatara hamba dan penciptanya.Indah yang sangat personal, karena Allah sendiri yang akan memberikan pahala puasa tanpa batas. Masya Allah ya. Sampai Allah pun menyiapkan satu pintu syurga khusus bagi orang-orang yang berpuasa. Semoga kita menjadi hamba yang diberikan kemudahan untuk masuk dalam pintu itu. Amiin.

 

Rasulullah saw. :


الصَّوْمُ لِيْ وَأَنَا أَجْزِيْ بِهِ

Puasa diperuntukkan untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberi pahala puasanya (tanpa batasan jumlah pahala).” (HR. Tirmidzi)


Tah, mak. Kurang apa coba ya sayangnya Allah pada kita. Belum lagi kalau kita cari tahu apa sih sebetulnya manfaat lain puasa selain pahala tadi?. Baiklah, saya mencoba mengumpulkan dalam tulisan kali ini tentang manfaat puasa sependek yang saya tahu. 


Puasa itu menyehatkan badan

Mak, dah banyak para peneliti yang menginformasikan khasiat bin manfaat puasa buat kesehatan tubuh. Sebut saja Mc Fadon seorang ahli kesehatan dari Amerika, ia mengatakan bahwa setiap orang itu perlu puasa, sebab bila tidak maka ia akan sakit. Racun-racun makanan yang ada dalam tubuhnya tak bisa terurai dalam tubuh untuk kemudian keluar. Kalau racun makanan itu sudah keluar, sel-sel tubuhnya akan kembali bersih dan baru secara sempurna. Sel-sel itu akan kembali baru dalam waktu 20 hari setelah berhenti puasa. Pada saat itu lah tubuh akan terasa bugar kembali.


Atau menurut Alexis Carrel, seorang penulis buku Man the Unknown, yang juga pemenang hadiah nobel di bidang kedokteran menyampaikan bahwa banyaknya porsi makanan itu bisa melemahkan fungsi organ dan bisa menjadi tempat tinggal berbagai jenis kuman dalam tubuh. Saat seperti itulah puasa benar-benar bisa membersihkan dan mengganti sel jaringan tubuh.


Ada lagi, menurut Prof. Nicko Lev dalam bukunya, Hungry for Health, menurut beliau, untuk mendapatkan kesehatan yang sempurna, seseorang harus berpuasa selama empat minggu setiap tahunnya.

Padahal, jauh sebelum itu ada, Rosululaah pernah bersabda :

صُوْمُوْا تَصِحُّوْا

Berpuasalah kalian, niscaya kalian akan sehat.” (HR. Thabrani)

jadi, udah lah, yakinlah, bahwa setiap apa yang diperintahkan Rosul itu ada kebaikan di dalamnya. Berpuasalah, badan kita akan sehat.


Membuang lemak

Duh, ya Allah, beneran bisa membuang lemak itu berita paling bahagia buat emak-emak macem saya, loh. Saat berpuasa akan membantu tubuh mengurangi lemak, dan membakar lemak berlebih, terutama di daerah-daerah tertentu seperti hati dan ginjal yang bisa mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya. Namun, tidak selamanya berpuasa itu bisa mengurangi berat badannya mak. Karena kondisi tubuh dan pola makan setiap kita berbeda. Ada baiknya konsultasikan dengan dokter atau orang yang mengerti akan hal ini.


Tunaikan sesuai yang Rosul ajarkan

Dewasa ini banyak sekali ragam diet yang sering kita dengar. Ada model jendela makan yang saat jam tertentu boleh makan apa saja namun di beberapa jam berikutnya harus berpuasa. Artinya, puasa menjadikan salah satu cara yang dianggap sebagai budaya sehat oleh masyarakat. Namun dalam islam, Rosul banyak mengajarkan pada kita terkait puasa. 

1. Akhirkan sahur dan segerakan berbuka puasa

2. Berbuka puasa dengan kurma

3. Minum air rendaman kurma adalah salah satu minuman kesukaan Rosul. Biasa Beliau minum untuk sahur dan berbuka. Caranya, cukup direndam kurma dalam air hangat selama 8-12 jam.

4. Beri jeda saat buka puasa pertama kali dengan kurma dan makanan berat dengan sholat magrib dulu misalnya.


Mungkin masih banyak hal lain yang membuat mengapa puasa itu bermanfaat untuk kita. Tapi, hal yang telah disebutkan di ataslah yang paling menggugah saya. Semoga Allah memudahkan kita untuk terus menjalankan puasa di bulan Ramadhan ini ya. Selamat berpuasa.

#RWCOdop2019
#OneDayOnePost
Day1

Sumber : http://azkail.com/inilah-manfaat-dibalik-puasa-detail-412823