Lebaran Di Mana Tahun Ini?

Lebaran Di Mana Tahun Ini?

Ada yang masih bingung mau lebaran di mana saat pandemi covid 19?
Atau sudah memutuskan untuk tidak berlebaran di kampung halaman?
Mmm...lebaran di rumah aja? 
Lebaran virtual? Atau tetap mau menyambangi satu-satu keluarga?


Lebaran itu biasanya menjadi ajang berkumpulnya seluruh keluarga. Tak hanya di Indonesia, umat islam di banyak negara pun merayakan tanggal pertama bulan Syawal sebagai momentum silaturahmi. Tak hanya berkumpul, tapi juga saling menyambangi satu sama lain. Lokasi yang berjauhan sering tak menjadi penghalang untuk menjalin hubungan silaturahmi. Namun lagi-lagi dalam masa pandemi ini, kita dibatasi pergerakannya. Wabah virus covid 19 telah merebak di banyak tempat. Tak terkecuali di kota saya, kota hujan. Lalu bagaimana lebaran kali ini?


Melakukan pencegahan itu lebih baik. Tidak banyak melakukan aktivitas berkumpul dan tidak keluar rumah menjadi pilihan kami  saat ini. Orang tua di sana pun sudah diinformasikan sejak awal pengumuman pemerintah ditetapkan. Demi saling menjaga satu sama lain, kami bersepakat, lebaran tahun ini  di tempat tinggal masing-masing. Silaturahmi virtual mungkin menjadi pilihan seru. Terbukti sudah beberapa kali kami mencoba berbagai aplikasi video call kepada keluarga. Banyak di fasilitasi fitur-fitur lucu, bisa mengirim file, gambar dan suara, sudah lebih dari cukup untuk kami nikmati secara virtual.


Mulai dari aplikasi WA, zoom meeting, vid call di facebook, google duo, skype kami coba manfaatkan. Keponakan-keponakan yang anak generasi alpha, jauh lebih menikmati keseruan ngobrol secara virtual dibandingkan eyang utinya. Sudah coba aplikasi video call apa saja mak ?

img-1590382910.jpg

Sumber : http://azkail.com/lebaran-di-mana-tahun-ini-detail-426374