Pilihan Permainan 10 Menit untuk Mengasah Moral Anak

Pilihan Permainan 10 Menit untuk Mengasah Moral Anak

"Bermain adalah kebutuhan anak."


Anak tak pernah salah dalam meniru, ini yang perlu digaris bawahi. Maka cara kita berbicara, bersikap atau bergaul dengan mereka akan ditangkap secara perlahan-lahan dan akhirnya akan tertanam dalam di benak anak. Buku yang berjudul Mengasah Kecerdasan Moral Anak melalui Permainan 10 Menit ini ditulis oleh ibu lima anak yang telah menciptakan permainan kreatif dan berhasil diterapkan di berbagai sekolah di Amerika Serikat. Ada 51 pilihan permainan yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, hanya 10 menit. Permainan yang banyak mengajarkan tentang arti bersyukur, berbagi dan berempati misalnya, bisa kita temui di buku ini.


img-1546447086.jpg


Di buku ini kita akan dipandu untuk melakukan permainan bersama anak. Detil sekali, mulai dari menyiapkan bahan sederhana yang mudah di temui d sekitar kita hingga tahapan demi tahapan permainannya. Penulis membagi 51 permainan dalam beberapa tujuan moral yang ingin didapat dari permainan itu. Jadi, kita bisa memilih minggu ini ingin mengenalkan apa pada anak, tentang kejujuran kah? makan dalam minggu itu, beberapa permainan tentang kejujuran bisa dikenalkan pada anak. Rentang usianya pun mulai dari 3 sampai anak remaja bisa memanfaatkan permainan ini.


Lihat saja daftar isinya, seru ya.

img-1546447466.jpg


Penyesuaian juga bisa kita lakukan bila ada tujuan permainan tidak sesuai dengan nilai-nilai keluarga yang dianut. Tapi inti permainan tetap bisa didapatkan. Sekalipun ini adalah buku terjemahan, sang penterjemah mampu memberikan pemahaman dan menyederhanakan bahasa. Mudah difahami saat dibutuhkan baca cepat ketika permainan mau dimulai (ini mah saya yaa...hehehe).


Buku setebal 234 halaman ini mampu memberikan saya ragam pilihan bermain pemecah kebosanan anak di rumah atau saat berkendara. Sudah punya kah buku ini mak? Belum? Bisa dipinjam kok di rumah azkail.


Anak-anak mungkin bisa melupakan apa yang kita katakan, tetapi mereka takkan pernah melupakan perasaan yang kita timbulkan dalam hati mereka.-Carl W Buehner

Sumber : http://azkail.com/pilihan-permainan-10-menit-untuk-mengasah-moral-anak-detail-408316