Review E-Book Asiknya Ikut Komunitas dan Menjadi Volunteer
Selasa, 12 Januari 2021
azkail
Bagikan

Review E-Book Asiknya Ikut Komunitas dan Menjadi Volunteer

"Kebersamaan itu mengajarkan kita arti saling menghargai."

Manusia adalah mahluk sosial yang pada dasarnya membutuhkan hidup bersama dengan orang lain. Tak mungkin rasanya hidup seorang diri tanpa adanya interaksi dan berhubungan dengan orang lain. 


Menemukan judul e-book ini awalnya karena saya butuh mencarikan beberapa komunitas untuk saya dan anak-anak. Saat browsng di epusnas, ebook ini muncul di bagian atas. Langsung saya pinjam dan baca saat itu juga. 


Ebook sebanyak 187 halaman ini cukup menarik karena sang penulis merupakan salah satu dari komunitas akber atau akademi berbagi. Sebuah komunitas yang didirikan untuk mewadahi orang-orang yang ingin berbagi ilmu. Dibuka dengan menjelaskan apa dan mengapa komunitas itu ada. Hingga berakhir bercerita bagaimana sih kalau kita mau membangun sebuah komunitas.


Sang penulis banyak bercerita tentang apa manfaat yang ia dapatkan selama mengikuti komunitas. Apa serunya saat ia menjadi sukarelawan alia volunteer di komunitas. Jamak diketahui bahwa komunitas itu biasanya mewadahi orang-orang yang memiliki satu hobi yang sama. Dan dari situ keterikatan satu sama lain akan muncul dengan sendirinya tanpa paksaan. 


Di ebook ini yang membuat saya makin tertarik adalah banyak sekali diberikan informasi-informasi komunitas. Mulai dari pendirinya, website hingga media sosialnya. Sehingga mudah bagi saya yang memang saat itu membutuhkan inormasi keberadaan komunitas yang dibutuhkan.


Tak perlu waktu lama untuk menyelesaikan Ebook ini. Namun kumpulan nama-nama komunitas ini lah yang menjadikan agak lama dibaca Karena saya sambil selami satu persatu media sosialnya. Karena buku ini ditulis oleh anggota komunitas berbagi, maka jangan heran kalau sebagian besar berisi tentang kegiatan akademi berbagi. Tapi dari situ sebetulnya ada banyak cerita dan insight sih yang bisa kita dapatkan tentang sebuah komunitas dan lika likunya.


Buat anda yang sedang mencari informasi apa saja komunitas yang ada di Indonesia, mungkin ebook ini bisa membantu menemukan komunitas yang cocok. Sedikit banyak saya sih terbantu dengan informasi yang disajikan. Dan saya jadi tahu kalau ternyata ada loh komunitas unik di Indonesia yang fokus pada hobi unik. Segeralah meluncur ke epusnas ya. Cari dan temukan buku dengan judul ikut komunitas dan jadi volunteer itu asik karangan Susi Sukaesih.


img-1610467983.jpg

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar