Home / Artikel Serunya Terlibat Langsung dalam Konferensi Ibu Pembaharu

Serunya Terlibat Langsung dalam Konferensi Ibu Pembaharu

Serunya Terlibat Langsung dalam Konferensi Ibu Pembaharu

Projek Keluarga

Jum'at, 24 Desember 2021

Tidak ada peran kecil kecuali kamu mengijinkan dirimu untuk mengecilkan peranmu sendiri

Ini awal ceritanya

Mengikuti ritme  bermain dan belajar di komunitas ibu profesional, membuat saya sedikit demi sedikit belajar bagaimana menjadi profesional versi saya sendiri. Setiap orag memiliki tujuan dan pilihannya untuk pencapaian versi terbaiknya. Dan saya memilih untuk masuk dan mengambil peran lebih untuk belajar lebih profesional kepada salah satu ahlinya. Buat saya, makna profesional itu dalam dan sangat bermakna. Dimanapun dan apapun peran yang sedang kita jalankan saat ini, belajarlah untuk menjadi profesional, maksimal, keluarkan semua kekuatan yang kita miliki dimulai dari sesuatu yang kita bisa dan kita suka. 


Saya sangat menikmati keseruan saat belajar di kampus ibu pembaharu, sebuah etape ujung yang belum berujung, dalam program belajar di Institut Ibu Profesional. Yang paling menantang dari semua proses kali ini adalah belajar menstrukturkan cara saya berpikir dan melibatkan orang menuju titik yang sama. Sesuatu yang menarik yang akhirnya membuat saya tertarik untuk menambah jam terbang tentang struktur berpikir.


Ajakan bermain itu datang

Tak berhenti sebagai mahasiswa di kampus ibu pembaharu, ajakan main bareng di tim inti untuk membuat playground besar, hajat dua tahunan sekali pun datang. Kesempatan untuk ambil peran lebih menantang pun saya terima. Divisi sayembara dan eksibisi saya terima. Sesuatu yang menantang karena harus mengarahkan semua ide dan pengalaman ke dalam bentuk kegiatan virtual. Tantangan mulai datang saat platform yang akan digunakan harus bermetamorfosa. Belajar keluar dari zona nyaman lagi. Belajar banyak hal baru untuk mewujudkan gelombang baik yang bisa dirasakan tak hanya oleh panitia, tapi juga ribuan peserta nanti. 


Dan terwujudlah mimpi kami untuk membuat hajat besar dalam bentuk virtual konferensi. Lihatlah di laman ini


img-1640356865.jpg

Tampak depan laman konferensi

Dua hall besar dalam konferensi ini terbuka untuk umum. Pengunjung yang tak memiliki tiket, tetap bisa menikmati ragam pilihan booth virtual dan goodie bag digital yang bisa diunduh dan dimanfaatkan. Ada 48 booth yang bisa diakses pengunjung. Masing-masing booth terdiri maksimal 10 produk dan jasa yang ditawarkan atau ditampilkan. Kalau Anda berkunjung ke semua booth dan memanfaatkan oleh-oleh digitalnya, berarti ada ratusan ide digital yang bisa anda bawa pulang.


Apa yang paling seru di divisi sayembara?

Saya belajar untuk mempraktekkan ilmu yang saya dapat tentang berpikir terstruktur. Dan ini berlaku saat akan membuat proses, pelaksanaan hingga pengumuman sayembara itu hadir. Saya menikmati banget melihat, membaca dan mendengarkan hasil karya seluruh peserta sayembara yang semuanya perempuan. Takjub gitu, banyak banget yang bagus dan keren-keren. Sukses membuat kami para juri kebingungan milihnya. 


Saya kemudian berpikir, ini baru yang berani mengumpulkan hasil karya saat sayembara digelar. Pasti lebih banyak lagi perempuan di luar sana yang memiliki kemampuan serupa atau mungkin diatasnya. 


Rangkaian konferensi ibu pembaharu dimulai dari sayembara jingle dan ilustrasi 7 bulan sebelum konferensi puncak dilaksanakan. Berlanjut sayembara catatan perempuan dan ditutup dengan sayembara pembuatan video kreatif tentang ucapan selamat satu dekadenya Ibu Profesional serta emilihan influencer award.


Percayalah!

Saat berani melangkah, selalu ada jalan dan petunjuk menuju titik tujuan terbaik kita.

Saat maksimal dalam memberikan kemampuan terbaik kita, semangat itu akan menular pada rekan tim yang lain. 

Kebaikan itu menular, juga keburukan pun akan menular. tinggal kita memilih untuk menularkan kebaikan atau keburukan pada lingkungan sekitar. 

Mulailah dari sekarang, karena berada dalam lingkungan yang memiliki tingkat voltase tinggi, kita akan ikut vibe semangatnya melakukan sisi terbaik yang kita miliki. 

Dari mana semua itu berasal? Dari niat dan hati terdalam saat mulai melangkah.


Ada keseruan apa di balik layar live show eksibisi?

Selain suguhan 14 pembicara keren di bidang tertentu, Konferensi Ibu Profesional juga menyajikan live show, pengenalan seluruh komponen yang ada di Ibu Profesional. Sajian live show ini terbuka untuk umum, artinya, selain 1000 peserta VIP, juga pengunjung diluar itu bisa ikut menikmati dan interaktif selama live show. Yang bikin saya deg-deg an adalah, saya harus mengoperatori di belakang layar untuk 9 kali jadwal live show. Bogor, sering banget hujan petir. Pagi cerah, siang atau sore bisa saja hujan. Ini tantangan banget soal sinyal. menjadi operator, sinyalnya harus kuat. Ditambah lagi dengan spec leptop yang mendukung.  Dan ini lah kondisi di belakang layar saat salah satu komponen tampil.


img-1640356919.jpg

Walaupun leptop saya sudah i5, tetep aja saya harus ada plan B kalau leptop itu bermasalah saat live. Jadi saya menyiapkan leptop dengan spec di atas leptop yang saya gunakan sehari-hari.


Atau Ice Chocolate yang selalu menemani saya selama di belakang layar.


img-1640357411.jpg


Ketegangan dan naiknya adrenalin selama di belakang layar itu saya sukka, bikin mata berbinar karena deg-deg an itu bikin jantung saya makin sehhat. Hahaha. Ini lah keseruan setelah live show berakhir, Bisa senyum sumringah macem dapet kuaci sekotak, mak.


img-1640356960.jpg


Jaadi, di bagian mana dari konferensi ibu pembaharu kemarin yang paling mengesankan, mak?

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial