Home / Artikel Situs baca online ramah anak dan lembar aktfitas untuk anak

Situs baca online ramah anak dan lembar aktfitas untuk anak

Situs baca online ramah anak dan lembar aktfitas untuk anak

Parenting

Sabtu, 05 Januari 2019

"Buku adalah jendela dunia, di mana kita bisa melihat isi dunia tanpa perlu melakukan perjalanan."



Di era teknologi ini banyak sekali pilihan-pilihan belajar yang bisa kita temui. Semua bisa didapat dengan satu jari dalam waktu cepat. Tutor tak perlu datang ke rumah untuk mengajarkan sesuatu pada kita, tapi cukup memanfaatkan kamera PC atau gadget lalu lakukan diskusi dan pembelajaran secara virtual lebih mudah. Mungkin tidak semua cara pembelajaran online bisa berdampak besar bagi sebagian orang, namun bagi sebagian lainnya yang secara jarak memang sangat berjauhan, proses belajar jarak jauh bisa menjadi pilihan terbaik. Termasuk mencari jutaan informasi yang ingin kita dapatkan. Bahkan mungkin tak perlu rasanya membeli buku-buku tertentu bila ternyata banyak website sudah menyediakan akses tanpa batas untuk layanan membaca. Termasuk penyediaan buku-buku anak yang bisa dinikmati dengan dengan aman oleh anak tentunya.

Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban dalam mendidik anak untuk  mengenalkan internet sehat. Untuk anak-anak usia tertentu, orang tua wajib hadir dalam menemaninya berselancar. Proses pembelajaran dan pengenalan situs-situs yang ramah anak bisa dicari bersama atau mungkin Anda sendiri yang merekomendasikan ke anak-anak. Tak melulu game edukasi, namun buku-buku bacaan online atau lembar kerja, lembar aktifitas yang ramah anak pun bisa menjadi pilihan.

Berikut ini situs buku bacaan online yang bisa anak-anak nikmati yang pernah saya kunjungi. Serta pilihan situs yang menyediakan lembar kerja printable untuk anak sampai usia baligh. Langsung klik aja ya di setiap nomornya. Semoga bermanfaat.

1E-Book Anak 
Website ini juga menyediakan buku-buku berbahasa Indonesia. Tampilannya yang sederhana dengan berbagai kategorinya, memudahkan kita untuk menemukan buku yang dibutuhkan. Kalau saya, lebih enak melihat tampilan website ini karena ga ada iklan. Website ini berisi banyak sekali situs yang ramah anak dengan ragam pilihan bacaan yang bisa diakses gratis dan didonlot sesuai keinginan kita. Ternyata, E-book anak merupakan website yang digawangi oleh sebuah gerakan Indonesia berbudi (berbagi buku bacaan digital). Anda bisa baca itu di fitur donasi, lengkap penjelasannya. Nah, yang bisa bikin kita -saya- bolak balik ke sini adalah tersedianya buku pelajaran dari kelas 1 SD sampai kelas 9. Tak hanya itu banyaknya pilihan kategori untuk usia PAUD akan membantu para pendidik untuk menjadikannya referensi bacaan atau lembar kerja bagi siswa. Rujukan buku peajarannya cukup variatif, melengkapi buku-buku senada yang sudah ada.

img-1546644947.jpg
Tampilan home


img-1546645015.jpg
Ragam pilihan buku yang bisa diakses



2Cerita Anak 

Buat Anda yang butuh cerita rakyat, dongen berbahasa Inggris dan aneka lagu anak yang bisa didonlot,  sepertinya situs ini akan membantu. Cerita-cerita yang disarikan dari berbagai buku ini cukup memberikan gambaran pada anak atau mungkin Anda sendiri. Kisah-kisah dari Nabi SAW dan para sahabatnya pun bisa Anda dapatkan. Walau tak sampai ratusan jumlahnya, tapi bisa membuat Anda mendapatkan tambahan informasi. 

img-1546674985.jpg

Walau belum banyak pilihan bukunya, tapi ini cukup memberikan tambahan referensi buku bacaan anak berbahasa Inggris. Ilustrasinya sederhana tapi mengena. Banyak juga pilihan buku-buku cerita anak klasik. 


img-1546680842.jpg

Dan ini salah satu tampilan isi bukunya:

img-1546680941.jpg


4www.education.com 

Di internet banyak sekali pilihan lembar kerja yang printable untuk anak. Terutama untuk usia pra sekolah. Situs ini bisa memberikan solusi lain bagi Anda para orang tua atau guru untuk mencari referensi lembar kerja sesuai usia anak. Math, reading and writing skill bisa ditemukan di sini. Tahapannya mulai dari pilihan lembar kerja melatih menulis seperti tracing, dot to dot  sampai latihan menulis huruf pun ada di sini. Tak hanya itu, untuk anak-anak yang menyukai matematika, Anda bisa mengenalkannya dari konsep yang ditawarkan dalam lembar kerja yang ada. Buat orang tua atau guru yang butuh panduan membuat lembar kerja mingguan yang terstruktur, situs ini memberikan solusi dengan menawarkan pendampingan dan lembar kerja yang bisa di print loh.  Yang perlu diperhatikan adalah karena semua lembar kerja dan kurikulumnya menarik, tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan usia anak ya. 


img-1546648662.jpg

Suguhan home yang membuat mata berbinar


img-1546648750.jpg

Pilihan bantuan untuk para guru



5. Pinterest 
Yup, pinterest adalah salah satu web yang bisa membantu menemukan ide tentang apapun. Salah satunya adalah lembar kerja siswa. Kalau ada lembar kerja yang belum sesuai, tinggal cari saja di kolom yang disediakan. Menggunakan kata kunci spesifik mungkin memudahkan pencarian. Oia, di pinterest ini juga diprint loh plus surganya lembar kerja, buanyak. 


img-1546650156.jpg



6Ivanca

Buat para orang tua atau mungkin guru yang membutuhkan satu bundel lembar kerja yang sudah disusun sedemikian rupa, ini bisa menjadi pilihan berikutnya. Tinggal print. Lengkap, mulai dari tracing, dot to dot, mencocokkan, berhitung dasar hinggua puluhan. Namun yang perlu diperhatikan adalah, susunan halamannya tidak sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Mungkin Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Tapi over all, ini sudah sangat membantu.


img-1546678659.jpg

Tampilan covernya sangat menarik

Waw, ini dia kumpulan lembar kerja yang bisa bikin mata berbinar-binar. Pilihannya luar biasa banyak. Sekalipun sudah dikategorikan, tetap saja bingung, karena tema yang dikategorikan banyak banget. Sepertinya ada ratusan kategori yang bisa kita pilih dari ragam keterampilan motorik halus yang ada di situs ini. Lagi-lagi tak jauh dari keterampilan untuk mengasah motorik halus sampai menulis, mencocokkan bentuk, menarik garis benda dengan huruf depan. Untuk matematika pun banyak pilihannya. Mulai dari tracing sampai menghitung puluhan atau mengenal konsep penambahan dengan media balok.

img-1546734418.jpg


8Kid zone
Kalau situs ini, banyak pilihan mulai dari usia 3 tahun sampai SD kelas 5. Bahasa, matematika sampai geografi ada di sini. Untuk yang usia PAUD, banyak pilihannya loh.

img-1546735345.jpg

Gimana...gimanaa?
Ga ada alasan lagi kurang ide aktivitas kognitif untuk anak doong. Selamat nguplek ya, Maak.



Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial