Sudah Sukses Apa Hari Ini
Selasa, 05 Januari 2021
azkail
Bagikan

Sudah Sukses Apa Hari Ini

"Sudah sukses apa hari ini?"


img-1609861120.jpg


Pertanyaannya sih sederhana yekaaan, tapi jawabannya itu bikin mikir balik. "Sudah melakukan apa saja saya hari ini kok tiba-tiba ditanya sudah sukses apa hari ini" Ya, pertanyaan ini harus selalu dimunculkan setap hari, menjelang tidur. Macem refleksi atau muhasabah diri gitu. Sehingga kita selalu bergerak maju dan ada perbaikan dari hari ke hari.


Pentingnya muhasabah juga harus diiringi dengan pertanyaan berikutnya, "Mau sukses apa esok hari?" Nah, menggelitik kaan. Kalau kita ga tahu hari ini sudah sukses apa, bagaimana mau merancang kesuksesan di esok hari.


Yup, inilah pengalaman dan proses berharga saya selama berada di tiga bulan pertama kelas bunda produktif. Dan kelas yang menantang karena 6 bulan ini kita betul-betul diuji soal team work. Ini serunya, ga hanya belajar dari prang-orang hebat dalam kelompok kita, namun lebih dari itu. Belum lagi pas berbarengan dengan libur akhir tahun. Jangan sampai menurunkan semangat melakukan perubahan. Makanya di pertemuan kelas sebelum libur, kami dikasih penyemangat untuk minimal berpikir bagaimana menggabungkan beberapa kelompok menjadi kolaborasi keren.


img-1609861395.jpg


Refleksi dalam sebuah tim itu perlu dimulai dari masing-masing personal. Apa yang pernah direncanakan, terlaksanakah? apa peran kita dalam tim itu, keahlian apa yang telah diberikan pada tim. Nah, setelah dituliskan, akan terlihat optimal tidaknya kita dalam sebuah tim.


Setelah personal reflection dituliskan, baru masuk ke refleksi kelompok. Nah ini yang menariknya, karena kita perlu duduk bareng dengan anggota tim yang lain. Dan inilah yang terjadi dalam kelompok belajar saya. Seru, karena tantangannya macem-macem dan kami sepakat dengan hal yang dibawah ini. Lagi-lagi soal komitmen dan komunikasi yang menjadi prioritas untuk diperbaiki dan menjadi perhatian kami.


9 anggota yang ada di kelompok kami memiliki tantangan personal masing-masing. Dimulai dari saya sendiri saat ibu sakit yang otomatis gadget jarang tersentuh, saya ijin slow respon selama diskusi di grup. Btw, itu gadget tauuu aja, giliran perlu gadget untuk kerja dan diskusi, gadget error, rusak, ga bisa idup. Hahaha. Sesuattu banget yekaaan. Saat itu saya langsung menghubungi leader kelompok tentang tantangan yang saya hadapi, dan minta info apa aja yang saya ketinggalan. Weeh, tadi jadi bahasan juga. Tak kira sudah clear alasan menghilangnya saya beberapa hari. Hahaha. Ini serunya kerja tim yekaan. Penuh warna warni macem pelangi.


Ada lagi anggota lain yang sedang mendapat ujian sakit, kesibukan di kampus hingga tantangan sulit sinyal karena sedang pulang kampung. Tapi ini semua menjadi pelajaran berharga kita semua terkait pentingnya konsisten, komitmen dan komunikasi antar anggota.


Dan inilah yang kemudian kami simpulkan dalam tulisan berikut ini:


img-1609861929.jpg


Yang menarik lagi nih, dalam kerja tim itu kita tak hanya belajar meluaskan diri, tapi juga haru sberimbas baik bagi rekan yang lain. Dan di minggu ini, kami ditantang untuk berkolaborasi dengan kelompok lain. Satu sama lain saling melengkapi. Waw, ada 9 kelompok dengan rumpun yang sama akan membuat hajat bareng. keren kan? 


Setelah dianalisa dan diskusi antar ketua kelompok, maka muncullah ini:


img-1610206982.jpg

Satu cluster kita mau bikin kegiatan bersama yang seperti apa? Bagiaman pengelolaannya? Siapa yang siap menjadi apa? Cluster kami akan melakukan festival keren loh. Semua lagi-lagi tentang membangun pendidikan dari dalam rumah. Coba aja lihat kegiatan yang akan kami lakukan. Ssstt.... juga sudah ada pembagian tim suksesnya loh. Mau ikut jadi peserta festivalnya kah? Mau yang tema pembelajaran apa, mak?


Yuk, kita intip dulu di sini:


img-1610207184.jpg


Jadi, sudah sukses apa hari ini, mak?



Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar