Home / Artikel Tingkah laku juha

Tingkah laku juha

Tingkah laku juha

Resensi Buku lain-lain

Rabu, 07 November 2018

Buku yang bikin ketawa

Kisah Juha

#day7


Bikin ketawa? Ah, yaa... saya ingat satu buku yang suka bikin saya ketawa, lucu, bocor, sersan, kadang bikin kening berkerut saking tingginya bahasa candaan yang penuh dengan falsafah hidup yang dalam. Buku berjudul tingkah laku Juha ini memuat 388 kisah jenaka yang menyentil keseharian hidup kita. Buku terjemahan bahasa Turki yang memuat kisah-kisah jenaka yang disampaikan oleh Syaikh Nashiruddin Juha yang kocak, kritis, cerdik dan suka melakukan tingkah laku aneh. Gurauannya bukan sembarang gurauan, tapi sarat akan makna. Buku setebal 373 halaman ini mampu menemani keseharian saya. Bahasa yang santai, mudah dicerna ini cocok menemani Anda saat butuh suntikan semangat dengan cara candaan bergizi.


Sebetulnya, siapa sih Syaikh Juha itu? Ternyata ada banyak literasi yang menceritakan siapa sebetulnya beliau ini. Namun dari semua itu, kuat penjelasannya bahwa beliau adalah Nashiruddin Juha Ar-Rumi, berasal dari Turki dan termasuk keluarga Al Anadhul. Beliau dlahirkan di kota Siuri Hishar dan wafat di kota Aqsyahur. Seorang ulama yang disegani penuh dengan falsafah bila sudah berbicara.

Berikut ini salah satu kisah candaan kesehariannya.


Suatu hari, banyak orng berkumpul dan membcarakan tentang qiyamul lail. Mereka bertanya pada syaikh Nashiruddin Juha, "Wahai Syaikh, apakah engkau juga melaksanakan qiyamul lail?". " Ya, benar. Aku bangun pada malam hari tetapi aku hanya buang air lalu kembali ke tempat tidurku." (dodol kan maaak...)


Buku yang diterbitkan oleh Salsabila pustaka al kautsar ini, layak Anda baca, mak. Covernya menarik, isinya bisa dibaca oleh anak remaja juga. Salah satu cara menghilangkan stress dari gunungan setrikaan dan cucian, baca deh buku ini. Saya rekomendasian banget. Belum punya? sini ke pustakanya azkail.

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial