Tutorial Saat Diundang Melalui Zoom Meeting
Jum'at, 10 Juli 2020
azkail
Bagikan

Tutorial Saat Diundang Melalui Zoom Meeting

Perubahan apa yang Anda rasakan selama pandemi virus covid-19 ini?

Pernah merasakan ketidak-nyamanan dalam perubahan kali ini?

Suami dan anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah menjadi tantangan keren?

Tiba-tiba rumah kian seru bak pasar malam tanpa habis?

Tiba-tiba proses belajar dan bekerja semua dialihkan menjadi online di rumah?

Dan kemudian mamak butuh piknik. Hihhihi.



Pandemi seperti saat ini memaksa kita untuk merubah dan mau berubah akan banyak hal. Tak hanya merubah kebiasaan dari proses rapat di kantor menjadi rapat di rumah dengan online. Bahkan proses pembelajaran anak-anak pun bergeser ke rumah secara daring. Banyak mungkin dari kita yang merasa berat dan tidak siap akan proses perubahan ini. Namun kondisi yang memaksa kita untuk harus dan mau berubah serta belajar beradaptasi dalam waktu yang relatif cepat. Menunggu hingga pandemi ini berakhir juga bukan solusi. Maka bergerak produktif untuk mau berubah bersama, bisa menjadi bagian dari solusi. Minimal untuk diri sendiri.


Awal bulan lalu, mas menteri pendidikan bersama 3 menteri lainnya mengeluarkan Surat Keputusan Bersama yang menjelaskan tentang pembukaan awal tahun ajaran baru 2020-2021 di masa pandemi. Kita bisa lihat saat siaran langsungnya pada link ini


Kita sedang berhadapan dengan sesuatu yang tak bisa disentuh apalagi dilihat secara kasat mata. Sesuatu yang tidak boleh kita abaikan. Artinya kita harus secara bersama-sama untuk disiplin diri akan kebersihan dan kesehatan. Lalu apa hubungannya dengan link mas mentri tadi? Yup. Dunia pendidikan juga terkena imbas dari pandemi covid-19 ini. Proses belajar yang biasanya banyak dilakukan di sekolah, sekarang bergeser ke rumah. Kerja sama dan koordinasi antara sekolah-dalam hal ini guru dan orang tua, sangat diperlukan. Kita tak bisa menampik bahwa akan ada effort yang lebih besar lagi saat proses kerja sama itu tak terjalin baik. Orang tua dan guru mendidik dengan bahagia baik di rumah atau pun dengan cara daring. Perlu tarik ulur saat melakukan proses belajar online secara bersama-sama.


Aplikasi bantuan yang paling sering digunakan untuk pembelajaran online adalah zoom meeting. Saya pernah kupas tuntas bagaimana bila Anda ingin menjadi host serta beberapa tips saat menggunakan aplikasi ini di tulisan ini


Nah, kalau sekarang, saatnya kita kupas bagaimana bila Anda sebagai partisipan atau orang yang diundang dalam zoom meeting ya.  Selamat mencoba.


1. Download aplikasi

Ya, untuk memudahkan proses pembelajaran nanti, baiknya Anda sudah mendownload aplikasi zoom di android melalui play store atau di IPhone melalui appstore. Ini aplikasi yang bisa Anda download untuk android melalui PC klik ini



img-1594537860.jpg
Ini dia logo yang bisa Anda temukan di playstore atau appstore

2. Terima undangan

Biasanya Anda akan diundang oleh host untuk masuk dan bergabung di zoom meeting itu. Host akan memberikan link yang tinggal Anda klik atau Anda bisa memasukkan secara manual password meetingnya. Kalau saya siiih, lebih suka yang tinggal klik linknya aja, jadi tinggal masuk. Ini dia tampilan undangan yang akan diterima partisipan :

Join Zoom Meeting
https://us04web.zoom.us/j/72146877643?pwd=d09ySlVpVStiWjZKQkJMaXJmZlhkZz

Meeting ID: 7*1 4687 **** (nomor meeting saya samarkan ya)
Password: ****** (ada 6 digit biasanya)

Kalau Anda klik join meeting, biasanya akan muncul di layar ponsel itu seperti ini:

img-1594539635.jpg

Klik join meeting. Maka seperti ini yang muncul di layar ponsel Anda :

img-1594539832.jpg

Masukkan meeting ID yang dbagikan oleh host. Lalu segera ganti nama Anda agar host bisa mengenali Anda dengan baik. Lalu klik join meeting.

img-1594539965.jpg

Lalu Anda akan diminta memasukkan password. Setelah memasukkan password, Anda sudah ada di ruang meeting deeh. Dan seperti ini tampilannya :

img-1594540061.jpg

Di layar kiri bawah terdapat tulisan call over internet,  di klik aja ya. Dan pastikan Anda  yang menggunakan ponsel saat zoom meeting, sudah menggunakan earphone ya. Suara dan obrolan nanti saat meeting berlangsung, tidak bisa didengarkan tanpa menggunakan earphone. Alias ga bisa speaker phone gitu, mak. 

Logo azkail di layar itu adalah foto yang digunakan oleh host saat mengundang Anda. Dan Bila Anda sudah masuk ke ruang meeting online itu, maka seperti ini lah yang akan tampak di layar ponsel Anda :

img-1594540350.jpg

Kotak atas itu adalah Anda, mak saat sudah berhasil masuk ke dalam zoom meeting. Namanya sesuai dengan nama yang Anda tulis pertama kali sebelum masuk ke dalam zoom meeting tadi ya. Mau diganti? Ow, bisa banget. 

Begini caranya :

1. ketuk di layar ponsel Anda bagian bawah. Sehingga akan muncul icon fitur seperti ini :

img-1594540588.jpg 

2. Pilih participants lalu klik nama Anda di situ. Maka muncul pilihan seperti ini :

img-1594540688.jpg

3. Pilih rename lalu akan muncul seperti ini :

img-1594540753.jpg

4. Ganti deh dengan nama Anda. Selesai

Mudah bukaaan?

Nah, sekalipun kita tak bertatap muka secara fisik, jangan lupa adab saat bertemu online ya. 
1. Pastikan Anda sudah berpakaian rapi
2. Matikan icon mic saat host sudah mulai acaranya. Icon mic ada di kiri bawah layar saat Anda mengetuk layar bagian bawah ya
3. Nyalakan icon kamera (ada di layar kiri bawah saat layar diketuk. Muncul icon kamera. Bila kameranya dicoret garis merah, artinya wajah Anda tidak muncul di layar partisipan lain)

4. Manfaatkan tombol icon raise hand untuk ijin berbicara di forum. Icon ini ada di layar kanan bawah ponsel Anda saat layar diketuk.


Meeting sudah selesai? Yuuk, saatnya Anda meninggalkan ruang pertemuan online dengan cara meng klik tulisan leave pada layar kanan atas ponsel Anda saat di ketuk.


Selamat mencoba. 


Ups, hampir lupa


kalau mau tahu pembelajaran online ramah anak, bisa mampir ke 7 situs video ramah anak

Atau mungkin Anda butuh  pembelajaran interaktif untuk anak usia 3-12 tahun. Silahkan berselancar yaa.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar