Home / Artikel 10 Aplikasi Keren yang Memudahkan Kerja Emak-Emak

10 Aplikasi Keren yang Memudahkan Kerja Emak-Emak

10 Aplikasi Keren yang Memudahkan Kerja Emak-Emak

Parenting

Minggu, 04 Februari 2018

"Orang yang berhenti belajar akan menjadi pemiliki masa lalu

Orang yang masih terus belajar, menjadi pemilik masa depan."
-Mario Teguh


Aplikasi 1


Saat ini banyak sekali aplikasi android dan laman/portal di internet yang memudahkan pekerjaan kita (baca :emak-emak) dalam banyak hal. Mulai urusan alarm to do list, manajemen waktu, resep masakan sampai pada web yang menyediakan jawaban untuk pertanyaan matematika. Mantab kan? Tinggal dicari saja menggunakan kata kunci yang dibutuhkan, aplikasi dan jawaban akan dengan cepat ditemukan. 


Ingatkah nasihat Umar bin Khottob agar kita mengajarkan anak sesuai dengan zamannya, mak? Kalau saat anak-anak kita lahir sudah kenal dan dekat dengan gadget, aplikasi bertebaran di hape emak, jangan langsung melarangnya. Melarang akan membuatnya semakin penasaran ingin melakukan dengan sembunyi-sembunyi. Alih-alih melakukan aktivitas tanpa sepengetahuan kita, lebih baik kita yang harus melibatkan diri dengan mereka, belajar dan mencari tahu seperti apa gadget atau aplikasi kesukaan mereka. Dampingi dan terlibatlah dengan aktivitas anak. Upgrade diri kita dengan menyesuaikan mereka, mak. Banyak kok cara untuk beraktivitas dengan anak zaman now, tinggal kesiapan kita saja yang harus mau berubah. 


Nah, selama 16 hari ke depan saya akan share 16 aplikasi yang tersebar di android atau web yang bisa dimanfaatkan untuk kita menjadi lebih produktif dalam membersamai anak dan pasangan. 16 aplikasi ini sudah pernah saya gunakan. Beberapa saya uninstal terkait prioritas atau saya sudah selesai dengan belajar tentang hal itu. Hehehe.


Aplikasi pertama yang akan saya review adalah kesukaan si sulung akan fotografi. Penyuka foto minimalis ini banyak mengambil foto yang kadang menurut saya biasa aja, tetapi begitu sudah dijepret, kok jadi bagus. Cek IG nya deh di foto keren mas azka Objek yang ada di sekitar kita bisa menjadi foto cantik. Saya banyak belajar dari si sulung untuk cara mengambil objek gambar termasuk mengeditnya. Kadang saat menggambil gambar, kondisi di lapangan ada objek penting tapi di bagian belakang tak diinginkan untuk ke ambil, atau ukuran kurang presisi sedikit. Ada satu aplikasi edit foto yang akhirnya duduk manis di android saya atas saran si sulung, yaitu snapseed.


Aplikasi ini bisa didownload id playstore. Ringan kok. Tapi jangan tanya kelebihannya saat memperbaiki foto hasil jepretan kita. Yang gelap bisa diterangin, yang miring bisa dilempengin (khasnya mamak-mamak banget kalo lagi moto, ga jelas, ga fokus mau foto apaan. hahaha). Hati-hati ya, kalau sudah ngedit ini, suka lupa waktu. Pasang alarm ya mak biar ga kebablasan. Seru aja bisa jadi ini itu tanpa menghilangkan inti foto yang kita ambil.  Ini dia penampakannya :


1. Download aplikasi snapseed di playstore.

img-1517750197.jpg


2. Ini penampakan pilihan editan yang diinginkan.


img-1517750583.jpg


3. Setelah diedit, fotonya bisa langsung dishare loh mak. Asyik apa asyik?


img-1517750747.jpg


Ini salah satu foto yang diambil si sulung saat hunting foto akhir Januari lalu yang diedit menggunakan snapseed. Kondisi sore dan mendung namun moment saat di atas menara masjid tak bisa dilewatkan begitu saja. Inilah foto yang belum diedit.



foto diambil dari menara masjid raya bandung


Setelah bermain dengan aplikasi snapseed, ini  dia hasilnya :


img-1517748426.jpg

Ada bedanya kah, mak? Semenjak ada aplikasi ini di hape saya, si sulung makin dekat karena sering ngajarin saya ngulik bin ngedit foto yang saya ambil. Obrolan tentang sesuatu yang dia banget bisa mengalir tanpa batas. Mengalir kemana-mana. Kadang kita harus mengikuti alur untuk sampai di tujuan. Tak hanya itu, selalu ada cara untuk makin dekat dengan anak, bukan?

Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial