Home / Artikel Begini Rasanya Bila Hobi Kita Dibayar

Begini Rasanya Bila Hobi Kita Dibayar

Begini Rasanya Bila Hobi Kita Dibayar

Cerita Emak

Selasa, 02 Februari 2021

"Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah pengalaman dan perasaanmu sendiri."

J.K. Rowling


Al kisah...

Sejak SD, saya suka banget menulis. Saking demennya nulis, guru lagi ngomong di depan kelas juga saya tulis itu ocehannya, kadang tak tambahin gambar warna warni gitu dan ini berlangsung sampai saya kuliah. Catatan belajar saya sering dipinjam untuk di foto kopi atau kadang jadi rujukan belajar temen-temen. Kalau lagi marahan sama temen, saya lebih suka surat-suratan. Hahaha. Lebih banyak yang bisa disampaikan dari pada ketemu langsung, saat itu ya. Seiring bertambahnya usia, ternyata saya juga nyaman cuap-cuap kalau ada yang ga sreg di hati. Menyampaikan via surat sudah sangat juarang.


Makin jatuh cinta sama menulis itu ketika cerita pendek saya masuk ke majalah Bobo dan majalah Sahabat waktu kelas 3 SD.


Trus dapat hadiah banyak dan uang saku. Karena tahu kalau menulis bisa dapat hadiah, sejak saat itu, jadi sering kirim tulisan bahkan sampai jawaban TTS untuk anak ke beberapa majalah. Dan lagi-lagi rezeki anak sholehah. Anak kecil mana yang ga demen hadiah. Maka sejak saat itu, saya mulai nyandu dengan menulis. Ada rasa bahagia setelah satu tulisan selesai.


Saat zamannya, saya sering nulis di buku diari yang ada gemboknya. Hahaha. Jangan tanya tahun berapa yak. Dan buku itu masih ada loh, beberapa ternyata disimpan ibu lalu diberikan ke saya. Bahkan buku pertemanan saat saya SD kelas 3 pun ada. Isinya nama, alamat, hobi, cita-cita, motto hidup, kesan dan pesan gitu. Hahaha. Teman-teman yang seusia mirip-mirip saya, tentu tahu maknanya ya. Tapi ini tuh bahagia banget. Karena bisa bikin kita makin dekat satu sama lain gitu. Apa lagi saya sering ngayap dan seneng ketemu temen baru. Langsung deh itu buku saya sodorin ke mereka untuk diisi. 


img-1612262247.jpg

Diari punya nak gadis saat dia SD yang ternyata juga ada gemboknya


Beberapa tahun berikutnya, masih SD nih, saya pun ikut beralih dari nulis di buku diari gembokan ke kertas warna warni bergambar yang wangi gitu. Bahkan sampe nabung untuk punya satu set merk sanrio. Dan Hello Kitty,  My melody jadi kertas favorit yang paling banyak saya koleksi. Sekali lagi, jangan tanya tahunnya ya. Saat menuliskan banyak cerita di kertas wangi, warna warni itu, melengkapi kebahagiaan saya setiap merangkai kata. #tsaaah


img-1612266699.jpg

Sumber : https://www.sanrio.co.jp/


SMP saya berhenti menulis buku diari. Saya beralih menulis lirik lagu berbahasa Inggris dalam satu buku. Dulu tuh ya, ga ada yang namanya aplikasi musicmatch apalagi internet pencari lirik lagu berbahasa Inggris. Boro-boro aplikasi yekaan, hape ajeee kagak kenaal. Taunye pager. Hahaha. Sekali lagi jangan tanya tahun berapa itu yak. Setelah memutuskan berhenti les bahasa Inggris, saya fokus kepoin lagu-lagu rap cobaa, pemirsaah. Hahaha. Buat saya sih waktu itu, saya lagi butuh banyak-banyaknya kosa kata bahasa Inggris. Saya suka musik, suka main musik dan cara termudah buat saya saat itu untuk memperbanyak kosa kata ya lewat lagu. Dan lagu rap lah yang pertama kali saya kepoin. Ini orang ngomong apa sih, kok cepet banget. Hahaha. Lalu beralih deh ke aliran R & B yang juga diselingi nge rappnya. Lagu-lagu yang sering diperdengarkan di prambors, Sonora dan mustang waktu itu sering diputar. Dan saya sambal coret-coret berusaha mengerti apa yang dinyanyikan. Etapi, tak berlangsung lama. Karena beberapa teman-teman ada yang minta dicatetin lagu A, B dan seterusnya, di luar lagu rap. Jadilah saya tulis di sebuah buku gitu. Dan ternyata buku itu laris manis di sekolah. Banyak yang pinjem dan dipake untuk ngegonjreng di jam istirahat atau jam kosong.


Pas SMA saya fokus mempercantik catatan pelajaran sekolah plus suka coret-soret di buku. Pernah ditegur ustadz karena buku catatan saya isinya handlettering semua. Walau tentang mapel ustadz tersebut. Hehehe. Handlettering itu iseng saya gunting lalu dilaminating dan dijadikan gantungan kunci. Ehhh, laris manis di temen-temen di rumah dan beberapa temen SMA.


Dan sekarang kesukaan saya dengan dunia tulis menulis muncul lagi. Setelah beberapa temen minta dibantu meramaikan di web yang mereka bina. Eh, dapet duit mak. Mayan buat jajan buku. Trus ga lama ada yang ngajakin untuk mereview sebuah toko baju terkenal gitu, baru buka cabang di mall Depok. Ga cuma dapet banyak baju gratis plus voucher banyak, pernak-pernik lainnya juga penuh di tas ransel saya. Aiih, buat anak kuliahan saat itu dikasih gitu aja dah bahagia tingkat kayangan loh.


Lah, trus lanjut mengendors beberapa produk, eh, repeat order, orangnya suka dengan model tulisan saya. Ga cuma dapet duit, dapet produk, tapi pertemanan saya bertambah luas. Masya Allah wal hamdulilah.  Sampai akhirnya saya fokus membangun blog mandiri yang open publik seperti sekarang di azkail.com 


Berkat kumpulan cerita pilihan saya saat beraktivitas bersama anak-anak di blog, saya bertambah pertemanan, pengetahuan dan pengalaman baru. Beberapa kali jadi ikut berbagi sedikit pengalaman main bareng azkail. Jadi, jangan pernah meremehkan apa yang kita suka. Selama tidak melanggar agama dan norma-norma sosial, lakukan saja dengan bahagia. That’s it. 


Ternyata, kecintaan saya dengan dunia tulis menulis nurun ke anak ragil saya, sila cek di sini


Teman-teman yang suka menulis tentu tahu rasanya kalau dalam keseharian tidak menulis seperti ada yang hilang. Maka untuk melatih konsistensi itu, saya ikut lagi di KLIP alias Kelas Literasi Ibu Profesional. Dan uwownya, bulan kemarin saya berhasil menulis selama 30 hari berturut-turut dengan rata-rata 600an kata per hari. Bahagia banget bisa kek gitu loh. Bukan jumlah katanya, tapi bahagia karena bisa konsisten nulis minimal 300 kata. Bulan ini saya mau naik kelas nih, minimal 500 kata lah kalau nulis daaan tetap harus konsisten satu bulan tanpa rapel ya. Fighting!


img-1612264235.jpg

Dapet badge kek gini aja dah jadi penyemangat loh mak


Lega rasanya kalau sudah menulis. Karena menulis bisa menjadi bagian seft healing, bikin otak ga mandeg dan berbagi kebahagiaan untuk orang lain.


Seperti kata Ali bin Abi Thalib


"Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak". 


Jadi, sudah menulis tentang apa hari ini?

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial