Home / Artikel Buku Mengenal Nabi dan Rosul untuk Anak

Buku Mengenal Nabi dan Rosul untuk Anak

Buku Mengenal Nabi dan Rosul untuk Anak

Review Buku Anak

Kamis, 03 Februari 2022

Buku bisa menjadi teman duduk yang setia. 

Mendekatkan anak tentang beragam cerita, kisah kehidupan sehari-hari bisa melalui banyak cara. Dan buku bisa menjadi salah satu jembatan informasi untuk anak-anak. Tantangannya kemudian adalah memilihkan isi buku yang tepat dan sesuai dengan usia tahapan perkembangan anak. Belum lagi sisi lain dari buku. Mulai dari jumlah kata dalam setiap halaman, ilustrasi dan permainan warna. Apakah sesuai dengan tahapan usia dan atau tahapan membaca anak.


Tak hanya itu, pernah ga sih kita tuh tergiur dengan tampilan buku yang ditawarkan penerbit? Isinya bagus, ilustrasi keren, harga agak tinggi pun ga masalah. Demi appah? demi kebutuhan anak atau keinginan kita, orang tuanya?


Duh, kalau ga beli sekarang, harga kembali fitri nih. Kembali normal. Kan lumayan selisihnya


Walaah, ini buku bagus banget kalau si kakak udah bisa baca. Pas murah lagi.


Keinginan dan godaan itu datang silih berganti. Memanggil kita untuk segera mendapatkannya. Alih-alih membelinya sekarang, apakah itu buku yang memang dibutuhkan oleh anak?


Nah, yang menarik nih. Di usia dini pada anak-anak, pernah ga sih dapet pertanyaan tentang di mana Allah? Allah itu laki-laki  atau perempuan? Kenapa Allah ga kelihatan? Kenapa kalau di buku-buku, wajah Rosul dan Nabi itu ga dilihatin? Daaan kenapa kenapa lainnya lagi. Bingung jawabnya doong?


Beberapa pekan lalu, saya menemukan buku yang membantu menjwab pertanyaan-pertanyaan itu. Terutama pengetahuan tentang ma'rifatur rosul. Buku ini diperuntukkan anak usia 3 tahun ke atas dengan ilustrasi menarik dan kalimat yang sedikit tapi mengena. 


Ini dia penampakan bukunya :


img-1643900705.jpg


Satu paket buku ini terdiri dari tiga buah buku. Masing-masing terdiri dari 24 halaman dengan ilustrasi menarik. Layaknya anak-anak yang memang lebih mudah membaca gambar, buku ini cukup mewakili cerita dan keingin-tahuan anak tentang siapa nabi dan rosul. 


Buku pertama bercerita tentang mu'jizat para rosul. Beberapa cerita rosul dalam satu buku memang terkesan sangat singkat. Disinilah kekuatan kita orang tua dalam menerjemahkan  ilustrasi yang ditampilkan. Sang penulis buku membantu kita dengan menebalkan beberapa kata dalam setiap halamannya. Ini artinya kita, orang tua, perlu menekankan kisah inti dari ilustrasi yang dimaksud.


Buku kedua bercerita tentang tugas nabi dan rosul pun demikian.

Buku ketiga bercerita tentang ulul azmi. Apa dan siapa saja ulul azmi itu, diceritakan di buku ini.


Buat saya sih, buku ini cukup membantu kita orang tua atau guru. Sebagai buku dan cerita pembuka tentang nabi dan rosul, buku ini mampu menjembatani dengan baik. Setelah membacakan buku ini, kita bisa melanjutkan cerita nabi dan rosul satu persatu pada anak.


Lihat saja penampakan isi bukunya :


img-1643901169.jpg


Gimana? Bisa menjadi pilihan bacaan sebelum tidur ya, Mak. Mau bukunya? Silahkan cek ke 
sini yaa



Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial