Home / Artikel Ngulik Google Drive Yuk

Ngulik Google Drive Yuk

Ngulik Google Drive Yuk

Projek Keluarga

Minggu, 26 Maret 2023

"Pengetahuan saja tidaklah cukup tanpa diamalkan
Niat saja pun tak cukup tanpa segera dilakukan"

Ada apa sih dengan ruang penyimpanan file?

Nah, ada apa sih emang? Biar nyambung dengan apa yang akan saya ceritakan hari ini, sebaiknya siih, mamak baca cerita saya di sini ya

Setelah ke trigger sama websitenya Ailsa yang makin ketjeh, kemarin malam dan tadi pagi saya berusaha menuntaskan per google drive an, pemirsah. Biar segera belajar bikin web dari link yang mau saya ulik nanti. Kok kayaknya seru gituuu nemu website untuk bikin web versi lain.

Kali ini saya akan cerita tentang per google drive an ya, Mak. Kali aja ada manfaatnya buat emak.

Kenapa sih akhirnya berlabuh ke google drive?

Dulu saat mulai membangun portofolio anak-anak, saya muter mencoba sana sini wadah penyimpanan soft file yang aman, mudah, cepat dan bisa diakses dari mana saja tanpa perlu membawa leptop. Otomatis harus berbasis web yekaan. Saya pernah coba pakai :

1. Mega.nz 
Dulu saya pernah agak lama pakai mega. Penggunaannya mirip kek G-Drive. Versi gretongannya sama pulak, 15Gb tapi lambreta banget kalau mau buka satu foto doang. Akhirnya saya skip, ga tak pake lagi.

Dari mega, saya bergeser ke dropbox. Ealaah, ternyata yang versi gretongannya cuma maksimal 2GB. Duh, maklum yaa, dulu tuh masih mikir yang versi gratisannya mulu. Belum ngaca tentang kebutuhan yang aman gitu. Trus iseng cek plan pricenya dropbox di sini  Walaah, ternyata ku tak sanggup. Dompet mamak-mamak saat itu tak kuasa melihat nolnya. 

Kebetulan jaringan internet yang kami gunakan di rumah adalah indihome. Indihome juga menawarkan penyimpanan data secara cloud. Setelah dipelajari untuk cloudstorage nya, waah, dompetku meronta-ronta. Skip dulu waktu itu. Untuk harganya, mamak bisa cek di sini ya 

Rubah strategi

Akhirnya, saya merubah strategi. Saya mulai cek kebutuhan dan browser apa yang paling sering saya gunakan. Ternyata saya nyaman dan sudah terbiasa dengan google chrome. Sebagian fasilitas pendukung dari google sering saya manfaatkan untuk kebutuhan pekerjaan. Sebut saja email, google doc, google sheet, google slide, google form, jamboard, termasuk yang di google workspace marketplacenya seperti flaticon, kahoot, word cloud generation dan lainnya.

Satu waktu, saya pelajari google drive yang juga saya sudah manfaatkan yang versi gratisnya. Setelah dibandingkan dengan 'merk' lain. Ternyata dari segi penawaran ruang penyimpanan dan harganya, google drive masih yang paling terjangkau buat dompet saya. Cek aja di sini ya

img-1679809088.jpg
ini yang kami gunakan hingga saat ini, 200Gb

Karena ada penawaran untuk family, adik saya ngajakin buka yang 200 Gb untuk 5 gmail.  Sampai sekarang ga habis-habis dipakai 5 gmail. Puas banget dah. Mau masukin file apa aja, bisa, pak Ekooo.

Apa enaknya pakai google drive sih?

Pengalaman memang guru terbaik siih. Ciyuus.  Setelah berselancar dan main ke sana sini, berlabuh juga saya di google drive. Kenapa?

1. Harga jauh lebih bersahabat dengan kantong mamak-mamak macem saya.

2. Bisa dimanfaatkan untuk 5 akun gmail yang masing-masing akun ga akan bisa ngintip isi filenya kecuali emang dibukain jalan untuk ngintip. Jadi bisa berbagi uang tahunan untuk pembayarannya

3. Bisa dicek, siapa nih yang make penyimpanan paling banyak

4. Singkronisasi yang mudah banget. Buat saya yang suka dapet orderan artikel, saat klien butuh tulisannya direvisi, saya tinggal buka G-Drive di mana pun, dan langsung bisa diselesaikan saat itu juga. Proses penyimpanan juga bisa langsung disimpan di G-Drive

5. Bisa disetting langsung tersimpan di G-Drive saat terjadi perubahan isi folder dalam leptop. Jadi ga perlu lagi upload file secara berkala. Ini sih yang paling membantu saya. Kalau lagi di luar ga bawa leptop

6. Bebas viruuus, Mak. Ini yang membahagiakan akuuh iih. Semua file kita, aman dari gangguan virus-virus nakal. Pastikan upgrade G-Drivenya langsung ke google ya. Jangan yang abal-abal menawarkan harga murah banget, unlimited, yang suatu saat bisa kena banned yang mengakibatkan file kita hilang. 

7. Bisa diakses dengan berbagai perangkat sekaligus. Misalnya dari PC dan HP di waktu bersamaan.

8. Bisa ngedit foto atau video tanpa perlu tambahan aplikasi lain di google photo. Mau dikasih pernak pernik, mau diedit biar ciamik, mau di blur, cut, bisaaaa banget.

9. Bisa berbagi akses data tanpa perlu mengunggahnya ke HP atau PC

10. Bisa menyimpan file dengan beragam format. Dokumen, foto, video, suara atau pengkodingan pun bisa disimpan di G-Drive

11. Sistem keamanannya top. Bahkan ia bisa mendeteksi dan memberikan peringatan kalau file yang disimpan itu ada virusnya. 

Selama menggunakan G-Drive, lebih banyak enaknya sih dari pada ga enaknya. Itulah kenapa sampai sekarang saya masih menggunakan G-Drive.

Hari ini dan kemarin, saya dapet banyak ilmu lagi saat ngulik G-Drive. Saya intip kepala suku, masih di depan leptopnya, ngoding, seperti biasa. Sang adik juga ada di depan leptopnya melanjutkan merapihkan web portofolionya.

Projek teknologi di Ramadan kali ini akan berakhir dalam satu pekan ke depan. Dengan target masing-masing sudah berhasil bikin web versi terbaiknya. Yess, karena ini sudah berlangsung dari pekan kemarin. 

Bikin projek keluarga apa lagi yaa?

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial