Mengenal Apa dan Bagaimana Magang serta Portofolio

Mengenal Apa dan Bagaimana Magang serta Portofolio

Kenapa anak SD sudah dikenalkan dengan istilah magang sih?
Emang magangnya anak SD SMP tuh kayak gimana?
Apa itu portofolio?
Apa manfaatnya portofolio untuk anak?
Kapan sebaiknya anak sudah bisa bikin portofolio?


Hari Selasa kemarin giliran saya yang ngoceh tentang magang dan portofolio. Berbagi tentang apa yang pernah saya rasakan dan alami bersama azkail terkait magang dan portofolio. Obrolan dibuka dari beberapa wacana tentang kondisi dunia saat ini.


Dimulai dari cepatnya perubahan teknologi dari masa ke masa. Kebutuhan yang tak sekedar melampirkan CV semata namun perlunya kelengkapan portofolio saat melamar pekerjaan. Hingga terjadinya pergeseran dalam banyak sektor di lingkungan kita.


Pergeseran seperti apa? Bila dulu kita kenal dengan sebuah perusahaan Kodak yang mengeluarkan produk canggihnya untuk mengabadikan momen dalam gambar berbentuk klise. Namun lihat sekarang, ribuan foto bisa kita ambil dan simpan dalam sebuah chip yang sangat kecil. Hasil foto yang kurang bagus menurut kita, bisa langsung dihapus tak digunakan kembali. Bayangkan dulu saat kamera analog masih berjaya, kita hanya memiliki 36 kesempatan mengabadikan momen. satu roll itu hanya berisi maksimal 36 klise yang bisa di cuci cetak. Butuh berapa roll agar momen itu banyak kita simpan dalam bentuk gambar yang bisa dicuci cetak nanti?


Tahukan Anda siapa orang yang ada di bawah ini?


img-1615332965.jpg


Ya, dia adalah CEO dan co-foundernya Airbnb. Brian Chesky. Tahun 2007 lalu ia dan temannya tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar biaya apartemennya. Lalu muncullah ide untuk menyewakan separuh ruangan apartemen mereka yang disulap menjadi kamar mungil. Ide bertemu dengan saat dan kondisi yang tepat. Saat itu sedang terjadi perhelatan besar di California yang mendatangkan banyak sekali tamu dari berbagai negara. Tamu yang membutuhkan penginapan murah, terjangkau dan bersih. Gayung bersambut. Tamu terus menerus datang silih berganti ke apartemen mereka. Siapa sangka ide sederhana ini kemudian menjadikan mereka berdua sebagai salah satu milioner tingkat dunia 10 tahun kemudian. Seseorang yang telah 'memiliki' 2 jutaan kamar, rumah mewah, apartemen hingga rumah pohon di 190-an negara (data tahun 2018. wikipedia).


Ia telah menggeser sebuah produk menjadi platform yang bernama airbnb. Sebuah platform yang dilirik banyak pelancong tingkat dunia karena kemudahannya menyediakan aneka kebutuhan mendasar seorang backpacker, yaitu hunian dengan harga terjangkau. Dan tahukan Anda bahwa mereka berdua tidak memiliki kemampuan di bidang teknologi IT?Tapi mengapa bisa menggeser ide itu menjadi sebuah platform? Mereka berkolaborasi, bersinergi, mak. Mereka menggandeng temannya yang mengerti untuk menerjemahkan ide itu ke dalam sebuah platform bernama Airbnb. 


Sekarang saatnya berkolaborasi

bukan

berkompetisi


Dari sini kita belajar, bahwa tak perlu memiliki rumah untuk bisa menjual rumah. Tak perlu memiliki jutaan motor atau mobil untuk bisa menjual jasa antar dengan kendaraan. Idenya ini mampu mempertemukan supplay dan demand melalu sebuah aplikasi. Adakah contoh lain yang Anda ketahui selain Airbnb? Banyak bukan?


Saat ini kita perlu menyadari bahwa dunia yang kita kenal dulu sudah berubah jauh sekali. Maka adalah kewajiban kita sebagai orang tua untuk mengenalkan dan melibatkan anak-anak tentang kondisi dunia yang akan mereka hadapi kelak. Bagaimana caranya? tentu dengan melakukan 3B dan 3A. Yang di dalamnya termasuk magang. 3A dan 3B, Apa itu?


Silahkan temukan jawabannya di sini

img-1615333293.jpg


Setelah kita mengenalkan ragam aktivitas yang ada di lingkungan terdekat pada anak, apa hubungannya dengan portofolio? Dan mengapa portofolio menjadi kebutuhan kita sekarang? Ya, dengan membantu anak mengumpulkan rekam jejak aktivitasnya, kita akan membantu mereka minimal meningkatkan rasa percaya diri tentang apa yang mereka miliki selama ini dalam dirinya. Ini hanya salah satu dari banyaknya manfaat membuat portofolio bagi anak. 


Belajar bareng yang dihadiri oleh 90 orang ini membuat siang itu semakin hangat. Obrolan berlanjut hingga ke whatsapp group. Terima kasih untuk teman-teman yang telah hadir belajar bersama saya siang itu. Semoga ocehan saya bermanfaat ya. 


Buat teman-teman yang masih penasaran tentang bagaimana membuat magang yang terstruktur dan cara menyusun portofolio, bisa ikutan di sessi berikutnya di bulan Maret tanggal 9 ya. Silahkan hubungi CP di E-flyer berikut ini


img-1615333364.jpg

Sst... yang mau tahu belajar barengnya, bisa diintip di sini ya



Sumber : https://azkail.com/mengenal-apa-dan-bagaimana-magang-serta-portofolio-detail-433985