Home / Artikel Review Buku Anak Tentang Marifatullah

Review Buku Anak Tentang Marifatullah

Review Buku Anak Tentang Marifatullah

Review Buku Anak

Jum'at, 04 Februari 2022

"Aku udah berdoa tadi sama Allah, jadi ga takut lagi"


Mengenalkan tentang Allah dan ciptaannya pada anak usia dini tuh tantangan banget. Pertanyaan-pertanyaannya kadang bikin panas dingin. Ketika anak takut gelap, pegangan tangan kita kenceng banget atau mungkin akan menjerit minta tolong saat mati lampu. Kalimat penenang seperti : "Tenang kaak, kan ada Allah yang menemani kita." Buat anak usia dini, tentu akan balik bertanya :"emang Allah ada di mana? Kakak ga bisa lihat." Nah loh!


Atau saat anak marah besar ketika tahu dirinya ga diajak keluar oleh ayah. Dan ibu hanya menenangkan, "Kak, ga boleh marah, kan ada Allah." Anak usia dini ngarti gitu dikasih kalimat seperti itu? Kenapa aku ga boleh marah? Allahnya mana? Kok ga kliatan?


Atau saat anak bertanya, "Kenapa sih kita harus menyembah Allah? Temenku ada yang menyembah patung loh, Bun." Duh, ini pertanyaan sulung saya dulu saat usia 4 tahun. Kebetulan dia main ke rumah temannya dan melihat peribadatan orang tua temannya di rumah tersebut. 


Baru-baru ini saya menemukan buku untuk usia 3+ yang membantu melalui kalimat dan ilustrasi kerennya tentang bagaimana mengenalkan Allah bagi anak usia dini. Duuh, ini buku yang duluuu saya butuhkan. Saya suka keringet dingin kalau anak-anak bertanya tentang sesuatu yang abstrak, padahal kan harus diselesaikan pertanyaannya melalui bahasa yang bisa dipahami anak.


Buku ma'rifatullah yang saya temukan ini bisa menjadi jembatan informasi antara anak dan kita untuk mengenal Allah melalui buku. Ada 4 buku dalam satu paketnya yang kesemuanya itu membantu kita dalam menjelaskan siapa Allah dan pertanyaan-pertanyaan menggelitik lain. Ilustrasi yang dibangun pun membantu  banget saat saya mengkisahkan buku ini pada anak didik di sekolah.


Buku ini saya rekomendasikan untuk orang tua atau guru yang membutuhkan bantuan visual saat akan menjelaskan siapa tuhanmu pada anak usia dini. Beli saat pre order beberapa waktu lalu menjadi hadiah terindah anak-anak didik saya.


Penerbit ziyadbooks ini memang sering banget menerbitkan buku-buku yang banyak saya rekomendasikan untuk dibaca. Sudah punya bukunya kah, Mak? Belum? Yuk bisa dipesan di sini ya


img-1643963401.jpg

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial