5 Website dan Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi
Rabu, 29 April 2020
azkail
Bagikan

5 Website dan Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi

“Teknologi adalah hamba yang berguna tetapi tuan yang berbahaya. Christian Lous Lange”


Bener banget. Teknologi itu bisa melenakan dan membutakan kita bila tak mampu mengelola kebutuhan dengan baik. Ada ruang dalam dan luas yang terbuka bila kita menyelami dunia maya. Ada area tanpa sekat bila kita bermain di sana tanpa peta tanpa tujuan. Ada kebebasan masa yang tersedia di sana bila kita tak pandai mengendalikan diri dengan baik dan benar. Ada wadah besar untuk menampung kemampuan kita yang bisa mendukung kebutuhan selama mampu kelola dengan bijak. Dan ada pengingat terbaik di sana saat kita lengah kelola yang bisa disarikan bila kita mau dan mau. Gadget dan internet hanya media penghubung dua jembatan ke arah yang kita butuhkan. Menuju kebaikan atau keburukan adalah pilihan kita. Kebaikan untuk mendorong kebutuhan atau keburukan dalam kesia-siaan semata.


Saat pandemi wabah covid 19 yang mengharuskan kita di rumah aja, tentu membawa dampak baik dan buruk bagi kehidupan saat ini. Banyak sekali aktivitas luar ruang yang kemudian beralih menjadi kegiatan dalam ruang. Yang mungkin belum tentu cocok dengan kebutuhan kita sekarang. Tantangannya adalah bagaimana kemudian kita bisa segera bergerak dan belajar menyesuaikan diri dalam kondisi seperti ini. Alih-alih menghabiskan waktu depan layar datar tanpa tujuan, mengapa kita tak mencoba beberapa website atau aplikasi gadget untuk lebih produktif dalam beraktivitas? Banyak momen yang bisa menaikkan indeks kebahagiaan yang bila dikemas dengan cara yang menarik,  tentu akan menambah hormon endorfin dalam tubuh.  Saat pembelajaran bergeser melalui daring, mengapa kemudian tak mencoba beberapa website penyedia jasa video movie maker yang menarik? 


Berikut ini beberapa website yang pernah saya gunakan untuk membuat pembelajaran online, opening product dan kebutuhan media sosial yang menarik.  Memang siih, butuh effort lebih untuk membuat video pembelajaran menjadi menarik. Terutama soal waktu. Karena ngulik sesuatu itu bisa bikin penasaran dan mata saya berbinar sampai suka lupa waktu kalau ga pasang alarm di hape. Semoga bermanfaat ya, selamat mencoba.


Ups, aplikasi ini semua free ya, jadi, tak semua fitur termasuk penyimpanan file ke leptop, bisa digunakan. Kudu bayar maak. hihihi. Tapii, bisa disiasati kok dengan share ke media sosial yang mereka siapkan lalu kita donlot deh dari medsos itu dalam bentuk mp4.


1. Video Scribe

Pernah lihat iklan-klan layanan dan sejenisnya yang menggunakan animasi tangan yang sedang menulis dengan emot-emot dan tampilan lucu? Nah, website ini menawarkan jasa free videonya loh. Ada banyak sekali templet yang bisa digunakan. Editable lah buat yang blank kayak saya ga bisa membuat sesuatu dari nol tapi bisa dan dengan mudah mengembangkan sesuatu yang sudah ada. Sayangnya website ini mengharuskan kita untuk mendonlot dulu untuk bisa menggunakan aplikasinya. Tapi over all, sesuai kok dengan bantuan dan fitur-fitur yang ditawarkan. Sayangnya, kalau mau disimpan di leptop kita dalam bentuk mp4, harus bayar yaa... hihihi.


img-1588119064.jpg

Mau coba yang berbayar mak? siapin kocek lebih dalam aja kok. 

img-1588130248.jpg

2.  Motionden 

Website satu ini hanya memerlukan kita untuk log in saja tanpa perlu mendownload. Banyak templet video yang bisa dijadikan pilihan. Yang asyiknya semua templet video itu bisa kita edit loh. Lagi-lagi ini cocok buat saya yang kadang butuh cepat untuk membuat video. Pembuatan video di website ini  lebih cocok dimanfaatkan untuk tujuan promo brand yang tidak menghabiskan 1 menit presentasi. Sebagai pembuka diskusi, informasi tata aturan awal atau untuk pertemuan, cocok nih ngulik bikin videonya di sini. Ada banyak pilihan tema mulai dari automotive, buat coorporate, infografis, presentasi sampai untuk sosial media dalam bentuk video lucu dan keren. Rata-rata templet videonya tuh tidak sampai satu menit. Bahkan banyak juga yang 10 detik. Tapi tenaaang, semua templetnya bisa diedit dan dimainkan kok. 


img-1588119251.jpg


3.Biteable

Nah, ini salah satu video maker yang paling saya suka.  Bukan hanya karena templetnya sampai 800.000 an lebih, tapi ada templet pilihan untuk banyak media sosial. Dan agak detil mulai dari, misaaaaal, instagram stories, IG Ads, linkedln, twitter, facebook, facebook ads, facebook cover, channel opening (cocok untuk youtuber neh) . Pilihan untuk video presentasi, promo, animasi logo, wuaah, banyak pilihan tema pokoknya. Hasil videonya bisa disimpan atau mau langsung dishare di medsos juga bisa.


img-1588119371.jpg


Mau yang berbayar? 


img-1588130379.jpg


4. Powtoon

Web satu ini juga menarik untuk dicoba. Kita tak perlu download, langsung mainkan. Walau templetnya tak sebanyak tiga web diatas, satu kelebihannya adalah ada animasi cartoon wanita berhijabnya dengan berbagai karakter yang bisa dimainkan. Tak perlu mencari gambar cartoon di web lain, sudah disediakan beberapa-walau tak banyak untuk versi gratisnya- pilihan karakter wanita berhijab, Jadi kita bisa menyesuaikan tema dengan audiance yang nanti akan dihadapi dengan menggunakan video maker dari website ini. Karakter guru juga banyak ditemukan yang versi gratisnya di web ini loh. Templet background suasana sekolah dan ruang kelas pun ada banyak pilihan. Cocok digunakan untuk para guru yang membutuhkan opening pembelajaran seru. Cobain deh. 


img-1588120597.jpg

Kalau pengen yang berbayar, bisa langsung disimpan dalam komputer kita dengan format MP4 dan bisa bermenit-menit videonya, jangan ragu untuk merogoh kocek lebih dalam.


img-1588127288.jpg

5. Kinemaster

Yang satu ini, sering juga saya gunakan melalui android. Mudah pemakaiannya buat mamak-mamak macem saya. Bisa memasukkan video, kumpulan foto, ditambah voice recording, musik dan background. Potong dan edit sana-sini sedikit, selesai deh. Kalau butuh membuat video atau slide sambil rebahan, saya suka pakai yang ini, karena ramah gadget. Saat membuka aplikasi ini, layar akan secara otomatis terbuka secara landscape. Jadi buat android yang layar kecil, cukup lah matanya ga gitu kliyep-kliyep saat harus edit.


img-1588120651.jpg


Itulah lima website dan aplikasi yang sering saya gunakan untuk main-main. Bisa dijadikan satu tematik portofolio anak, satu materi pembelajaran atau presentasi produk bakulan, mak. Butuh perjuangan aja diawal. Apalagi kalau baru mulai kenalan dengan salah satu webnya. Pasti akan coba cibi ono ini. Seru lah. Saran saya, sebelum mulai, pasang alarm ya, biar ga nyandu ga bablas, lupa setrikaan, lupa masak apa lagi nglupain akuuh..#eeh


Teknologi itu didominasi oleh dua jenis manusia.

Mereka yang mengerti apa yang tidak mereka kendalikan

dan

mereka yang mengendalikan apa yang tidak mereka pahami.


Maka kendalikan diri anda ya, mak. 


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar