Jangan menunggu hingga siap, kita hanya akan menghabiskan sisa hidup kita untuk menunggu-Lemony Snicket-novelist Memasuki minggu ke 7 program mentorship kali ini membuat saya mulai menemukan sesuatu. Keseruan tentang bagaimana rasanya bahwa didampingi oleh seorang mentor itu tak terbayar rasanya. Merasa selalu ada yang akan siap mengingatkan, mau meluangkan waktu untuk sekedar membaca ocehan tenta [...]

Tidak perlu pelit ilmu. Semua orang bisa memegang gitar yang sama, tidak semuanya akan memainkan lagu yang sama.” – Fiersa BesariSemua orang memiliki kelebihan yang tidak akan sama satu dengan lainnya. Menemukan teman belajar yang mau berbagi pengalaman dan pengetahuan itu adalah kesempatan langka. Apa lagi kalau kemudian berkenan untuk mendengarkan seseruan kita yang kadang ngereceh gitu. Tr [...]

Belajar menentukan tujuan dan ondol-ondolnya di tahap ini tuh sudah masuk minggu kelima. Ada aja tantangan yang bikin seru perjalanan tuh yaaa. Minggu lalu saya sudah buat rencana seperti yang ada di sini Berdasarkan apa yang dituliskan, minggu lalu tuh harusnya masih berkutat belajar foto di dalam ruangan, karena itulah yang mau diasah. Lah kok saya malah memperbanyak foto luar ruangan. Gegara [...]

"Jika kau menginginkan sesuatu dalam hidupmu yang tak pernah kau punya. Kau harus melakukan sesuatu yang belum pernah kau lakukan." -JD Houson---Kutipan itu selalu terngiang dan menari-nari di kepala saya saat ada target yang ingin dicapai. Kadang ya, kalau tantangan untuk naik kelas itu datang pas berbarengan dengan PMS tuh bikin gemes deh. Kan jadi tambah ra karuan gitu rasanya. Apa lagi kala [...]

"Sekedar memiliki target saja tidaklah cukup. Barengi dengan mental baja, pantang menyerah, fokus, fokus dan fokus pada tujuan"-Andrie Wongso Pernah ga sih kita tuh pengen ini, mau itu? Kepengen bikin ini dan itu selama sekian waktu gituuu. Bahkan pernah bikin wish list biar segera kesampean itu keinginan. Tapi ternyata di tengah jalan, ketika godaan lain datang yang jauh lebih menarik, kit [...]

“Sahabat adalah seseorang yang bisa memberikan pelajaran, yang tak kamu dapatkan dari sekolah mana pun” Perjalanan kelas bunda cekatan beneran bikin saya harus makin cekatan. Setelah minggu lalu dengan keseruan menemukan mentor dan mentee. Belajar merasakan serunya menemukan teman dan sahabat baru melalui dunia maya, melalui kelas bunda cekatan. Yang saya cari adalah yang memiliki keterampilan [...]

Pembelajaran tidak didapat dengan kebetulan. Ia harus dicari dengan semangat dan disimak dengan tekun.-Abigail Adams- Ada yang berbeda di tahap terakhir dari kelas bunda cekatan kali ini. Setelah perjalanan di tiga tahap sebelumnya kami dituntun membuat semacam roadmap, mengupas mulai dari apa kekuatan diri, lalu apa yang ingin dipelajari. Hingga tiba saatnya sekarang mempraktekkan apa yang sud [...]

Tidak ada jaminan kesuksesan tapi tidak mencobanya adalah jaminan kegagalan. Ya, selama ini, kita hidup berdampingan dengan kemudahan teknologi setiap saat.  Kemudahan yang sering membuat saya lalai dan menunda banyak hal. Entah itu pekerjaan di rumah atau akhirnya membuyarkan hobi yang biasa dilakukan. Semua informasi dan fleksibilitas akses kita bergerak, ada dalam satu jari. Mulai dari pencari [...]

Yippy....Hari ini saatnya berbuka puasa. Sudah masuk minggu ke tiga nih saya puasa. Puasa apa mak? Puasa dengan mengurangi untuk membuka platform whatsapp dan facebook. Oia, saya pernah cerita tentang apa dan mengapa saya butuh berpuasa di sini ya.  Masuk minggu kedua, saya sudah mulai terbiasa, walau masih lebih dari 1,5 jam per hari tapi otot dan otak saya sudah mulai bisa diajak kerja sama. D [...]

Saatnya saya belajar dengan ceu KOKOM. Aiih, mohon maaf yang bernama serupa ya, itu hanya sebutan yang saya gunakan untuk reminder diri sendiri saat belajar untuk KOnsisten dan KOMitmen akan sesuatu. Jadilah saya menyebutnya dengan KOKOM. Kenapa pulak ada ceu nya? Ya karena lagi ada di Bogor, Jawa Barat, jadi aja tak panggil sekalian dengan sebutan ceu kokom. Sesederhana itu siih.  Buat saya, men [...]