Kita tidak pernah tahu cintanya orang tua kepada anak sampai kita sendiri telah menjadi orang tua.“Bun, belikan hp dong, masaa temen-temenku semua udah punya hp, aku belum.”“Bun, pinjem hpnya, aku mau nge game di hp bunda. Gamenya jangan dihapus ya.”“Ay, pinjam hpnya dong, ada tugas dari bu guru suruh cari info di internet.”“Kakaaaa, simpan hpnya, dari tadi Bunda panggil ga segera da [...]

"Bajunya kok itu-itu aja? Ga ganti-ganti ya?" "Punya berapa gamis warna marun sih, sepertinya kemarin lusa pakai gamis yang marun deh.""Bajunya lucu dipadu padankan sama blazer. Beli di mana, mba?""Ini gamis baru ya? Baru lihat. Cantik ih.""Bun, aku ga ada baju." Kata Kakak saat membuka lemari pakaiannya"Ini kan kaos Adek, kok buat lap sih?"---Pernah mendapatkan komentar serupa kah, mak? Berarti a [...]

Buku adalah liburan termurah yang bisa kamu beli. Buku adalah pesawat, kereta api, dan jalan harapan untuk orang-orang yang ingin berada di tempat lain. Buku memang menjadi teman duduk dan teman perjalanan terbaik sepanjang masa. Ia tak akan rewel, BT, galau, marah apa lagi bosan saat menemani kita. Ia selalu siap kapanpun dibutuhkan, mau pagi, siang atau tengah malam sekali pun. Hujan, petir dala [...]

Sudah berapa hari #dirumahaja mak? Sudah ngapain aja bareng anak-anak? Sudah mulai bingung mau ngapain? Kulkas bolak balik dibukain? Nyuci piring tiada henti? Ya, efek dari hadirnya pandemi covid-19 membawa dampak luar biasa pada kebiasaan kita di rumah dan lingkungan terdekat. Menyebarnya virus yang berasal dari kota Wuhan, China ini mulai diketahui kira-kira di bulan Januari 2020. Dan akhirnya p [...]

"Mencintai anak-anak itu tidaklah cukup. Yang terpenting adalah mereka menyadari bahwa kita mencintainya."-John Bosco Berapa kali kita mengecewakan hati ibu?Kapan terakhir kali kita bertemu ibu?Kapan terkahir kali kita menelpon ibu?Kapan terakhir kali kita makan berdua sama ibu?Have you ever told your mom that you love her so much? ---Ibu, tiga huruf yang memiliki banyak arti. Tak pernah habis [...]

"Aku mau jadi pelaut." "Aku mau jadi dokter nanti kalau sudah besar"."Kalau kakak, suka berpetualang"."Kalau adik mau jadi arsitek."Setiap anak kalau ditanya cita-cita biasanya akan menyebutkan satu profesi yang dia suka, dia sering lihat dan terlihat enak untuk dia saat itu. Bisa juga cita-citanya akan berubah seiring bertambahnya usia dan pengalaman. Kalau SD dulu sempat bilang mau jadi dokte [...]

Sudah kah kita mengenalkan para sahabat Nabi SAW pada anak-anak?Saat kita sedang bersama anak-anak, pernahkah kita kenalkan beberapa sahabat Nabi?Seberapa kenal mereka? Atau pertanyaannya saya balik, seberapa kenal kita tentang sahabat Nabi? Alih-alih mengenalkan sahabat Nabi, malah mungkin justru artis-artis luar negeri yang dikenal oleh anak-anak. Kalau sudah begini, siapa yang salah? #tut [...]

ا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا“…Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab[33]: 56)Saat mendengar orang lain bersholawat, apa yang emak rasakan? Biasa saja? Merinding? Apapun yang dirasakan, saat membaca ayat di [...]

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah menjelaskan, ﺍﻛﺜﺮ ﺍﻷﻭﻻﺩ ﺇﻧﻤﺎ ﺟﺎﺀ ﻓﺴﺎﺩﻫﻢ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ ﺍﻵﺑﺎﺀ, ﻭﺇﻫﻤﺎﻟﻬﻢ, ﻭ ﺗﺮﻙ ﺗﻌﻠﻴﻤﻬﻢ ﻓﺮﺍﺋﺾ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺳﻨﻨﻪ, ﻓﻀﺎﻋﻮﻫﻢ ﺻﻐﺎﺭﺍ “Kebanyakan kerusakan anak disebabkan karena orangtua mereka, mereka menelantarkannya dan tidak mengaja [...]

Anak-anak kita saat ini hidup di dunia yang serba digital. Mencari informasi apapun akan dengan mudahnya didapat melalui alat canggih bernama gadget. Kebutuhan informasi dan tontonan bisa didapat dimana dan kapan saja. Hal ini tentu memicu orang tua untuk sedikit lebih protective dalam menjaga lingkungan anak-anak mereka. Berbagai cara dan kesepakatan dibuat. Mulai dari jam gadget hingga men [...]