Home / Artikel 7 Manfaat Ikut Komunitas

7 Manfaat Ikut Komunitas

7 Manfaat Ikut Komunitas

Tips Ketjeh Ala Emak

Minggu, 20 Mei 2018

Bulan ini sudah tahun yang ke lima saya bersama komunitas ini. Komunitas yang banyak sekali memberikan perubahan segar dalam hidup. Komunitas yang memberikan warna baru dalam menyikapi setiap keseruan menemani si aqil baligh di rumah. Komunitas yang selalu memberikan warna baru dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Komunitas yang selalu membangkitkan semangat menulis emak-emak. Komunitas yang ga pernah habis ide dan berbagi dalam hal kebaikan. Komunitas yang sangat mengerti saat perlu disuntik semangat di waktu-waktu tertentu.


Ada banyak sekali komunitas yang ditawarkan dan tersebar di dunia maya. Saat kita bermedsos mungkin bisa ribuan jumlahnya ya. Itu baru dunia maya. Bagaimana dengan dunia nyata? bisa jadi lebih banyak lagi yang bahkan kadang kita baru tahu ada komunitas itu setelah berteman dengan orang lain.

Dalam memilih komunitas, baiknya memang yang berhubungan dengan sesuatu yang kita suka. Yang bila kita ikut dan terlibat aktif di dalamnya, kita akan merasakan perubahan ke arah yang lebih baik. Ada beberapa komunitas yang saya ikuti aktif hingga saat ini. Dan itu hanya dua rumpun besar saja yang saya pilih. Komunitas menulis dan komunitas berbasis home education. Dua saja sudah melengkapi jadwal harian saya, bahkan kalau ga pintar-pintar, bisa luber dan tsunami informasi.

Dari dua komunitas yang saya ikuti, ada 7 manfaat besar yang saya rasakan hingga saat ini. Mungkin bisa membantu emak-emak macam saya yang butuh wadah dan ruang berkarya. Berikut ini manfaatnya ketika berkomunitas :

1. Menambah pengalaman baru
Pengalaman baru akan didapat bila kita aktif dalam mengikuti kegiatan yang diadakan komunitas yang dipilih. Biasanya, dalam sebuah komunitas, ada banyak sekali program-program demi mendukung berjalannya visi komunitas dan orang-orang yang tergabung di dalamnya. Entah program bulanan atau tahunan. Baiknya siih, jangan asal ikut dalam sebuah komunitas, cermati betul kebutuhan kita di komunitas itu, terfasilitasikah? Kalau sudah mulai tidak sesuai dengan visi keluarga, saya sih gak akan ragu untuk pamit undur diri. Hehehe

2. Menambah pengetahuan baru
Ikut aktif dalam komunitas itu bisa memperkaya pengetahuan kita akan konten dari komunitas itu sendiri. Komunitas menulis yang saya ikuti, banyak sekali ilmu yang dibagikan terkait dunia tulis menulis. Seluk beluk dunia menulis, mengapa harus menulis, teknis dan ragam kepenulisan sampai proses penerbitan buku. Semua terbuka untuk dibagikan ke anggotanya.

3. Memperluas pergaulan
Ya, tentu saja akan memperluas jaringan pertemanan kita. Biasanya saat kita mengenal teman baru dalam satu perkumpulan, kita juga akan mengenal temannya teman kita. Bisa jadi akhirnya kita tahu ada komunitas lain dari temannya teman kita itu. Ada juga karena satu komunitas, kita dipertemukan dengan kawan lama saudara jauh. Ini sangat membantu saya saat menemani anak-anak berkegiatan di rumah untuk mendekat dengan cara berjama'ah sesuai minatnya.

4. Wadah yang sehat dalam menyalurkan hobi
Komunitas yang kita ikuti, biasanya sangat terbuka dalam memberikan ruang belajar dan berkarya bagi para anggotanya untuk tumbuh dan berkembang. Asal ada kemauan untuk bertumbuh, maka kompetensi kita dalam satu hobi akan berkembang pesat. Dan biasanya akan menularkan semangat yang sama pada anggota yang lain. Bertumbuhlah menjadi anggota yang sehat agar menghasilkan sesuatu yang sehat dan baik, baik diri dan lingkungan sekitar.

5. Mengasah kompetensi yang dimiliki
Sebelum memutuskan mengikuti sebuah komunitas, tentu kita sudah melihat, menerawang, ngecek bolak-balik terkait kesamaan visi komunitas misalnya. Kalau sudah memutuskan untuk mengikuti sebuah komunitas, maka fokus dan aktiflah. Karena dari situ kita akan mengerti titik awal kompetensi yang kita miliki. Mau diasah sampai mana, dengan apa, kita lah yang tahu kebutuhan itu di komunitas tersebut untuk menaikkan kompetensi yang dimiliki.

6. Mendatangkan penghasilan
Ya, dengan berkumpul dalam satu warna yang nyaris serupa, tentu kita akan banyak sekali mendapatkan insight, ide, berjejaring dan bersinergi dengan yang lain. Bukan tidak mungkin kalau kemudian dua ide keren menyatu menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual atau bisa dalam bentuk kerja sama.

7. Memaknai hidup dengan jauh lebih baik
Dalam berjama'ah, bersyukur adalah kata yang tepat menurut saya. Karena kita akan belajar banyak hal terkait berkumpul dalam satu keluarga baru. Ada banyak peristiwa hdup dari rekan sekomunitas yang bisa diambil hikmah untuk diri kita.

Nah, kalau Anda sudah mengikuti banyak grup, ragam komunitas, sudah disaring kah sesuai dengan kebutuhan Anda? Apakah dengan mengikuti komunitas itu Anda menjadi jauh lebih baik, hanya sekedar ikut-ikutan saja biar terlihat keren? Atau cuma kemal dengan komunitasnya?

Mungkin sudah saatnya memilih sesuai dengan kebutuhan, bukan lagi keinginan ya.

Selamat berjejaring!

*efek kompor bleduk di komunitas. hahahaha

Komentar

  • Asti Wisnu

    Senin, 13 Agustus 2018

    paling penting untuk aku saling support mbak dalam satu komunitas dan setuju juga cari yang sesuai kebutuhan, di atas keinginan yaa

  • Vidi

    Senin, 13 Agustus 2018

    Betul mba, memang bisa banyak manfaat asalkan sesuai minat..hehe.. Saya sndiri sdg ingin menambah ikut komunitas..tp msh bingung apa lg..😆

    • Admin

      Senin, 13 Agustus 2018

      mba vidiii...jangan bingung. hihihi... mau nambah komunitas yang online lagi kah?

  • Shanty

    Selasa, 14 Agustus 2018

    Hari gini siapa sih yang nggak punya komunitas. Tinggal dipilih komunitasnya bisa membuat kita nyaman dan bermanfaat. Paling nggak asyik kalau ketemu komunitas yang isinya hanya buang-buang waktu saja dan tidak ada nilai tambah yang bisa kita dapatkan.

    • Admin

      Selasa, 14 Agustus 2018

      bettull.. apa lagi kalau komunitasnya kebanyakan haha hihi semata. tak ada manfaatnya sama sekali. hehehe

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial