"Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kelezatan (kematian)"al hadist" Hari ini ada tiga orang kawan yang saya kenal, telah 'pergi' selama-lamanya. Syok pasti. Karena salah dari mereka baru saja bertemu menawarkan dagangannya kepada kami di rumah. Ia datang bersama istrinya naik motor.  Santun tapi ceria saat bercerita. Tak disangka, itu adalah pertemuan kami terakhir. Menurut istrinya, sudah [...]

Sudah dua bulan ini azkail belajar jarak jauh di rumah. Keseruan pembelajaran dimulai saat mata mulai lelah memandang layar selama nyaris empat jam nonstop. Para mentornya pun sama-sama sedang mencari ritme pembelajaran yang tepat agar tak memudahkan satu sama lain. Saya mengerti banget betapa capeknya mata memandang layar, pundak pegel dengan posisi duduk dalam waktu lama. Akhirnya sampai di s [...]

Saat berpikir tak mampu memecahkan masalah, ingatlah bahwa doa yang ikhlas itu mampu mengatasinyaBerdoa adalah bagian terpenting dalam hidup. Saat kita lemah, sedang dirundung masalah hingga sedih berkepanjangan, biasanya baru ingat kepada Sang Pencipta dengan mulai berdoa. Meminta jalan keluar terbaik, meminta ini dan itu dalam diam, dalam doa. Namun mungkin kita sering luput, pernah lupa pada [...]

Ada yang berbeda dengan lebaran tahun ini. Pandemi covid 19 membuat kita semua mau tidak mau lebih banyak melakukan banyak kegiatan di rumah. Penularannya melalui droplet yang mampu membuat banyak penderita bertambah. Droplet yang berada di benda-benda sekitar pun disinyalir menjadi salah satu sebab tertularnya virus ini dengan cepat. Maka kondisi tak akhirnya dirasakan oleh semua orang. Termasuk [...]

Ada yang masih bingung mau lebaran di mana saat pandemi covid 19? Atau sudah memutuskan untuk tidak berlebaran di kampung halaman?Mmm...lebaran di rumah aja? Lebaran virtual? Atau tetap mau menyambangi satu-satu keluarga? Lebaran itu biasanya menjadi ajang berkumpulnya seluruh keluarga. Tak hanya di Indonesia, umat islam di banyak negara pun merayakan tanggal pertama bulan Syawal sebagai momentum [...]

Apa yang terbesit pertama kali saat mendengar atau membaca kata MUDIK? Silaturahmi dari satu keluarga ke keluarga lain di kampung?Dongeng dan cerita khas zaman dulu oleh eyang?Tradisi sungkeman? Bertukar oleh-oleh dengan keluarga?Jalanan macet? Ngobrol di warung tegal dengan sesama pemudik? Nyasar di tengah hutan saat akan ke kota tujuan? Kulineran di kota-kota tertentu?Tradisi mendatangi rumah le [...]

Mengapa tema tulisan-tulisan saya terakhir ini tentang lebaran ya? Kemarin menu lebaran, sekarang yang dirindu saat lebaran. Ada apa emang? Ya karena sedih aja sih, hari ini sudah hari ke 20 Ramadan, artinya Ramadan akan segera pergi. Masuklah bulan Syawal yang biasa kita sebut dengan lebaran. Kemudian terpikir,  dalam 20 hari Ramadan ini, apa yang sudah saya lakukan? Ibadah apa yang kian memba [...]

Aiih, sudah ngomongin lebaran aja yaa. Tak terasa, hari ini sudah memasuki hari ke 19 Ramadan, artinya sebentar lagi Ramadan akan pergi. Sedih? Banget. Karena bulan ini bulan yang banyak memberikan pengalaman baru buat saya pribadi. Mungkin mamak-mamak lainnya pun mengalami hal yang sama, sedikit berbeda dengan Ramadan sebelumnya. Salah satunya adalah bersamaan dengan pandemi covid 19 yang memaksa [...]

"Bajunya kok itu-itu aja? Ga ganti-ganti ya?" "Punya berapa gamis warna marun sih, sepertinya kemarin lusa pakai gamis yang marun deh.""Bajunya lucu dipadu padankan sama blazer. Beli di mana, mba?""Ini gamis baru ya? Baru lihat. Cantik ih.""Bun, aku ga ada baju." Kata Kakak saat membuka lemari pakaiannya"Ini kan kaos Adek, kok buat lap sih?"---Pernah mendapatkan komentar serupa kah, mak? Berarti a [...]

Asa di Ramadan

Asa di Ramadan Datangnya dinantiKepergiannya ditangisiTapi saat ia datang di sisiAku terlelap tanpa reaksiAku terlena di luar dimensi Aku menyesal tanpa prestasi Masa terlempar menyisakan sesalMeninggalkan sesak hati yang kian dangkalDan terlintas, bilakah munculnya ajalHati kian sesak kian menyesalBermohon ampun tanpa mengganjal Lalu tersadar di hari iniHari ke 17 di Ramadan kiniSadar lalai s [...]