Begini Cara Mengenalkan Anak Proses Makan Mandiri


Pernah satu kali, nak gadis melihat saya menemani sepupunya yang masih 3 tahun (saat itu) makan nasi sak paket (lauk ples sayur). Ternyata dia mengamati bagaimana cara saya membantunya ngambil makanan sendiri lanjut memintanya untuk makan sendiri, habis, sak kuah-kuahnya. Piring kinclong. kek habis dijilatin gituu (iiih...). Sambil sesekali ngobrol sama si ponakan. Kebetulan ni anak demen banget ngobrol.😋
-
tetiba nak gadis berkomentar :
"Aku jadi inget loh bun, jaman aku seusia Aidan pas makan nasi disuruh bertanggung jawab ngabisin kek tadi. Jadi ternyata gitu caranya." (nada bicaranya datar, wajah tanpa ekspresi sambil matanya melihat ke piring kinclongnya). Dan mamak pun kaget.
-
"Gitu gimana de?"
-
"Iya, pas makanan dah tinggal dikit lagi, bunda mbagi dua kelompok nasi dan lauk sayurnya. Trus nanya, persiiiis kayak tadi ke Aidan, "Ade mau ngabisin yang kanan dulu atau yang kiri dulu". Kanan atau kiri habis nih, trus kalo masih sisa dikit, "Mau masukin pasukan yang atas atau yang bawah dulu", atau "Mau terbangin yang banyak ini atau yang sedikit ini'. Begitu terus sampe akhirnya habis. Iya sih, aku inget bunda trus bilang, sama kek tadi. " hebat Aidan, ngambil nasi sendiri dan bertanggung jawab menghabiskan."
-
Dan itu nempel banget sampek sekarang. Tiap aku ngambil makanan, aku jadi belajar ngukur kekuatan perut. Jadi ga laper mata macem di kondangan gituuu. Pengen nyoba ini itu tapi akhirnya mbuang makanan."
-
"Trus aku inget, kalo makan, aku ga boleh sambil lari-larian kayak anak yang lain. Jadi disuruh nyelesain makanan dulu sambil duduk, makan sendiri, ngembaliin piring ke dalam bak piring di dapur. Baru boleh ikutan main. Jadi selama aku makan, aku ngelatin anak lain main di lapangan aja." (kalimat terakhir pen ngekek tapi ketahan)
---
Die kagak tau mamaknye bisa encok ngejar die kalo makan sambil lari-larian di lapangan? 😝Bawa-bawa piring bari nyuapin yang pada dasarnya, anak sudah bisa makan sendiri. Saya ga milih cara itu untuk mengenalkan cara makan pada anak. Saya percaya bahwa setiap anak itu walau belum bisa diajak komunikasi dua arah secara verbal, mereka bisa diajak kerja sama dan bisa diajarkan.
-
Karena saya ga ada asisten rumah tangga, yang ada di kepala saya saat itu hanya, gimana caranya mereka bisa melakukan keterampilan pribadi yang sederhana tanpa bantuan saya. Keterampilan yang kalau someday saya sedang ga bisa bantu, mereka bisa selesaikan masalah diri mereka sendiri. Dan itu dimulai dari makan.
-
Proses anak makan itu paaaanjang dan laaama macem iklan coklat tea. Mulai dari bantu atau lihat mamaknya mempersiapkan bahan mentah di dapur, toto-toto, makan sampek nyuci piring yekaaan. Saya kenalkan secara bertahap. Dimulai dari bertanggung jawab apa yang diambil dan dipilih sendiri makanannya. Dan monmap, makannya duduk. Boleh duduk dimana aja sambil mandangin apa aja.🤣 Biasanya kalo jelang magrib dah pada laper, mereka makan di teras rumah, dan pager di bukak lebar. Karena depan rumah banyak anak berkeliaran main sepeda. Bisa mancing dan dijadikan proses belajar juga di situ bersama anak selama proses makan.
-
Dan ternyata ya, sesuatu yang melibatkan seluruh panca indera anak, akan diingat sampe mereka besar gini. Anak itu mengamati yang kadang kita ga sadar lakukan.

  • Jum'at, 08 November 2019

Artikel Terkait

Yang Perlu Diperhatikan Saat di Masjid Nabawi
Yang Perlu Diperhatikan Saat di Masjid Nabawi
Sayap Hitam
Sayap Hitam
ADA Fashion Store di Depok
ADA Fashion Store di Depok
Ternyata mati suri itu seperti ini rasanya
Ternyata mati suri itu seperti ini rasanya
Sistem Operasional Terpadu Online
Sistem Operasional Terpadu Online
Cara terbaik agar bisnis menjadi berkah
Cara terbaik agar bisnis menjadi berkah
Berbagi Kebahagiaan
Berbagi Kebahagiaan
Akhirnya saya jadi seperti ini
Akhirnya saya jadi seperti ini

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar